Cara Budidaya Jangkrik Lengkap Untuk Untuk Pemula Dijamin Sukses

Cara Budidaya Jangkrik Lengkap

Materi kali ini adalah tentang masalah cara budidaya jangkrik lengkap yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat negara kita. Memang perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak binatang kecil yang dibudidayakan dan diambil manfaatnya, namun untuk Jangkrik masih banyak yang memandang sebelah mata pada kalangan masyarakat, diremehkan oleh masyarakat, jijik/kotor di mata masyarakat justru menjadi peluang usaha yang sangat berprosopek cerah. Misalnya saja usaha ternak jangkrik, usaha ini memang sangat unik, lucu, dan aneh!! Namun jangan hanya memandangnya seperti itu, binatang yang hanya sebesar biji kurma ini sangat di cari oleh para peternak atau penghobi binatang peliharaan sebagai pakan penguat. Bahkan sudah banyak yang di olah menjadi keripik atau campuran bahan makanan untuk meningkatkan kandungan protein pada makanan tersebut. Jangkrik memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, jadi hal ini sangat berguna untuk kesehatan makhluk hidup yang mengkonsumsinya. Jika informasi ini sudah sampai di telinga Anda apakah tidak tertarik untuk mencobanya? Menjalankan usaha ini juga sangat mudah, siapa saja dapat melakukannya dan sangat cocok di jadikan  usaha sampingan karena perawatan yang mudah dalam cara budidaya jangkrik lengkap tersebut.
Panduan Lengkap Sukses Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula
Dalam cara budidaya jangkrik lengkap apabila di kerjakan dengan sungguh-sungguh maka hasilnya akan luar biasa, bisa jadi melebihi gaji seorang sarjana S1 dengan status freshgraduate seperti saya. Jangkrik memiliki tubuh yang kecil, ukurannya hanya sebiji kurma, warnanyapun juga hampir sama, yang menjadi unik jangkrik memiliki suara yang nyaring (ngerik) jika jantan. Ngerik ini terjadi saat malam hari, pejantan akan menggetarkan sayapnya sebagai pertanda memanggil betina untuk kawin. Untuk cari makan dan aktivitas hidup lainnya jangkrik akan aktif pada malam hari, jika berasal dari bahasa latin Jangkrik = Gryllidae. atau eering juga disebut sebagai Cengkerik, saat ini serangga ini paling di butuhkan di kalangan para penghobi binatang peliharaan sebagai pakan penguat, banyak yang menggunakannya untuk pakan : burung, reptil, ayam aduan, ikan hias, musang, berang-berang, dan masih banyak lagi. Jadi saya rasa budidaya jangkrik ini sangat berprospek cerah.

Pada umumnya di dalam cara budidaya jangkrik ini tidak sembarangan jenis jangkrik yang dibudidayakan, dan yang sangat cocok di kembangkan di Negara Kita adalah seperti jenis jangkrik : genggong, sliring alam, gangsir putih, upo, dan jangkrik aduan. Pastinya beberapa jenis jangkrik ini memiliki alasan mengapa cocok dibudidayakan di Negara Kita, namun pada notabennya keberadaan jangkrik adalah untuk pakan binatang peliharaan dan juga sebagai campuran makanan. Dalam budidaya masing-masing jenis jangkrik tersebut pastinya memiliki cara yang berbeda, misalnya saja jika akan mengembangkan jangkrik aduan maka untuk mendapatkan indukan di ambil dari alam bebas agar keturunan yang di hasilkan akan sekuat dan setangguh jangkrik di alam bebas. Berbeda dengan jenis jangkrik sliring/kalung madu, indukan dan telur bisa kita dapat dengan mudah dari para pembudidaya jangkrik yang sudah berpengalaman. Saat ini harga telur jangkrik setiap kilonya semakin melonjak, update harga terbaru telur jangkrik yang saya dapatkan adalah sekitar 300.000 setiap 1 kilonya. Untuk itu para pembudidaya jangkrik harus pintar-pintar mengatasi hal ini, seperti membuat bibit sendiri dengan cara menjodohkan indukan yang sudah siap kawin.

Untuk harga telur jangkrik ini juga sangat bervariasi, misalnya saja jenis jangkrik kalung memiliki harga telur sekitar 200.000 setiap kilonya, namun harga ini adalah versi harga termurahnya. Sedangkan untuk jenis jangkrik seperti sliring,madu,alam bisa mencapai 300.000 perkilonya, bayangkan saja betapa enaknya menjadi penjual telur jangkrik. Jadi sobat mitra tani disini juga bisa melakukannya sendiri, mulai dari menjodohkan indukan seperti artikel pada link di atas.
Panduan Lengkap Sukses Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula - Jangkrik Siap Panen
Kembali tentang cara budidaya jangkrik ini saya rasa tidak ada langkah-langkah yang sulit di lakukan, melainkan sangat mudah dan jika itu bisa Kita lakukan dengan benar maka tentunya akan berbuah manis pada hasil panen yang maksimal.Selain untuk tentang teknik budidaya, Saya juga akan memberikan bonus tentang cara pemasaran jangkrik setelah panen. Tentunya banyak pemula yang masih bingung dimana jangkrik bisa di jual, lebih klasik lagi jika ada pertanyaan buat apa jangkrik di piara? Untuk itu saya akan mencoba memberikan tips jitu tentang cara budidaya jangkrik dan juga pemasarannya.Untuk teknik budidaya jangkrik ini memang ada beberapa macam, namun yang akan saya bahas adalah cara yang paling mudah, dan juga sudah terbukti berhasil. Cara ini juga sangat umum di lakukan oleh para peternak jangkrik yang sudah berpengalaman. Cara ini bisa di lakukan oleh siapa saja, dari kelas rumahan sampai dengan kelas skala besar.

