Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit

Penggemukan Kambing Sangat Efektif

Untuk cara penggemukan kambing ini adalah hal yang paling dicari dikalangan para peternak kambing, baik yang hanya pembesaran saja hingga yang membudidaya. Mereka mencari cara itu mulai dari mulut ke mulut hingga dai buku dan juga dari internet. Untuk itu disini saya ingin mengulas cara penggemukan kambing yang paling efektif, cepat, dan paling irit biayanya. Dalam suatu usaha apapun tentunya didalamnya ada semacam managemen yang menyusun agenda pekerjaan yang harus dilakukan disebuah usaha tersebut, begitu juga pada usaha penggemukan kambing yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini.
Pakan Untuk Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit
Dalam usaha penjualan kambing tentunya harus dapat membuat kambing lebih gemuk dan sehat agar harga jual menjadi naik, untuk mencapai tahap ini tentunya harus dilakukan dengan cara khusus mulai dari membuatkan kandang yang benar, pemilihan bibit yang unggul, serta perawatan yang baik hingga panen agar kambing mencapai target harga jual tertinggi saat dijual. Usaha penggemukan kambing akan lebih jitu jika ditargetken waktu panen pada saat mendekati hari raya Idul Adha karena pada masa ini kebutuhan kambing sebagai binatang Qurban sangat meingkat hingga harganyapun juga melonjak maka hal ini sangat istimewa sekali bagi para pengusaha penggemukan kambing.

Tiga patokan penting dalam usaha penggemukan kambing ini mencakup 3 aspek yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan juga pemeliharaan yang baik dan benar, adapun 3 tahap ini merupakan hal yang paling vital dalam menjalankan usaha penggemukan kambing. Fakta dipemasaran adalah harga kambing yang semakin melonjak dari tahun ke tahun, bahkan pada tahun 2000 harga kambing dewasa jantan hanya berkisar 250rb, dan jika dibandingkan sekarang harga kambing ditahun 2017 untuk jantan dewasa adalah minimal 2,5jt jadi peningkatan harga kambing benar-benar sangat fantastis. Mengapa hal ini terjadi? Karena kebutuhan daging kambing konsumsi tidak diimbangi dengan produksi yang mencukupi, bahkan pemerintah pada tahun lalu melakukan banyak impor daging untuk memenuhi kebutuhan bangsa RI. Untuk itu sebagai wirausahawan Anda harus melihat peluang ini sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, jadi tidak ada alasan untuk takut saat kambing panen tidak laku dijual, justru sangat berprospek cerah dan nyata.
Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit
Untuk berhasil dalam usaha penggemukan kambing ini dibutuhkan beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhinya, jadi seperti yang saya sudah tulis diatas bahwa dibutuhkan managemen yang tepat dalam menanganinya yang mencakup perencanaan hingga pelaksanaan agar usaha penggemukan kambing dapat berjalan dengan secara lancar. Jadi agar lebih jelas bagaimana managemen yang tepat maka akan saya jelaskan secara lengkap, mulai dari pembuatan kandang yang benar agar kambing merasakan kenyamanan yang nantinya akan mempengaruhi metabolisme Kambing dengan posisi yang tepat ketika sedang makan. Untuk itu kandang kambing ini nantinya harus dibangun pada area yang tepat yang dimulai dari penentuan area yang memiliki susu bagus hingga kenyamanan untuk kambing itu sendiri dan juga kenyamanan untuk tetangga/masyarakat dari kotoran kandang yang dihasilkan. Baiklah, dibawah ini merupakan 5 aspek penting bagaimana kriteria kandang kambing yang benar!!

1.    Lokasi Kandang Yang Teduh

Dengan lokasi yang teduh maka kambing akan mudah untuk digemukkan, jadi sebaiknya pembuatan kandang disekitar pohon yang rindang (bukan dibawah podon). Lokasi kandang sebaiknya teduh dalam arti sedikit lebih tidak terkena panas sinar matahari yang terlalu, namun lokasi yang tidak terkena panas seharian dan sekiranya terkena panas saat dipagi hari.

2.    Terkena Sorot Matahari Yang Cukup

Terkena sinar matahari cukup berarti bukan berlebihan dan bukan kepanasan seharian, jadi hal ini sudah saya sebutkan pada poin diatas, jadi sangat bagus bila kambing mendapatkan sinarmatahari saat pagi hari, jadi pembuatan harus diperkirakan agar terkena panas saat pagi hari dan akan terhindar panas saat tiba waktu saing. Dengan demikan maka kambing akan mendapatkan kehangatan sinar matahari pagi yang nantinya akan membantu untuk menambah nafsu makan dan minum yang berguna untuk pembentukan daging kambing yang di program untuk penggemukkan.

