Cara Menjodohkan Kenari Paling Praktis Dan Terbukti Berhasil

Cara Menjodohkan Kenari

Fokus tema pada minggu ini adalah masih tentang Burung Kenari, kali ini akan Saya jelaskan tentang bagaimana cara menjodohkan Kenari yang lebih praktis dari tutorial manapun. Saya bilang praktis karena memang langkah-langkah untuk menjodohkan Kenari disini sangat sederhana sekali, dan siapaun bisa melakukannya sendiri hanya dengan mengikuti langkah-lagkah yang akan Saya jelaskan dibawah. Memang sampai saat ini pada tahun 2017 saat ini masi ramai para penghobi Kenari yang selalu menginginkan Burung Kenari yang berkualitas, hal ini bisa Kita cermati bahwa banyak para penghobi yang ingin mendapatkannya dengan ramai-ramai mencari dipasar Burung. Tidak sedikit juga yang ingin mendapatkan Burung Kenari yang berkualitas dengan melakukan breeding sendiri mudai dari penjodohan hingga pemilihan bakalan Kenari yang memiliki prospek bagus, mungkin dari segi warna ataupun skill ngeroll.
Cara Menjodohkan Kenari Paling Praktis Dan Terbukti Berhasil
Problem diatas seharusnya bisa Kita manfaatkan dengan menyediakan bakalan Burung Kenari yang berkualitas dengan cara melakukan breeding sendiri lalu menjualnya kepada para penghobi. Hal ini tentunya merupakan peluang usaha yang sangat bagus, karena sampai saat ini Burung Kenari masi menjadi salah satu Burung peliharaan yang sangat populer dan menjamur dimasyarakat, dan bahkan tetangga-tetangga Kita banya yang terlihat memiliki Burung Kenari yang digantung diteras-teras rumahnya. Dalam cara menjodohkan Kenari ini memang menyenangkan karena Kita dapat menghasilkan keturunan dari Burung Kenari Kita sendiri, apalagi jika Burung Kenari yang dijodohkan berkualitas dan unggu maka kemungkinan besar juga akan menghasilkan keturunan yang berkelas. Jadi menjodohkan Kenari merupakan hal yang sangat menyenangkan dan tidak membosankan, apalagi Anda merupakan sorang yang pecinta kicau mania.

Jika Sobat mampir dipasar Burung tentunya akan melihat langsung seberapa banyak peminat Burung kecil yang memiliki warna dan suara nyaring ini, sangat ramai dengan para peminat Burung Kenari yang ingin membeli dan menjadikannya Burung peliharaannya dirumah masing-masing. Dengan hal tersebut tentunya adalah fakta bahwa Burung kecil mungil ini masi menjadi salah satu Burung yang paling dicari dikalangan para pecinta kicau mania. Bukti lainnya adalah Burung kecil berwarna unik ini juga sering diadakan kontes mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional. Untuk menanggapi masalah ini membuat Saya untuk membeberkan tips praktis tentang cara menjodohkan Kenari.
Sepasang Burung Kenari Yang Berhasil Dijodohkan
Memang saat ini tidak sedikit yang mengembangbiakkan Burung Kenari, namun tentu saja bukan masalah jika Sobat ingin memulainya sekarang. Burung kecil nan unik ini memang memiliki daya tarik yang sangat memikat, warnanya sangat beraneka ragam dan juga suara nyaringnya merupakan sebuah keunggulan dari Burung Kenari. Pada saat dijodohkan Burung Kenari bisa menghasilkan seKitar 2-4 telur, jadi hal ini sangat membantu Sobat jika ingin mengembangbiakkan Burung Kenari sebagai tujuan usaha/bisnis. Menurut Saya usaha budidaya Burung Kenari sangatlah berprospek cerah karena seperti yang Saya bilang bahwa banyak para penghobi untuk Burung mungil ini, baik mulai dari pelosok desa hingga mereka yang tinggal diperkotaan.

Jika Sobat memang serius untuk membudidayakan Burung Kenari tentunya harus dilakukan penjodohan terlebih dahulu antara Burung Kenari jantan dan betina yang telah disiapkan (bibit unggul). Penjodohan yang dimaksud adalah seperti halnya pengenalan antara Burung Kenari jantan dan betina, supaya saling kenal dan bisa saling tertarik (birahi). Hal ini bertujuan untuk menuju tahap selanjutnya agar terjadi perkawinan dan menghasilkan telur yang kemudia menetas. Sebenarnya banya cara untuk melakukan penjodohan Burung Kenari jantan dan betina, pastinya masing-masing peternak memiliki cara masing-masing, namun kali ini Saya akan membagikan cara yang paling sederhana dan paling mulah dilakukan. Baiklah dibawah ini merupakan beberapa model untuk menjodohkan Burung Kenari yang sering digunakan oleh para peternak:
  1. Dengan menjodohkan Kenari jantan dan betina yang sudah pernah dikawinkan (indukan unggulan yang sudah pernah dikawinkan).
  2. Dengan menjodohkan Burung Kenari betina yang belum pernah bertelur dengan pejantan yang sudah pernah dikawinkan.
  3. Dengan menjodohkan Burung Kenari betina yang sudah pernah bertelur dengan pejantan muda yang belum pernah kawin namun memiliki garis keturunan yang unggul.
  4. Model yang ke 4 ini adalah menjodohkan Burung Kenari muda baik jantan atau betina, memang dalam model 4 ini membutuhkan proses yang sedikit lama karena masing-masing belum berpengalaman/belum pernah kawin.