Dalam pelaksanaannya di butuhkan 2 langkah awal untuk memulainya, yaitu sobat harus menentukan lokasi (lokasi rumah gubuk) dan mempersiapkan box jangkrik (kotak untuk merawat jangkrik). Dua hal ini sangat penting didalam cara budidaya jangkrik, karena yang paling mempengaruhi hasil akhir dari usaha budidaya jangkrik yang akan sobat jalankan.

Dalam cara budidaya jangkrik harus di lakukan pemilihan lokasi tempat pembangunan gubuk untuk menyimpan box jangkrik sebaiknya di pilih tempat yang sepi, jauh dari keramaian apapun, keramaian pasar, kendaraan, dan lain sebagainya. Pertimbangan lain adalah lokasi yang aman dari pemangsa, jangkrik sangat menyukai tempat yang gelap dan sepi. Namun ancaman pemangsa juga selalu ada dalam kelangsungan hidup jangkrik, pemangsa bisa dari ayam, kucing, tikus, tokek, ular, dsb. Jadi tentang keamanan jangkrik ini adalah yang paling nomer satu. Pembangunan gubuk tidaklah perlu mewah, cukup dengan bambu sebagai bahan kerangka dan esbes atau welit untuk atapnya. Jika memungkinkan menaruh box jangkrik di dalam rumah pada ruangan yang tidak terpakai justru semakin bagus karena hal ini akan menghemat modal dan juga akan mudah dalam penanganannya karena 1 rumah dengan ownernya.

Selain keamanan dan kenyamanan dalam penentuan lokasi juga di perlukan penyesuaian suhu yang cocok untuk kelangsungan hidup jangkrik. Jangkrik tidak akan mampu bertahan hidup pada area dingin dan juga panas. Jadi perlu sangat di perhatikan karena masalah ini paling penting untuk kunci sukses usaha budidaya jangkrik. Jika lokasi yang di pilih bersuhu panas maka jangkrik akan mati karena kekeringan, jangkrik juga akan mati apabila kedinginan jika di tempatkan pada lokasi yang dingin. Masing-masing daerah dalam penentuan lokasi dengan suhu yang tepat adalah berbeda, jadi sebaiknya jika daerah sobat mitra tani panas maka di sediakan busa yang sudah di basahi air lalu tempatkan dalam box jangkrik. Sebaliknya jika di area yang dingin maka jangkrik harus di beri penghangat, bisa dengan menggunakan bohlam 5 watt. Jika suhu sudah di setting dan sesuai dengan media hidup jangkrik maka pertumbuhan jangkrik juga akan optimal, angka kematian juga lebih sedikit. Jadi suhu ini sangat berpengaruh dalam penentuan hasil akhir dari cara budidaya jangkrik yang telah sobat jalankan.

Setelah mendapatkan lokasi yang tepat tahap selanjutnya yang harus di lakukan adalah menyiapkan box jangkrik dengan membuatnya dari bahan seperti triplek, kayu, kardus, aluminium dan bahan lainnya yang dapat di gunakan untuk membuat box kotak. Pembuatan ukuran box tentunya juga di sesuaikan dengan ruangan yang tersedia agar nantinya nyaman di tempatkan dalam ruangan tersebut. Jika masalah box sudah beres, selanjutnya adalah mengisi box jangkrik tersebut dengan media hidup jangkrik, yang di maksud disini adalah tempat persembunyian jangkrik. Media bisa menggunakan TRE (tempat telur) bisa di dapatkan dari pasar/pengepul telur ayam/bebek. Selain itu juga perlu menambahkan media hidup dengan dedaunan kering seperti daun tebu, pisang, dan daun kering lainnya yang sekiranya membuat jangkrik nyaman berada dalam box seperti hidup pada alam bebas. Kedua media ini pada intinya adalah mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai tempat media hidup jangkrik, untuk tempat persembunyian berlindung dari pemangsa dan jangkrik lainnya.

Seperti yang diatas saya jelaskan bahwa jangkrik sangat menyukai tempat yang sepi dan gelap, untuk itu sebaiknya jika jangkrik sudah menetas segera di beri media hidup antara dua pilihan tersebut (TRE dan daun kering). Selain itu pada box haru di beri penutup box agar aman dari para pemangsa dan juga menjaga suhu dalam box tersebut. Sebaiknya di berikan 2 lapis penutup, penutup bawah adalah jaring/waring dan di atasnya bisa di tutup dengan terpal/plastik tebal. Waring berfungsi untuk berlindung dari pemangsa dan plastik/terpal berfungsi untuk menjaga kelembaban box jangkrik. Jangan lupa pada bagian atas dalam box di beri plaster/solasi agar jangkrik tidak bisa merambat keatas untuk keluar dari box. Ingat jangkrik tidak dapat memanjat tempat yang licin tanpa serat!!
Untuk menjaga box terhindar dari serangga seperti semut, bisa di beri gelas plastik yang telah di isi oli bekas lalu tempatkan pada kaki-kaki box. Cara ini sangat ampuh untuk menghalangi semut masuk ke box jangkrik, ingat meskipun kecil semut juga sangat bahaya karena mereka datang dengan gerombolan yang banyak. Jadi dengan cara ini pastinya aman dari serangan pemangsa berjenis serangga.

