Kandang Kambing Terbaik Untuk Menunjang Proses Penggemukan


Kandang Kambing

Dalam pembuatan Kandang Kambing ini harus dengan beberapa pertimbangan dan juga faktor lain yang dapat mempengaruhi ketenangan kambing didalam kandang, jadi kandang kambing ini tidak dapat dibuat dengan secara asal-asalan, namun harus dengan pertimbangan dengan alasan yang benar. Dengan kandang kambing yang nyaman maka akan bedampak pada kesehatan kambing yang tentunya akan membuat kambing merasa selalu fit dan juga nafsu makan yang rakus, dengan demikian maka kambing akan mudah gemuk dan juga mudah untuk berkembang biak. Dalam usaha ternak kambing dalam bentuk pengembangan atau penggemukan tentunya akan membutuhkan kandang, jadi kandang ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan semua peternak kambing, baik peternak dengan skala besar ataupun kecil. Jadi desain kandang kambing ini haris dibuat dengan sedemikian rupa agar kambing merasa nyaman tinggal dikandang tersebut.

Kandang Kambing Terbaik Untuk Menunjang Proses Penggemukan

Fungsi utama dari kandang kambing adalah sebagai tempat tinggal kambing untuk kelangsungan hidupnya dan juga melindunginya dari terik matahari, tetesan air hujan, kedinginan, kepanasan, dan juga tempat berlindung dari beberapa gangguan yang ada disekitar kandang. Kandang kambing yang baik tentunya akan membuat kambing selalu sehat dan mudah untuk dipelihara. Kandang kambing ini juga merupakan faktor utama untuk keberhasilan ternak kambing, baik penggemukan atau pengembangan. Selain itu kandang ini merupakan tempat yang sangat penting untuk kehidupan kambing, kambing jenis apa saja tentunya akan selalu membutuhkan kandang untuk tempat berlindung. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang cara pembuatan kandang kambing untuk jenis Etawa, mulai dari bahan hingga ukuran akan saya bahas tuntas disini agar sobat Mitra tani tidak lagi bingung saat membuat kandang kambing untuk jenis kambing yang saat ini sedang ramai dikembangbiakkan.

Untuk cara pembuatan kandang Kambing Etawa ini tentunya juga harus memiliki ketrampilan khusus, seperti halnya juga ketrampilan untuk membangun sebuah rumah. Untuk itu jika sobat mitra Tani tidak dapat melakukannya sendiri maka sebaiknya meminta tukang kayu untuk membuatkan kandang kambing etawa milik sobat agar lebih rapi dan tentunya juga kokoh. Jika sudah tercipta kandang yang rapi, nyaman dan enak dipakai untuk kambing etawa maka tentunya akan menunjang berhasilnya usaha budidaya kambing yang sobat mitra tani jalankan. Sebelum cara pembuatan kandang kambing etawa maka akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang fungsi utama dari adanya sebuah kandang, dibawah ini adalah beberapa fungsi pentingnya :
  1. Sebagai benteng perlindungan dari binatang pemangsa dan juga dari cuaca
  2. Membantu kambing agar nyaman untuk berkelangsungan hidup didalam kandang seperti makan, minum, dsb.
  3. Akan mudah saat pengawasan karena kambing berada dalam satu tempat
Pembuatan kandang Kambing Etawa ini sebaiknya dibangun diarea yang jauh dari pemukiman penduduk, keberadaan sekolah, pabrik dan tempat lainnya yang mungkin dapat mengganggu kambing dengan bising suara yang ada pada tempat-tempat ramai diatas. Kandang yang baik adalah yang jauh dari rumah tetangga dan tentunya rumah kita sendiri karena dalam ternak kambing ini akan menghasilkan banyak sekali kotoran kandang yang mungkin dapat menimbulkan bau yang sangat tidak enak sehingga malah mengganggu tetangga atau kita sendiri. Jarak minimal dari rumah adalah sekitar 10 meter, semakin jauh maka akan semakin baik karena akan aman dari bau kandang yang dihasilkan. Jika kandang dibangun diarea yang banyak pepohonan maka akan lebih baik lagi karena pohon-pohon itu akan membantu menangkal bau yang tidak sedap dan juga akan melindungi kandang dari terpaan angin secara langsung.
 
Kandang Sederhana
Untuk penentuan ukuran kandang kambing ini sebaiknya dibuat dengan ukuran seminimalis mungkin jika tempat tidak memungkinkan untuk dibangun sebuah kandang yang luas. Ukuran minimum standar untuk kambing etawa adalah 1,5 meter persegi untuk setiap ekornya. Jadi saat pembuatan maka harus disesuaikan dengan bbit awal kambing yang akan dibuatkan kandang, jika 10 ekor kambing pada bibit awal maka dapat dibuat dengan ukuran 1,5 meter x 10 maka hasilnya adalah 15 meter persegi, ukuran seperti ini sudah layak untuk menampung 10 ekor kambing etawa.
Pada saat menentukan untuk membangun sebuah kandang kambing maka perlu dipikirkan untuk membuat juga kandang untuk menampung hasil dari anakan Kambing Etawa yang lepas sapih, karena hal ini merupakan bagian dari perkembangan ternak kambing yang akan sobat jalankan, jadi sebaiknya sudah dipersiapkan terlebih dahulu kandang untuk menampung hasil anakan yang telah disapih agar tidak membutuhkan biaya upah lebih lagi jika membangun kandang tersebut dengan secara bersamaan.