Cara menjodohkan Burung Kenari

Dalam pemilihan model penjodohan Burung Kenari ini tentunya adalah sesuai selera Sobat sendiri, jika memiliki Burung Kenari yang berkualitas unggul lakukan saja penjodohan dengan pasangan yang unggul juga supaya keturunan yang dihasilkan akan maksimal. Kesumua model penjodohan diatas memang semuanya baik, namun yang paling mudah adalah menjodohkan sepasang Burung Kenari yang sudah pernah dikawinkan karena sudah menjadi pasangan dan akan cepat terjadi perkawinan. Secara biologis memang model penjodohan ini sangatlah baik, dengan umur si induk yang sudah matang tentunya dapat menurunkan piyik yang unggul pula. Dan jika ada yang menjual indukan unggulan seperti ini tentunya akan sangat mahal harganya, untuk melihat daftar harga Kenari terbaru bisa cek artikel Daftar Harga Burung Kenari Terbaru 2017 Paling Lengkap.
Cara Menjodohkan Kenari Terbukti Berhasil Dengan Bertelur
Banyak juga para peternak yang sudah memiliki banyak pengalaman melakukan penjodohan dengan model nomor 4, yang menjodohkan Kenari muda baik betina maupun pejantannya. Model ini memang memerlukan kesabaran karena akan melewati proses demi proses karena masing-masing Burung Kenari ini belum pernah kawin. Menurut Saya dalam pemilihan model penjodohan ini tergantung selera, yang penting Burung Kenari yang akan dijodohkan memiliki garis keturunan yang unggul agar mampu melahirkan keturunan yang unggul pula, sehingga menghasilkan anakan Burung Kenari yang unggul dan akan mudah dijual dengan harga yang tinggi sesuai tujuan diawal bahwa menjodohkan Burung Kenari untuk usaha. Sebelum Burung Kenari dijodohkan jika Burung Kenari masih muda perlu dipilih yang sudah siap dijodohkan (matang kelamin). Dibawah ini adalah bebarapa ciri-ciri Burung Kenari yang sudah siap untuk dijodohkan :

Tanda-Tanda Kenari Jantan Yang Bisa Dijodohkan/Siap Kawin
  • Kenari jantan yang sudah siap untuk dijodohkan akan selalu ditandai dengan terlihat aktif didalam sangkarnya dengan bersuara serta selalu berpindah-pindah dengan bergaya-gaya kenanan dan kekiri ditangkringan dalam sangkar, dalam masa ini sang Kenari jantan juga lebih aktif gacor serta sering menurunkan Sayapnya setengah badan.
  • Tanda yang kedua adalah sang Kenari jantan akan lebih aktif bergerak seolah-olah ingin mencari celah lubang sangkar untuk keluar, dalam masa ini sang pejantan juga akan lebih aktif bunyi/kicau.
  • Suara Kenari jantan pada masa siap untuk dijodohkan akan lebih keras daripada biasanya. 