Seperti itu gambaran tentang persiapan awal untuk usaha budidaya jangkrik, saya rasa cukup mudah dan sederhana. Di bawah ini akan saya bahas lebih spesifik tentang cara budidaya jangkrik mulai dari awal hingga panen dan cara pemasarannya. Jika dengan membaca penjelasan ini sobat masih ragu, bisa mencari referensi lain melalui internet, buka, atau menanyakan langsung kepada para peternak jangkrik yang sudah berpangalaman. Tapi saya yakin dengan mencoba tips ini, jika di lakukan dengan cermat maka pasti berhasil, yang penting usaha dulu!! Dengan seiring waktu ilmu dan pengalaman akan sobat dapatkan dan akhirnya menjadi pengusaha jangkrik yang sukses.

Cara Budidaya Jangkrik Lengkap Untuk Untuk Pemula

Kembali ke pokok pembahasan tentang cara budidaya jangkrik, di bawah ini akan saya jelaskan tentang poin-poin rahasia untuk sukses dalam usaha budidaya jangkrik. Sekedar yang harus sobat mitra tani tau bahwa cara ini sudah diujikan dan juga masih di kembangkan sampai pada saat ini oleh para peternak yang sudah senior maupun yang baru belajar, jadi saya rasa ini cukup aman untuk sobat jalankan karena sangat cocok untuk para pemula. Cara budidaya jangkrik untuk pemula :

1.        Pemilihan untuk penempatan lokasi untuk budidaya jangkrik, lokasi ini harus nyaman dan juga aman dari kebisingan dan hama

Dalam menentukan lokasi yang akan di gunakan untuk budidaya jangkrik ini memang akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan sebuah usaha budidaya jangkrik. Lokasi ini juga akan sangat mempengaruhi suhu lingkungan, jadi penempatannya harus benar-benar di lakukan dengan cermat karena untuk menyesuaikan kelangsungan hidup jangkrik yang notabennya adalah binatang musiman. Pada alam bebas jangkrik akan hidup pada musim tertentu, kalaupun dia hidup sudah tidak pada musimnya maka jangkrik akan pindah tempat tinggal dan menyesuaikan pada lokasi yang cocok untuknya. Misalkan pada suatu daerah yang panas, maka jangkrik akan ada di area persawahan, mungkin dia memang mencari tempat yang sejuk karena dekat dengan tanah dingin (tanah sawah).

Jangkrik akan banyak di jumpai pada saat menjelang musim penghujan, kondisi ini dimana pada saat suhu tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Pada saat musim ini jangkrik akan hidup untuk tumbuh dan juga berkembangbiak. Jadi tugas sobat mitra Tani adalah melakukan tindakan agar media hidup jangkrik bisa seperti media hidup jangkrik di alam bebas yaitu menyukai musim pada saat menjelang hujan. Dimana pada saat ini suhu tidak terlalu panas dan juga dingin.

Semua fakta di atas sangat bagus untuk pedoman para peternak jangkrik agar lebih memperhatikan pemilihan lokasi untuk budidaya jangkrik. Jika pada alam bebas jangkrik menyukai suhu yang stabil (tidak panas dan dingin) maka apabila cuaca dingin bisa di beri penghangat lampu bohlam dan jika suhu sedang panas bisa di beri busa yang sudah di bahasi untuk di taruh didalam box jangkrik.

Jika kita bertanya kepada peternak daerah satu dengan yang lainnya, maka hasil panen akan berbeda-beda meskipun di lakukan perawatan dengan langkah yang sama. Jadi sekali lagi saya bilang bahwa suhu lingkungan sangat mempengaruhi sukses atau tidaknya usaha budidaya jangkrik yang sobat jalankan.

Dengan kesimpulan problem utama para peternak jangkrik pemula adalah mengubah suhu lingkungan yang tidak cocok untuk kelangsungan hidup jangkrik agar menjadi suhu yang cocok dan di sukai jangkrik. Jika hal ini mampu di lakukan maka tingkat keberhasilan usaha budidaya jangkrik akan semakin besar.

Lokasi untuk budidaya jangkrik yang bagus adalah sebagai berikut :

1.      Lokasi yang tenang, sepi, dan jauh dari aktivitas manusia maupun binatang lain (kebisingan, binatang peliharaan, dll)
2.      Lokasi harus mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar suhu didalam ruangan tetap stabil
3.      Lokasi ruangan harus mendapatkan sorot sinar matahari meskipun hanya sedikit
4.      Lokasi harus aman dari binatang pemangsa, ayam, kucing, anjing, tikus, tokel, dll

2.        Menyiapkan rumah sederhana untuk menampung box (kotak) jangkrik

Jika pada langkah awal yaitu menentukan lokasi yang cocok untuk budidaya jangkrik selanjutnya adalah mulai untuk membangun sebuah rumah kecil (gubuk kandang jangkrik). Gubuk ini di buat dengan sesuai kebutuhan, jika akan menjalankan usaha budidaya jangkrik dalam skala besar maka otomatis membutuhkan banyak box jangkrik sehingga otomatis gubuk juga harus lebih besar agar dapat menampung box jangkrik dalam jumlah banyak. Namun jika baru mulai belajar atau untuk pemula, saya sarankan untuk membuat gubuk sesederhana mungkin agar lebih menghemat pada pengeluaran modal awal.