Pembuatan kandang untuk anakan lepas sapih merupakan investasi jangka panjang, jadi saat membangunnya usahakan kandang ini dibuat dengan rapi dan juga bahan yang kokoh namun dengan harga yang murah, bisa menggunakan kayu kelapa/glugu yang sebelumnya dikuas dengan obat kayu Latrex atau merek lain agar kayu awet tidak dimakan bubuk.
 
Kandang Kambing Terbaik Desain Sederhana
Perlu diingat bahwa penempatan lokasi kambing ini adalah ditempat yang tidak tergenang air (tergenang air saat hujan), bangun kandang ditempat yang lebih atas dari tanah sekitar kandang agar kambing idak kedinginan saat hujan, perlu sobat tahu bahwa kambing mudah kembung saat musim dingin. Jika sobat memulai sudaha ternak kambing dengan 10 bibit awal maka dapat diterapkan ukuran yang saya sebutkan diatas, 10 ekor bibit awal tergolong sebagai komersial. Jika 5 ekor maka tentunya dibuat dengan ukuran 1,5 meter x 5, seperti itulah cara menentukan ukuran kandang Kambing Etawa.
 
Kandang Kambing Terbaik Desain Sederhana
Pembuatan kandang yang paling bagus adalah berbentuk panggung dengan tinggi dari tanah minimal 2 meter. Kandang kambing sangat cocok digunakan untuk desain kandang kambing etawa, dengan model ini maka akan sangat mudah saat membersihkan kotoran, pemberian pakan, minum, serta perawatann laiinya. Kandang kambing cocok diaplikasikan didaerah yang masih rawan dengan serangan binatang buas, untuk daerah pulau jawa saya rasa sudah tidak ada lagi binatang buas yang mengancam keberadaan kambing. Dalam pembuatan kandang berbentuk panggung sebaiknya dibentuk dengan sedikit lebih miring agar kotoran mudah meluncur kete,pat pembuangan, tidak ada ukuran tertentu dalam kemiringannya, hanya kira-kira yang penting kotoran bisa lancar keluar dari kandang. Dengan kandang panggung juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kambing mulai dari serangan virus dan juga penyakit yang dihasilkan dari faces kambing itu sendiri karena jarak antara keduanya cukup jauh.

Ukuran Kandang Kambing Etawa Yang Baik dan Benar


Yang perlu sobat tau bahwa pembuatan kandang kambing ini juga mempengaruhu metabolisme dalam tubuh kambing saat memakan makanan yang disediakan didalam kandang. Untuk itu pembuatannya harus senyaman mungkin saat kambing menyantap makanannya, posisi kambing harus nyaman, tidak terlalu tinggi dan rendah. Kandang juga harus mendapatkan ventilasi udara yang cukup untuk keluar masuknya udara, jadi sebaiknya juga diperhitungkan untuk membuatkan ventilasinya. Dibawah ini merupakan gambaran ukuran yang banyak dipakai oleh para peternak yang sudah berpengalaman :

·           Induk kambing dengan 2 anak adalah 200 cm x 200 cm
·           Anak kambing lepas sapih adalah 100 cm x 125cm
·           Induk kambing betina dewasa adalah 100 cm x 125 cm

Tips untuk meminimalis biaya untuk pembuatan kambing adalah menggunakan bahan-bahan yang murah namun memiliki kekokohan yang standar, selain itu juga dapat menyatukan fungsi pintu dan juga penyekat pada kandang. Dengan penggabungan pintu dan juga penyekat tentunya justru memudahkan saat pemeliharaan kambing dan tentunya akan memangkas biaya modal awal untuk para peternak yang baru merintis usaha ternak kambing tersebut.
Contoh Kandang Kambing Untuk Kontes
Untuk bagian bawah kandang tidak perlu disemen atau keramik karena pada kandang kambing sebaiknya tidak menggunakan semprot air untuk membersihkan kotorannya. Cukup dengan membuang kotoran yang jatuh kebawah ketempat pembuangan langsung.

Ulasan tentang Kandang Kambing Terbaik Untuk Menunjang Proses Penggemukan mencakup ruang lingkup tentang : Contoh Kandang KambingKandang Kambing PenggemukanKandang Kambing KontesKandang Kambing Terbaru


Dengan bagian bawah tanah justru akan semakin bagus untuk mengurangi lembab karena basahnya urine yang dihasilkan, jadi sekali lagi tidak perlu semen untuk bagian bawah kandang. Baiklah cukup sekian tentang cara pembuatan kandang kambing yang baik dan benar dari saya, semoga bermanfaat dan tentunya juga dapat membantu untuk suksesnya ternak kambing yang mitra Tani jalankan. Salam Sukses Mitra Tani!!