Tanda-Tanda Kenari Bentina Yang Bisa Dijodohkan/Siap Kawin
  • Burung Kenari betina jika sudah siap untuk dijodohkan biasanya kloaka/kelamin akan sedikit membengkak dan berwarna kemerahan.
  • Burung Kenari betina pada saat masa birahi dan siap dijodohkan akan aktif bunyi seperti “cit-cit-cit-cit”, serta mengeleperkan kedua Sayapnya hal ini merupakan seolah-olah tanda Burung betina ini memanggil pejantan agar mau untuk berjodoh dan kawin dengannya.
  • Tanda yang paling mudah Kita cermati adalah Burung betina akan sering mengangkut benda-benda yang ada didalam sangkar untuk membuat sarangnya seperti mengangkut sayur kering, kertas, selaput nanas, dan benda lainnya yang mungkin bisa digunakan untuk membuat sarang.
Burung Kenari Yang Dijodohkan Harus Disediakan Sarang
Diatas sudah Saya jelaskan bagaimana untuk tanda-tanda Kenari jantan/betina yang sudah siap untuk dijodohkan, dan sekarang saatnya Saya jelaskan lebih lanjut tentang bagaimana cara menjodohkan Kenari dengan cara paling praktis yang sudah teruji keberhasilannya. Cara menjodohkan kenri jantan dan betina adalah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama adalah setting Burung Kenari jantan dan betina untuk berdekatan, bisa menggunakan 2 sangkar dan ditaruh jarak setengah meter atau dengan menggunakan kandang/sangkar yang memiliki penyekat/pembatas agar Burung Kenari tidak saling kontak langsung. Langkah ini adalah bertujuan agar Burung Kenari saling kenal dan diharapkan mau dipasangkan/dijodohkan. Dalam masa ini biasanya memerlukan waktu karena Burung akan saling mengenal terlebih dahulu, dan bahkan pada kasus lain Burung yang dijodohkan tidak mau, bahkan saling menyakiti (bertarung), jika memang demikian bisa dilakukan pergantian pada pejantan/betinanya, tergantung selera namun sekiranya Burung Kenari mau dijodohkan.
  2. Langkah kedua adalah melakukan penjemuran saat pagi hari, penjemuran bisa dilakukan seKitar 15 menit, dan hal ini harus berkelanjutan setidaknya selama 3 hari agar sepasang Burung Kenari ini saling biraha dan tertarik untuk menjadi pasangan yang kemudia kawin.
  3. Jika perawatan sudah berjalan 3 hari jika berjodoh biasanya kedua induk Kenari ini akan saling meloloh layaknya kekasih, ciri lain adalah sang pejantan yang selalu bergaya dan bunyi seolah-olah merayu induk betina, kemudian sang betina juga akan perlahan mendekati sang pejantan dan bahkan akan merunduk agar dinaiki dan kawin jika tidak ada pembatas/penyekat kandang.
  4. Jika Sobat sudah melihat sepang Burung Kenari ini sudah saling meloloh maka tahap selanjutnya adalah segera satukan kedua Burung Kenari tersebut dalam satu kandang, jika sudah memasuki birahi tinggi maka dapat dipastikan akan langsung terjadi perkawinan. Ingat, masukkan pejantan pada kandang betina, jangan terbalik agar perkawinan lebih cepat.
  5. Jika sepasang Burung Kenari sudah disatukan jangan ditinggal, selalu awasi untuk mengantisipasi terjadinya perkelahian, jika memang berkelahi maka kembalikan Kenari jantan pada sangkarnya.
  6. Cara menjodohkan Kenari jantan dan betina ini jika berhasil pastinya tidak terjadi perkelahian dan akan langsung terjadi perkawinan, sebaiknya jika Sobat sudah melihat perkawinan 2x segera kembalikan pejantan disangkarnya. Dan kawinkan/satukan kembali sepasang Kenari tersebut pada keosokan harinya, cara ini berkelanjutan sampai dengan Burung selesai bertelur. Telur yang dihasilkan biasanya seKitar 2-4 butir.
Ulasan tentang Cara Menjodohkan Kenari Paling Praktis Dan Terbukti Berhasil mencakup ruang lingkup tentang : Beternak Kenari, Cara Beternak Kenari, Cara Menjodohkan Kenari, Cara Ternak Kenari, Kandang Ternak Kenari, Menjodohkan Kenari, Penangkaran Kenari, Peternak Kenari Import, Sangkar Ternak Kenari, Ternak Kenari

Untuk Pembahasan tentang Cara Menjodohkan Kenari Paling Praktis Dan Terbukti Berhasil dalam bentuk PDF bisa sobat buka pada tautan dibawah ini :

Ulasan lainnya yang mungkin terkait dengan Cara Menjodohkan Kenari Paling Praktis Dan Terbukti Berhasil :
  1. Download Kicau Kenari Gacor mp3 Jawara Untuk Masteran Terbaru 2017.
  2. Daftar Harga Burung Kenari Terbaru 2017 Paling Lengkap.
  3. Cara Merawat Kenari Mabung Paling Jitu Dan Cepat Pepek.
  4. Cara Mengawinkan Kenari Pasti Berhasil 100%.
  5. Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Tepat 100%
  6. Cara Menjodohkan Kenari Paling Praktis Dan Terbukti Berhasil
Dalam cara menjodohkan Kenari jantan dan betina ini tentunya sangat mudah, hanya dengan 6 langkah Burung Kenari Sobat sudah bisa dijodohkan, namun beberapa kasus lain jika sepasang indukan belum pernah dijodohkan sama sekali maka memerlukan kesabaran dan ketelatenan, lakukan 6 tahap seperti diatas sampai Burung yang belum pernah dijodohkan tersebut mau dijodohkan.
Jangan lupa juga agar selalu menyediakan makanan dan minuman untuk sepasang Burung Kenari yang sedang dijodohkan, lebih baik diberikan pakan yang mengandung protein tinggi agar Burung Kenari menglami birahi, cara agar Burung Kenari birahi juga bisa menggunakan suplemen yang bisa dibeli ditoko pakan ternak. Cukup sekian pembahasan kali ini, Salam Sukses Mitra Tani!!