Dalam cara mengatasi agar biaya awal bisa sehemat mungkin maka pembangunan gubuk jangkrik dapat menggunakan bahan-bahan yang harganya murah. Seperti untuk dinding dapat menggunakan gedek (anyaman bambu untuk dinding dalam bahasa jawa), bambu untuk kerangka, dan welit/esbes untuk atapnya. Dengan bahan-bahan tersebut tentunya akan jauh lebih menghemat pengeluaran modal awal sehingga untuk mengembalikan modal awal akan sangat ringan dan usaha akan semakin berkembang.

Untuk skala besar yang sudah berpengalaman biasanya menggunakan dinding yang berbahan batako (bata putih besar), hal ini agar lebih awet untuk masa yang selanjutnya. Namun tidak perlu menjadi problem jika memang ingin memulai usaha budidaya jangkrik, karena untuk rumah jangkrik terbuat dari dinding bambu itu sudah sangat bagus dan layak, daripada di dalam bebas jangkrik hanya bersembunyi di lubang-lubang dan di rerumputan.

Masalah yang paling utama tentunya dinding kandang harus aman dari pemangsa dan juga terpaan angin langsung, biasanya problem ini bagi yang menggunakan dinding gedek. Untuk mengatasi angin yang masuk kedalam gubuk secara langsung ini dapat menggunakan dinding pelapis dengan menggunakan terpal atau plastik agar celah-celah anyaman bambuu tersebut tidak dapat di tembus angin. Sobat mitra tani juga harus tahu bahwa jangkrik sangat tidak suka jika terkena hembusan angin langsung, hal ini dapat membuat jangkrik susah tumbuh dan bahkan akan mati.

Kesimpulan saat membangun gubuk jangkrik ini adalah aman dari pemangsa dan juga hembusan angin yang secara langsung. Jika sobat mitra tani tidak mempunyai tempat yang cukup untuk membangun gubuk jangkrik bisa memanfaatkan gang-gang yang sudah terpagari dinding rumah sobat dengan rumah tetangga atau teras rumah dengan memberi pagar tambahan supaya angin tidak dapat masuk kedalam box jangkrik secara langsung.

Berikut adalah klasifikasi pembuatan kandang jangkrik yang benar dan hemat :

1.      Dasar gubuk/rumah jangkrik cukup hanya dengan tanah tetapi tanah tidak becek dan usahakan selalu kering
2.      Lokasi pembangunan rumah jangkrik sebaiknya di area yang lebih tinggi agar saat hujan air tidak masuk kedalam rumah jangkrik
3.      Gunakan dinding dengan bahan semurah mungkin, bisa dengan gedek/bethek yang sudah di lapisi dengan terpal. Yang paling penting adalah dinding yang tidak bisa di tembus angin langsung.
4.      Bagian atap sebaiknya menggunakan esbes karena esbes bisa membantu menjaga suhu kandang karna sifatnya yang mudah menyerap panas.
5.      Tinggi rumah sebaiknya hanya 2-4 meter saja, hal ini bertujuan untuk mengurangi kelonggaran ruangan agar suhu didalamnya tidak dingin.
6.      Jika kesemuanya sudah selesai selanjutnya adalah pembuatan box jangkrik, pembuatan ukuran box ini harus di sesuaikan dengan lokasi penyimpanan, buat di dalam rumah jangkrik senyaman mungkin agar tidak terjadi kesulitan saat memberi pakan atau panen.

Di atas adalah penjelasan lengkap mengenai cara pembuatan kandang jangkrik/gubuk untuk menyimpan box jangkrik, selanjutnya akan saya jelaskan tentang cara pembuatan box jangkrik yang benar untuk budidaya jangkrik.


3.        Menyiapkan box jangkrik (kandang jangkrik) dan juga media hidupnya (daun kering, TREE)

Pada langkah ke tiga adalah menyiapkan box untuk kandang jangkrik, pembuatan box ini bisa di bilang sangat mudah karena hanya membutuhkan beberapa bahan saja seperti kayu reng, triplek, dan paku. Saat membuat box jangkrik yang harus di perhatikan adalah sisi-sisi box harus serapat mungkin agar tidak bisa di masuki semut dan juga tidak menjadi celah untuk larva jangkrik keluar dari dalam box pembesaran tersebut. Untuk mengatasi problem ini sobat dapat menggunakan lem kayu untuk menambal celah-celah di setiap sisi box.