3.    Lokasi Area Kandang Yang Tenan

Dengan area kandang yang tenang maka akan membuat kambing akan nyaman karena tidak terusik sesuatu yang menggangunya, jika demikian maka kambing-kambing akan lahap saat diberi makan dan tentunya jika makan lahap maka kambing akan mudah untuk membentuk daging dan gemuk. Dengan suasana yang selalu tenang maka kambing akan terhindar dari stress dan juga tidak terserang penyakit dengan mudah, sebaiknya kandang dibangun jauh dari keramaian masyarakat seperti jalan raya, pasar, pabrik, dan tempat-tempat lain yang ramai atau bising.

4.    Mendapatkan Sirkulasi Udara Yang Baik

Sirkulasi udara yang baik juga sangat penting dan harus dipikirkan saat pembuatan kandang, suhu yang baik untuk kelangsungan hidup kambing adalah sekitar 35c. Pada pin nomor 4 ini sobat diharapkan mampu membangun kandang kambing dengan sirkulasi udara yang baik, udara yang sehat dan lancar. Jadi sebaiknya kandang kambing tidak terhalangi oleh sesuatu yang dapat menghambat sirkulasi udara seperti bangunan gedung, tembok tetangga, dan hal lain yang menutup sirkulasi udara disekitar kandang. Selain membuat kambing nyaman, sirkulasi udara yang sehat juga dapat membuat kandang selalu sehat karena faces kambing akan kering terkena sapoi angin dan tentunya akan mengurangi bau tidak sedap karena terbawa angin.

5.    Kandang dan Juga Area Sekitar Kandang Yang Bersih

Dalam penggemukan kambing kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan, kandang kambing harus selalu bersih dan juga dibangun diarea yang bersih pula, kandang di bangun tidak berdekatan dengan got, tempat pembuangan sampah/limbah pabrik, tempat pembuangan faces/kotoran kandang, dan juga tempat lainnya yang bisa dibilang kotor. Memang keberihan kandang dan juga area sekitar kandang harus dikondisikan, jika tidak maka tempat yang kotoro akan membuat kambing kehilangan nafsu makan dan bahkan akan mudah terserang berbagai macam penyakit yang tentunya akan menghambat tujuan awal sobat yaitu menggemukkan kambing. Dan kesalahan oleh para peternak kambing yang sudah berpengalamanpun juga tidak mementingkan kebersihan kandang dan juga lokasi, sehingga menimbulkan banyak hambatan dalam penggemukan kambing, dan hal ini tentunya harus diperhatikan dengan seksamanya. Jika kambing hidup dilingkungan yang kotor maka tentunya akan terdapat patogen jahat yang membahayakan kesehatan kambing dan tentunya kambing akan terkena serangan penyakit. Jika kotoran kambing tidak dibersihkan maka sobat tentunya mengerti banyak kerugian yang ditimbulkan untuk kambing itu sendiri dan tentunya akan merugikan masyarakat. Jadi sangat ditekankan jika membudidayakan kambing harus dilokasi yang tidak tercemar dan juga pemilik harus membersihkan kotoran kandang setiap harinya agar semuanya tidak terkena dampak kotoran yang dapat menimbulkan penyakit.
Pembuatan Pakan Buatan Untuk Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit
Membersihkan kandang kambing ini sebaiknya dilakukan setiap satu hari sekali dan sebaiknya pada sore hari, jika sobat tidak sempat untuk membersihkan pada sore hari bisa juga dilakukan saat pagi hari, karena yang paling penting adalah satu hari sekali kandang harus dibersihkan. Membersihkan kandang ini mencakup membersihkan kotoran dan juga sisa pakan, jangan biarkan keduanya menumpuk dikandang karena dapat menimbulkan serangan penyakit pada kambing. Selain itu tempat pembuangan sampah/kotoran kandang disusahakan jauh dari kandang kambing, setidaknya 10 meter agar sirkulasi udara pada kandang kambing teteap bersih agar kambing tetap memiliki nafsu makan yang tinggi. Beberapa peternak yang sudah berpengalaman justru menempatkan wadah penampungan pakan jauh dari kandang karena hal ini juga dapat menimbulkan penyakit dari pakan yang akan dimakan kambing.

