Cara Budidaya Buah Naga Mulai Dari Pembibitan Sendiri

Cara Budidaya Buah Naga

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara budidaya buah naga dengan cara membuat bibit dengan sendiri, dengan semakin di minatinya buah naga di kalangan masyarakat buah naga sangat berprospek cerah untuk di jadikan penghasilan para petani buah, untuk itu sudah banyak juga yang mengembangkan buah naga di kebun-kebun, dan bahkan banyak asosiasi petani buah naga nusantara yang aktif untuk selalu membahas tentang kemajuan para petani buah naga. Buah naga memiliki rasa yang lezat saat di konsumsi, bisa di makan langsung atau di buat minuman dan jus. Kunggulan lain dari buah naga adalah kandungan gizi yang sangat bagus, sehingga hal ini menjadi nilai lebih untuk buah naga pada kalangan masyarakat. Banyak juga yang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah naga dapat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, beberapa alasan tersebut tentunya menjadi penyebab mengapa buah naga sangat di minati di pasaran kali ini, dan sehingga kondisi tersebut tidak di biarkan saja oleh para petani buah yang akhirnya beramai-ramai untuk melakukan budidaya buah naga.
Cara Budidaya Buah Naga Mulai Dari Pembibitan Sendiri
Jika berbicara mengenai prospek jangka panjang pada jenis tanaman buah, maka pilihan utama adalah buah naga. Ya, karena buah ini memiliki umur yang sangat panjang dan dapat bertahan pada area panas karena buah naga satu keluarga dengan tanaman kaktus yang dapat menyimpan cadangan air di dalam batangnya. Anda pasti tahu bahwa tumbuhan berjenis kaktus ini sangatlah kuat, lebih kuat daripada jenis tanaman apapun ketika bertahan untuk hidup. Kaktus akan hidup pada area yang panas (musim panas) dan dia akan berkembang (bertumbuh) pesat pada saat musim penghujan/di area yang subur dan berair.

Di atas hanya gambaran kecil tentang tanaman berjenis kaktus, tanaman ini akan hidup dan tumbuh di alam bebas tanpa ada perawatan tertentu, jadi pada intinya buah naga sangat bagus untuk di budidayakan. Bayangkan saja bila tidak di lakukan perawatan khusus saja bisa tumbuh dan berbuah di sepanjang tahun, apalagi jika kita lakukan perawatan, maka tentunya buah naga akan tumbuh dengan pesat dan juga memiliki kualitas buah yang bagus.
Cara Budidaya Buah Naga
Buah naga memiliki biji yang sangat banyak di dalamnya, akan terasa renyah, lembut, saat kita kunyah. Dalam mengkonsumsi buah naga ini adalah berbeda-beda ada yang memakannya langsung dan ada juga yang menyajikan dalam bentuk minuman dan jus. Jika sudah tahu akan khasiat dan manfaat buah naga apakah tidak terpikir untuk memulai menanamnya sendiri?

Dalam cara menanam buah naga ini sangatlah mudah, tidak di perlukan lahan yang luas dan bahkan buah naga ini juga bisa hidup normal di dalam baglog atau pot, namun sebelumnya media harus subur, bisa menggunakan campuran tanah dan kotoran ternak. Saya rasa dalam pengaturan media tumbuh untuk menanam buah naga ini tidak ada masalah, namun yang jadi masalah adalah darimana untuk menemukan bibit buah naga itu!!

Dalam mengatasi masalah untuk bagaimana mendapatkan bibit untuk budidaya buah naga ini ada 2 cara. Dan saya akan membahas satu-persatu untuk masalah ini!

Cara Budidaya Buah Naga Dengan Stack

Cara pertama ini sangatlah mudah, jika Anda memiliki teman atau kerabat yang memiliki tanaman buah naga yang pernah berbuah/berumur maka kita dapat memotongnya beberapa helai daun buah naga dan selanjutnya bisa di tanam langsung seperti penanaman pada kaktus. Buah naga dapat berkembang biak dengan tunas dan juga bijinya.
Cara Budidaya Buah Naga Dengan Stack
Tentu masalah ini bisa terselesaikan jika kita memiliki teman/kerabat yang sudah menanam buah naga terlebih dahulu, jika tidak masih ada cara lain untuk mendapatkan bibit buah naga, yaitu dengan menggunakan biji buah naga itu sendiri. Biji buah naga ini berukuran kecil-kecil dan sangatlah banyak, dan bijinya juga bisa di gunakan untuk pembibitan, dibawah ini adalah cara membuat bibit buah naga dengan menggunakan biji.