Agar meningkatkan keamanan box dari para pemangsa untuk di buatkan kaki-kaki box, bisa menggunakan 4 kaki jika box berbentuk kubus, dan lebih baik menggunakan 6 kaki jika box berbentuk persegi panjang. Dalam pembuatan ukuran ini adalah pilihan, namun juga harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan juga lokasi untuk penempatan box nantinya.
Untuk pembuatan box jangkrik ini memang bisa menggunakan model box kayu atau dengan kardus, Menggunakan bahan kardus untuk membuat box jangkrik memang merupakan salah satu hal baru yang saat ini banyak para peternak gunakan. Dengan pemanfaatan kardus ini sangat optimal dalam memperkecil modal awal yang akan sobat mitra tani keluarkan. Namun sebaiknya sebelum di gunakan sobat harus memeriksa apakan celah-celah kardus bisa di gunakan untuk jangkrik keluar, karena banyak peternak mendapati bahwa kardus memiliki banyak celah dan bisa membuat larva jangkrik kabur dari box pembesaran.

Jika berbicara antara bahan yang bagus untuk membuat box jangkrik bisa saya katakan adalah kayu, selain mencegah larva jangkrik keliar dari celah box berbahan kayu juga aman dari serangan gigi jangkrik dewasa yang ingin keluar dengan cara membuat lubang. Baiklah di bawah ini akan saya bahas bagaimana cara membuat box jangkrik yang benar!

Langkah-langkah membuat box/kandang jangkrik

·         Langkah awal adalah menyediakan kayu reng yang nantinya digunakan untuk membuat kerangka box, kayu reng dapat di beli di toko bangunan terdekat.
·         Langkah selanjutnya adalah menyediakan triplek/polywood yang nantinya akan menjadi dinding box, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal triplek dapat di ganti dengan kayu jati atau kalimantan.
·         Selanjutnya harus di persiapkan paku reng dan paku kecil yang nantinya di gunakan untuk merakit kerangka dan mengaitkan triplek pada keangka.
·         Bahan yang perlu di siapkan selanjutnya adalah semen putih atau lem kayu yang nantinya akan berfungsi sebagai penutup celah pada sisi box.
·         Persiapan bahan selanjutnya adalah dengan menyediakan solasi/lakban yang biasa di gunakan untuk kardus, solasi ini akan berfungsi sebagai penghalang bagian atas box agar jangkrik tidak bisa merayap keatas dan keluar dari box.
·         Bahan yang perlu di siapkan selanjutnya adalah penutup yang akan di gunakan untuk menutup bagian atas box supaya tidak ada pemangsa yang masuk kedalam box. Penutup ini dapat menggunakan waring atau kawat yang sekiranya pemangsa seperti tokek, cicak, kucing,tikus, dan pemangsa lainnya tidak dapat masuk kedalam box.
·          Bahan penting lainnya adalah bambu yang udah di pecah dan di haluskan yang nantinya di gunakan untuk membuat kerangka penutup (jika penutup menggunakan warng/kawat halus).
·          Bahan pelengkap lain adalah terpal yang nantinya digunakan untuk menutup bagian atas box apabila suhu udara sedang dingin.
·          Siapkan juga alat pertukangan seperti palu, gergaji, meteran dan alat lainnya yang sekiranya di perlukan dalam pembuatan box jangkrik.

Jika alat dan bahan diatas sudah sobat siapkan maka tidak perlu pikir panjang dan seharusnya langsung saja untuk melakukan pembuatan box jangkrik. Dalam pembuatannya, ukuran box jangkrik ini bisa di buat dengan sesuai kebutuhan dan selera yang pastinya sudah di sesuaikan dengan lokasi tempat penyimpanan box jangkrik. Untuk pembuatan mulai dari perakitan rangka dan pemasangan triplek hingga penutup tidak perlu saya jelaskan satu  persatu karena hal ini tentunya sobat sudah mampu membuatnya. Jika pembuatan box jangkrik sudah selesai maka selanjutnya juga sobat juga harus membuat penutup box tersebut, dibawah ini adalah cara pembuatan tutup box jangkrik.
Cara Pembuatan Penutup Box Jangkrik

Penutup box jangkrik ini saya kira sangat vital perannya didalam usaha budidaya jangkrik yang akan kita jalankan. Penutup box ini sangat berguna untuk melindungi jangkrik yang dibudidayakan dari serangan para binatang pemangsa. Ingat jangkrik adalah serangga yang sangat di sukai sebagai makanan para binatang pemangsa. Jika box tidak di beri tutup maka bisa di pastikan para binatang pemangsa ini dapat masuk leluasa kedalam box dan tentunya akan memakan jangkrik yang ada didalamnya. Masalah ini tentunya akan menyebabkan gagalnya panen pada usaha budidaya jangkrik yang sobat tekuni.

Jangkrik membutuhkan tempat hunian yang aman dan nyaman, terhindar dari pemangsa dan juga binatang lainnya. Bahkan dialam bebas jangkrik dewasa juga menghindari kontak dengan jangkrik dewasa lainnya kecuali dalam masa kawin. Jangkrik akan bersembunyi di dedaunan kering atau lubang tanah. Jadi pada intinya buatlah penutup box agar jangkrik merasa nyaman dan aman didalam box. Penutup ini juga tidak asal dalam pembuatannya, harus menggunakan bahan yang tidak menghambat sirkulasi udara. Sangat bagus jika menggunakan waring (jaring) dan juga kawat berlubang halus.