Beberapa hal penting tentang pemilihan lokasi yang tepat diatas sudah saya jelaskan dengan secara detail,  dengan 5 tips diatas tentunya kambing akan merasakan kenyamanan didalam kandang sehingga nafsu makan bertambah dan penggemukanpun berjalan dengan sempurna. Jika lokasi dan kriteria tersebut sudah sobat penuhi maka selanjutnya adalah melakukan pembangunan kandang yang baik, kandang yang nyaman agar kambing tidak mudah stres dan tidak mudah terserang penyakit.
Langkah Langkah Membuat Pakan Buatan Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit
Hal utama yang dilakukan jika akan membuat kandang adalah tentang ukuran kandang yang akan digunakan untuk menampung jumlah kambing yang akan digemukkan, dalam kata lain jumlah kambing yang menjadi modal awal. Desain kandang kambing ini sebaiknya dibuat memudahkan dalam perawataanya, misalnya perawatan memberi pakan dan minum hingga pada saat akan memasukkan kambing dalam kandang dan juga pada saat mengeluarkan kambing dari kandang. Selain itu kandang kambing harus dilengkapi dengan tempat penyimpanan pakan yang baik yang sebaiknya tempat penyimpanan pakan ini tidak terlihat oleh sikambing. Selanjutnya perlu disediakan tempat pembuangan kotoran kandang, baik untuk faces kambing maupun sisa pakan. Tempat ini sebaiknya berjarak minimal 10 meter dari kandang kambing agar tidak mengganggu kesehatan kambing yang dikandangkan.

Untuk pembuatan ukuran kandang kambing ini tentunya juga harus menyesuaikan dengan lokasi dan juga berapa banyak kambing yang akan digemukkan. Dan untuk ukuran ideal kandang kambing penggemukan adalah dengan panjang 300cm, lebar 150cm bisa menampung 10 ekor kambing muda, jadi ukuran ini sangat minimum dan memang ukuran ini diambil seminimal mungkin agar menghemat tempat dan lokasi. Sebenarnya kandang yang lebar dan luas justru lebih baik karena kambing akan nyaman dengan tempatnya, bisa bergerak kesana dan kemari, namun jika demikian tentunya harus memiliki lokasi yang cukup luas untuk membuatnya.
Bahan Organik Untuk Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit
Peenggunakan bahan-bahan untuk membuat kandang kambing ini sebaiknya dipilih dari bahan-bahan yang harganya tidak mahal dan mudah untuk didapatkan seperti, babmbu, kayu, papan, genteng esbes, batu bata, batu, pasir, semen. Pada umumnya kandang kambing yang standar ini dibuat seperti pada model dibawah ini :

  • Kandang kambing berbentuk panggung
  • Kandang kambing yang memiliki tempat pembuangan kotoran, baik faces atau sisa pakan
  • Kandang kambing harus memiliki tempat pembuangan urine
  • Kandang kambing harus memiliki tempat untuk penyimpanan pakan kambing


Pemilihan Bibit Kambing Unggul Untuk Penggemukan

Untuk memulai usaha penggemukan kambing tentunya langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih bibit kambing yang unggul untuk digemukkan, bibit unggul ini tentunya akan lebih mudah digemukkan karena memiliki vitalitas yang baik. Memang di Negara kita banyak beraneka ragam jenis kambing yang sudah dikembangbiakkan oleh masyarakat disekitar Kita, untuk itu sobat harus mengetahui jenis-jenis domba atau kambing seperti yang sudah umum dipelihara masyarakat seperti Kambing Kacang, Kambing Etawa, Kambing PE, Kambing Boer, dan masih banyak jenis kambing lainnya yang ada di Negara Kita.
Pakan Hasil Fermentasi Untuk Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit

Untuk penggemukan kambing ini saya menyarankan agar memilih jenis Kambing Lokal/Jawa/Kacang untuk dipelihara guna penggemukan, mengapa demikian? Karena jenis kambing ini mudah untuk mengalami proses pembentukan daging hanya dengan memakan pakan kualitas rendah. Jadi jika demikian, kambing ini diberi pakan yang standart dan baik maka tentunya penggemukan akan berjalan secara cepat dan lancar. Selanjutnya sobat harus mengetahui ciri dari jenis Kambing Lokal/Jawa/Kacang yang tepat untuk dipilih menjadi bibit penggemukan, adapun ciri-cirinya adalah seperti dibawah ini :

1.    Kambing memiliki usia sekitar 4 sampai 8 bulan
2.    Memiliki bentuk punggung yang lurus dan panjang
3.    Mrmiliki kerangka tulangan yang agak besar dan agak lebar
4.    Bentuk perut tidak buncit penyakitan (seperti cacingan)
5.    Memiliki ukuran mulut yang lebih lebar
6.    Kondisi fisik sehat dan tidak ada catat
7.    Memiliki bulu-bulu yang lebat, panjang, dan berkilau (klemis)
8.    Warna kesua matanya cerah
9.    Memiliki kaki-kaki yang kuat/kokoh tidak loyo