Cara Budidaya Buah Naga Dengan Biji

Dalam tingkat produktivitasnya memang pembibitan buah naga menggunakan stack lebih baik daripada menggunakan bijinya. Penanaman dengan cara stack tentunya akan lebih cepat berbuah di banding dengan biji,  namun jangan salah karena pembibitan dengan biji akan lebih baik dan lebih memiliki vitalitas unggul, pohon buah naga akan lebih kuat dan juga lebih panjang umur.
Cara Budidaya Buah Naga Dengan Biji
Selain itu, menanam buah naga dengan biji juga akan menimbulkan rasa puas oleh para penanamnya, dalam hati mereka akan bangga karena dia menanamnya sendiri mulai dari biji yang sekecil semut. Baiklah, dibawah ini adalah cara budidaya buah naga dengan menggunakan biji sebagai bibitnya :

  1. Buah naga yang sudah masak, usahakan berlabel grade A+ bisa Anda dapatkan di supermarket atau toko buah terdekat. Buah naga berlabel grade A+ ini tentunya agar bibit yang di hasilkan memiliki vitalitas yang tinggi, bibit unggul,  dan juga buah yang bagus. Saya sarankan dalam memilih jenisnya, pilihlah buah naga yang isinya berwarna merah fanta.
  2. Ambil biji buah naga dengan cara mengupas dan mengambil dagingnya, biji buah naga ini sangat banyak sekali, Anda dapat mencobanya separuhnya saja atau kesemuanya. Hal ini tergantung kebutuhan, jika memang di butuhkan banyak maka lebih bagus untuk semuanya saja, selain itu peluang tumbuhnya juga semakin besar.
  3. Siapkan air bersih di dalam ember, lalu masukkan biji buah naga kedalam air tersebut, kemudian remas-remas sehingga biji berpisah dengan dagingnya. Selanjutnya untuk memisahkan bisa menggunakan saringan teh, ulang sampai beberapa kali sehingga biji bersih dari dagingnya. Hal ini untuk mengantisipasi pembusukan biji saat di tanam.
  4. Langkah ke empat, masukkan beberapa biji-biji buah naga kedalam media penyemaian, media bisa menggunakan kapas/kapuk yang di masukkan kedalam gelas bening atau bekas gelas air mineral.
  5. Basahi media penyemaian dengan air bersih secukupnya, jangan sampai kelebihan, cukup basah saja kapas/kapuknya.
  6. Tutup gelas tersebut dengan plastik dan di ikat dengan tali atau karet, hal ini mencegah bakteri atau semut masuk yang akan menggagalkan biji buah naga tumbuh.


7.      Tempatkan media tersebut pada area yang sejuk, dan tunggu setidaknya 5-10 hari biji-biji buah naga akan berubah menjadi tunas dan tumbuh, jika sudah tumbuh besar dapat di pindahkan di polybag/baglog dan kemudian setelah usia 3 minggu dapat di tanam pada area yang di inginkan.
Cara Budidaya Buah Naga Dengan Biji Setelah Berumur 9 Hari

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, intinya untuk cara budidaya buah naga ini sangatlah mudah, yang perli di ketahui bahwa buah ini termasuk tanaman berjenis kaktus yang dapat hidup di lokasi mana saja, sehingga dalam perawatannya juga tidak serepot buah lainnya. Buah naga memiliki umur yang panjang, dan dia akan berbuah di setiap tahunnya, maka untuk para mitra tani sebaiknya mulai memikirkan untuk budidaya buah naga sendiri di rumah, karena buah naga dapat di tanam di pot ataupun di tanah langsung. Buah naga ini akan sangat cepat tumbuh dan berbuah jika di lakukan perawatan dengan cara memupuk dan menyiram.


Oke terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog kami, semoga budidaya buah naga sobat mitra tani berhasil, Salam Sukses Mitra Tani!!

Bagi sobat tani yang ingin menyimpan dokumen dalam bentuk PDF, bisa download pada link di bawah ini :


Setelah mempelajari tips tentang Cara Budidaya Buah Naga Mulai Dari Pembibitan Sendiri jangan lewatkan juga untuk mempelajari tips tentang Cara Ternak Jangkrik Dengan Indukan Sendiri.