Langsung saja langkah pertama adalah memotong waring seukuran dengan mulut box jangkrik, waring tersebut ditempelkan di 3 sisi box dengan menggunakan paku dan penjepit bambu atau kayu. Dengan mengaitkan 3 sisi berarti menyisakan 1 sisi yang nantinya akan berguna saat melakukan perawatan jangkrik, pemberian pakan dan lain-lain. Tutup box seperti ini akan sangat berguna untuk melindungi jangkrik dari serangan para pemangsa dan juga tidak mempengaruhi sirkulasi udara didalam box, sehingga jangkrik akan tetap nyaman dan cepat dalam perkembangan pertumbuhannya. Setelah tutup waring dipasang selanjutnya adalah membuat tutup yang ke dua dengan menggunakan terpal/plastik/kain dengan tujuan untuk membuat suhu didalam box jangkrik tetap hangat dan juga gelap. Ingat jangkrik sangat menyukai tempat yang gelap dan hangat!! Cara pemasangan tutup penghangat ini sama dengan cara pemasangan tutup waring yang dengan mengaitkan 3 sisi box dengan menggunakan paku dan penjepit kayu/bambu.

Mungkin cukup sampai situ aja penjelasan tentang bagaimana cara pembuat tutup box untuk budidaya jangkrik, jika sobat mitra tani malas mengerjakan sendiri atau karna sibuk, skill tidak mumpuni tentunya bisa menggunakan jasa tukang kayu untuk mengerjakan semuanya. Di daerah saya bahkan justru para tukang kayu sudah menyediakan box jangkrik siap pakai, jadi kita dapat membelinya.

Cara Setting Media Hidup Jangkrik Dalam Box

Panduan Lengkap Sukses Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula - Bohlam Penghangat
Di step ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menciptakan ruang hidup jangkrik yang nyaman dengan mengatur media hidup didalam box budidaya. Di bagian ini memang perlu di kerjakan dengan sebaik mungkin karena akan menentukan sukses tidaknya budidaya jangkrik yang akan kita jalankan, mengapa? Karena jangkrik membutuhkan tempat hidup yang nyaman dan aman dari segala pemangsa. Membuat media hidup ini akan membantu jangkrik merasakan sensasi hidupnya di alam bebas.
Jadi kalau di tahap sebelumnya kita sudah membuat rumah gubuk (untuk menyimpan box) dan box jangkrik untuk tempat jangkrik maka itu belum cukup, masih ada hal penting yang harus kita sediakan yaitu dengan menyediakan media hidup jangkrik. Namun membuat media hidup jangkrik ini sangatlah mudah, tidak sesulit membuat media hidup seperti budidaya ikan lele, belut, atau cacing. Media hidup jangkrik cukup dengan menggunakan TRE (wadah telur) yang terbuat dari olahan bahan karton.

Jadi pembuatannya hanya dengan menyusun TRE tersebut didalam box maka jangkrik akan merasa nyaman karena bisa bersembunyi dicelah-celah tumpukan karton.
Jika bersembunyi didalam celah karton dan tempat dudukan telur, maka jangkrik tentunya akan merasakan kenyamanan karena bisa merasakan seperti didalam bebas pada saat bersembunyi di rongga-rongga tanah. Cara menempatkan TRE juga sangat mudah, akan saya jelaskan pada ulasan dibawah.

Cara penataan TREE untuk media hidup jangkrik

Hal pertama yang harus kita lakukan tentunya adalah menyediakan TRE terlebih dahulu, kita bisa mendapatkannya dengan membeli TRE bekas dari para penangkar telur di pasar. Usahakan saat membeli TREE yang bekas saja agar dapat memangkas biaya awal untuk usaha budidaya jangkrik yang akan kita jalankan. Jika dipenangkar telur tersebut banyak TRE bekas yang bisa dibeli maka kita bisa mengambilnya sebanyak mungkin dengan tujuan untuk persediaan jika ingin menambah box jangkrik baru.

Hal kedua yang harus kita lakukan adalah membersihkan TRE dari segala kotoran, lakukan penjemuran di terik matahari minimal 7 jam lamanya, hal ini akan membuat tree semakin kering dan dapat dengan mudah untuk mengetok kotoran yang menempel, jika kotoran membandel tidak bisa di bersihkan dengan mengetok maka lakukan penggosokan perlahan dengan menggunakan sikat gigi bekas. TRE yang bersih akan membantu untuk menciptakan ruang hidup jangkrik yang nyaman dan akan menunjang percepatan pertumbuhan jangkrik.

Jika semua hal di atas sudah beres maka untuk memulai usaha ternak Jangkrik, saya rasa sudah bisa di lakukan, segera dapatkan bibit/telur jangkrik dan kemudian lakukan perawatan hingga menetas dan siap untuk panen. Caranya adalah dengan menata TRE satu tingkat secara merata di seluruh dasar Box jangkrik. Kemudian tumpuk dengan TRE dengan cara menata TRE berlawanan dengan TRE yang sudah di pasang tadi, hal ini berguna untuk mencegah menyatunya TRE dan memberi ruang untuk tempat persembunyian jangkrik. Seperti hal di atas, tatanan TRE selanjutnya juga demikian, berilah TRE secukupnya, sangat bagus menata TRE lebih dari separuh tinggi Box jangkrik.