Jika bibit sudah tersedia dan dimasukkan didalam kandang penggemukan maka tahap selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara pemeliharaan dan perawatannya. Didalam pemeliharaan kambing penggemukan ini tentunya sangatlah mudah dan tidak sesulit apa yang sobat pikirkan, dalam pemeliharaan ini tentunya sangat mudah dilalukan oleh siapapun karena untuk pakan saja kita sudah mendapatkan inovasi yang sudah banyak diujicobokan para peternak yang sudah berpengalaman seperti pakan hasil fermentasi bahan-bahan organik yang mudah didapat disekitar kita. Jadi hal ini tentunya sangat mudah untuk penyediaan stok pakan setiap harinya. Selain itu hal lain yang harus dilakukan adalah perawatan yang mencakup kebersihan kandang yang selalu dikontrol kondisinya setiap hari. Untuk itu sobat mitra tani harus bersedia membersihkan kandang dari kotoran dan juga dari sisa pakan setiap harinya. Selain kebersihan kandang sobat juga haru melakukan perawatan lebih jika kambing terserang penyakit, untuk itu sobat harus mengobatinya agar kambing sembuh dari penyakit yang diderita sehingga proses penggemukan akan berjalan cepat. Obt-obatan bisa didapatkan dari toko pertanian terdekat rumah sobat, obat harus sesuai dengan panyakit apa yang dialami oleh kambing. Perawatan lainnya tentunya pemberian pakan dan minum setiap harinya, jadi saya pikir proses penggemukan kambing ini sangat sederhana dan bahkan sangat mudah.  Dibawah ini merupakan 4 kunci sukses dalam usaha penggemukan kambing, adapun adalah sebagai berikut :

1.      Langkah pertama adalah adanya stok pakan dan minuman untuk kebutuhan kambing sehari-hari, dalam langkah ini tentunya akan sangat mudah karena pakan dan minuman bisa kita produksi sendiri dengan cara fermentasi. Pakan dan minuman hasil fermentasi ini sangat bagus untuk pembentukan daging kambing, jadi pakan dan minuman ini sangat efektif untuk usaha penggemukan kambing. Untuk cara membuat pakan kambing fermentasi bahan-bahan organik akan saya bahas pada pertemuan selanjutnya.

2.      Kedua adalah menjaga kebugaran kambing agar nafsu makan dan minum semakin meningkat, hal ini bisa kita lakukan dengan memberi suplemen SOC untuk kesehariannya. Pemberian suplemen ini haru sesuai dengan takaran yaitu setiap 5cc SOC harus dilarutkan kedalam air bersih dengan takaran 15 liter. Suplemen ini bisa diberikan setiap pagi dan sore. SOC dapat dibeli ditoko pakan ternak terdekat dari rumah Sobat.

3.      Ketiga adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan kandang kambing, mulai dari membersihkan dari faces, urine, hingga dari sisa-sisa pakan setiap harinya. Membersihkan kandang bisa dilakukan setiap hari dan sebaiknya dilakukan pada saat pagi atau sore hari. Tempat pembuangan kotoran ini juga harus selalu dikontrol, jika sudah penuh maka sebaiknya diangkut untuk dijadikan pupuk tanaman atau bisa juga dijual kepada para petani yang membutuhkan.

4.      Langkah ke empat adalah melakukan perawatan khusus kepada kambing yang mengalami serangan penyakit, jadi hal yang harus sobat lakukan adalah memberi pengobatan agar penyakit cepat sembuh. Obat-obatan sangat banyak tersedia ditoko pakan ternak, jadi saat membeli sobat tingga bilang kepada pelayan toko obat untuk indikasi penyakit apa, maka pelayan akan memberi banyak macam pilihan obatnya. Akan lebih baik jika sobat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan sebelum memeberinya obat.


Ulasan tentang Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit mencakup ruang lingkup tentang : Penggemukan Kambing, Pakan Kambing, Pakan Kambing Pedaging, 



Dari semua tips dan cara usaha penggemukan kambing diatas tentunya sangatlah mudah dijalankan oleh siapapun, bisa dilakukan oleh para petani, peternak, pegawai, pedagang, dan siapa saja dengan profesi apapun asal ada kemauan maka akan bisa dilakukan. Penggemukan kambing ini sangatlah mudah mulai dari pemilihan lokasi kandang, pembuatan kandang, pemilihan bibit unggul, pemeliharaan yang mencakup pakan dan minum , hingga perawatan yang mencakup pengobatan apabila ada kambing yang terserang penyakit. Namun untuk mencapai sukses, sobat harus tetap gigih dan ulet, kuncinya jangan pantang menyerah. Cukup sampai disini pertemua kita pada kali ini,  Salam Sukses Mitra Tani!!