4.        Cara Merawat dan Pemberian Pakan Untuk Budidaya Jangkrik

Sekarang kita telah memasuki tahap yang akan sangat menentukan keberhasilan usaha budidaya jangkrik yang Anda jalankan, dan disini juga akan saya bahas secara detail tentang cara perawatan dan juga pemberian pakan yang tepat untuk jangkrik agar maksimal dalam pertumbuhan pembesarannya. Hal ini perlu diperhatikan mulai dari menetasnya jangkrik dari telur dan menjadi larva-larva jangkrik, pada masa ini harusnya pemberian pakan, minum, dan juga perawatan harus tepat, kalau tidak larva jangkrik akan mati atau tidak telat dalam pertumbuhannya.

Jika kita telat pemanenan  dalam hitungan 1 minggu saja maka tentunya sudah bisa dilihat kerugian pakan, dan perawatan yang dilakukan, untuk itu dalam budidaya jangkrik semakin cepat panen makan akan semakin bagus dan semakin banyak untungnya. Hal ini kita dapat memangkas pakan jangkrik selama seminggu, kita tahu bahwa pakan jangkrik ini tidak sedikit, memang jangkrik memiliki ukuran tubuh yang kecil dan makanpun akan sedikit, tapi ingat mereka dalam jumlah yang besar tentunya membutuhkan pakan yang banyak juga.

Panduan Lengkap Sukses Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula - Voor Sebagai Pakan Utama
Jadi problem utama para peternak jangkrik adalah bagaimana cara memberi pakan jangkrik yang efektif yang dapat membuat jangkrik mengalami pertumbuhan yang maksimal. Dalam masa panen jangkrik ini bisa digunakan dengan hitungan hari, namun lebih akurat kalau dengan menggunakan hitungan masa ganti kulit yang terakhir, banyak peternak jangkrik menyebutnya tlondo. Untuk membuat jangkrik cepat memasuki masa fase tlondo maka tentunya harus diberikan perawatan dan pakan yang tepat. Hal ini tentunya juga bisa membantu pengurangan biaya pakan untuk pembesaran jangkrik tersebut.
Secara umum jangkrik dapat dipanen dalam usia 28-30 hari setelah menetas, hal ini tentunya harus berdasarkan dengan cara perawatan dan pemberian pakan yang benar. Jika Kita lebih cermat lagi dalam cara perawatan dan pemberian pakannya maka jangkrik bisa dipanen hanya dengan usia 22-25 hari. Perselisihan hari pemanenan tentunya sangat bermanfaat karena kan lebih menghemat biaya, waktu, dan juga peluang.

Pertimbangan lain yang mewajibkan pemanenan jangkrik agar lebih cepat adalah karena pada usia yang masih dini merupakan waktu dimana bobot jangkrik lebih mantab, hal ini tentunya akan sangat bermanfaat saat dilakukan penimbangan. Bibit jangkrik juga sangat berpengaruh dengan cepat atau lambatnya masa panen, karena pada bibit jangkrik yang bagus akan menyerap seluruh makanan yang di makan menjadi daging, dan dengan begitu mereka cepat besar. Sedangkan sebaliknya untuk bibit jangkrik yang lama dalam pertumbuhan berarti makanan yang dimakan hanya menjadi kotoran saja. Jadi jangkrik yang memiliki usia lebih tua masa panen ini pastinya akan mempunyai bobot timbangan yang buruk (ringan) jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya sangat tidak mungkin, jadi antara bibit unggul dan pakan harus diperhatikan dengan serius.

Selain bibit dan pakan yang harus diperhatikan ada hal lain yang harus ditanggapi dengan serius yaitu tentang suhu kandang, pakan dan bibit memang sangat penting namun jangan salah, iklim/suhu juga berpengaruh akan cepat lambatnya pertumbuhan bibit jangkrik yang sobat mitra tani rawat. Jadi sebaiknya pada box jangkrik disediakan alat pengukur suhu agar mudah dalam pengontrolan suhu kandang. Jika suhu dingin (biasanya musim hujan) bisa diberikan penghangat dengan menggunakan bohlam lampu dengan ukuran 5W-10W, tentunya disesuaikan dengan suhu tersebut. Jika sobat mitra tani sudah faham tentang pengaturan suhu kandang selanjutnya akan saya bagikan beberapa pakan penting yang sangat bagus untuk jangkrik!!

Macam-Macam Makanan Jangkrik Yang Tepat

Memang sangat penting memberi pasokan pakan untuk jangkrik agar pertumbuhan maksimal dan tertarget dalam masa panen ataupun laba yang di inginkan. Jangkrik juga sama seperti binatang ternak lainnya yang sangat membutuhkan pakan berkualitas agar pertumbuhan bisa berjalan dengan maksimal. Sebenarnya ada dua jenis pakan dalam budidaya jangkrik yaitu, pakan pokok dan pakan tambahan. Pakan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko pakan ternak atau dipasar dan bahkan dipekarangan rumah sobat mitra tani sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis pakan yang sangat bagus untuk Jangkrik :

·         Pelet/Voor/Konsentrat Untuk Ayam (pakan pokok)

Pelet/Voor/Konsentrat yang biasa digunakan untuk pakan utama ayam sangat bagus juga untuk makanan pokok jangkrik, memang tertulis di label bahwa pakan diproduksi untuk ayam namun pakan ini juga sangat cocok digunakan untuk jangkrik karena kandungan gizinya sudah sangat mencukupi untuk kelangsungan hidup jangkrik budidaya. Sobat mitra tani dapat menggunakan jenis pakan ayam seri 591/592 yang di tujukan untuk ayam ayam hingga kuthuk. Mengenai harga, pakan ini sangat efisien karna hanya sekitar 8-9rb/kg saja sudah dapat menunjang pertumbuhan jangkrik yang cepat.

Selain voor untuk pakan ayam, sobat juga dapat menggunakan voor lainnya seperti voor puyuh, konsentrat ayam/bebek petelur dan lain sebagainya yang kiranya cocok untuk selingan pakan jangkrik agar tidak bosan dan selalu lahap saat makan. Untuk pemberian voor ini sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu agar jangkrik tidak kesusahan saat menyantapnya.

Jika sobat ragu untuk menentukan pakan jenis voor, sobat dapat memberi pakan khusus untuk jangkrik yang juga sangat bagus untuk jangkrik yang dibudidayakan. Pakan ini adalah produksi dari  PT Charoen Pokphand Indonesia dengan seri/nama HI-PRO-VITE medicated 371, sobat dapat membelinya ditoko pakan ternak dengan menyebutkan seri diatas. Dan dengan pemakaian pakan jenis ini sangat praktis karena sobat mitra tani tidak perlu menghaluskan terlebih dahulu saat akan diberikan. Pakan ini terbukti sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan jangkrik mulai dari larva hingga panen, hal ini sudah dilakukan oleh para peternak, jadi bagi yang masih bingung pakan jangkrik pakan ini adalah jawabannya.

·         Dedaunan, Sayuran, Buah (Pakan Tambahan)

Panduan Lengkap Sukses Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula - Sayur Untuk Pakan Tambahan
Setelah pakan utama/pakan pokok terpenuhi jangkrik masih perlu diberi pakan tambahan/pendamping, ibarat seperti manusia tidak bisa makan nasi saja, masih perlu makan buah atau cemilan dan hal ini sama seperti jangkrik yang tidak makan voor saja, jangkrik membutuhkah dedaunan, sayuran, atau buah-buahan agar kondisi tubuhnya tetap bugar dan cepat dalam proses pertumbuhannya. Pakan tambahan ini sebaiknya berjenis memiliki kandungan air yang banyak!! Mengapa?? Karena dengan kandungan air yang banyak bisa digunakan minum untuk jangkrik.
Dialam bebas jangkrik sangat menyukai makanan daun segar, untuk itu kita juga harus bisa memberikan sensasi hidup jangkrik seperti halnya dialam bebas agar jangkrik tetap nyaman didalam box pembesaran. Pakan segar yang paling disukai jangkrik dialam bebas adalah daun krokot, bila Anda mendapatkan daun ini bisa langsung diberikan untuk jangkrik yang dibudidaya. Jika tidak ada, sobat mitra tani dapat menggantinya dengan memeberi pakan tambahan seperti buah pepaya tua/muda yang sudah dirajang, ketela pohon yang sudah di iris, pohon pepaya bagian dalam, pohon pisang (gedebok sangat bagus untuk minum jangkrik), daun sawi, gambas, terong, timun, kangkung, daun ketela, daun pepaya, daun kelor, dan sayur-sayuran lainnya yang sekiranya jangkrik mau menyantapnya.

Diatas hanyalah beberapa pakan tambahan yang bisa saya sebutkan, masih banyak pakan tambahan yang belum saya sebutkan, Anda dapat mencobanya sendiri dengan memberi pakan tambahan dedaunan dipekarangan atau sayuran yang dijual murah dipasar.


Materi Cara Budidaya Jangkrik Lengkap dibuat untuk ruang lingkup tentang : Cara Budidaya Jangkrik LengkapBudidaya JangkrikBeternak JangkrikTeknik Budidaya JangkrikBeternak JangkrikUsaha JangkrikUsaha Jangkrik, Pemasaran Jangkrik TerbaruPemasaran Jangkrik.

Untuk sobat yang ingin menyimpan dokumen tentang Cara Budidaya Jangkrik Lengkap Untuk Untuk Pemula Dijamin Sukses dalam bentuk PDF, silahkan mengunduhnya pada link di bawah ini 

Download PDF Cara Budidaya Jangkrik Lengkap Untuk Untuk Pemula Dijamin Sukses

Demikian rincian mendetail tentang cara budidaya Jangkrik untuk pemula yang bisa Saya sampaikan, mulai dari pembuatan kandang hingga cara perawatan pemberian pakan saya kira sudah sangat jelas, jika hal ini sudah sobat penuhi maka hasilnya serahkan kepada Alloh Swt dengan berdoa dan sebaiknya diiringi dengan Sholat Tahajud dan Sholat Dhuha agar mendapatkan target yang diinginkan...Salam Sukses Sobat Mitra Tani!!

Artikel Terkait Tentang Cara Budidaya Jangkrik
  1. Cara Ternak Jangkrik Dengan Indukan Sendiri
  2. Cara Budidaya Jangkrik Lengkap Untuk Untuk Pemula Dijamin Sukses