Pakan Kambing Buatan Bergizi, Murah, Dan Berkualitas Untuk Penggemukan


Pakan Kambing Buatan

Untuk pertemuan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat pakankambing buatan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi namun dengan kalkulasi biaya yang hemat. Pakan seperti ini akan sangat berguna jika diaplikasikan dengan usaha ternak kambing dengan sisitim penggemukan. Sebenarnya tidak hanya kambing saja yang membutuhkan pakan berkualitas tinggi agar nutrisi tubuh terpenuhi dan akan cepat dalam perkembangan pembentukan daging dan cepat untuk berreproduksi.
Pakan Kambing Buatan Bergizi, Murah
Lebih penting pakan berkualitas ini untuk ternak kambing yang bertuju kepada pengemukan, dengan pakan tersebut maka kenyataan sukses diusaha penggemukan akan mudah tercapai. Jadi untuk pakan seharusnya diberikan pakan berkualitas yang memiliki gizi tinggi, namun dengan catatan dengan biaya pakan yang murah agar idak rugi dalam itun-itungan usaha penggemukan kambing tersebut. Proses pembentukan daging pada kambing ini sangat dipengaruhi oleh pakan yang bergizi, namun juga ada faktor lain seperti cara perawatan, kandang, dan juga suhu pada area tersebut.

Pada umumnya pakan kambing di area pedesaan adalah dengan menggunakan dedaunan/rambanan dan rumput untuk makanan pokok sehari-hari untuk kambing, cara seperti ini kurang maksimal karena dedaunan/rumput ini tidak memiliki kandungan nilai gizi yang cukup untuk kambing. Memang jika sobat tinggal diarea pedesaan akan banyak rumput/dedaunan, sangat berbeda diperkotaan yang tidak ada rumput atau dedaunan yang dapat digunakan sebagai pakan pakan kambing. Tapi catatan lain untuk masyarakat dipedesaan juga akan merasakan sulitnya mencari pakan rumput saat musim kemarau, jadi untuk masalah ini harus segera diselesaikan.
Hasil Penggemukan Kambing Dengan Pakan Buatan
Tapi tenang saja, masalah diatas bisa diatasi dengan mudah, Sobat tidak perlu lagi takut kekurangan stok pakan kambing dedaunan pada saat musim kemaru tiba, saat ini sudah banyak pakan kambing buatan yang beraneka ragam dengan inovasi yang selalu diperbarui. Tetapi catatan penting pakan solusi ini wajib memiliki kandungan gizi yang lengkap agar kambing tetap segat dan cepat dalam pembentukan daging dengan biaya yang murah agar saat penen nanti tetap untung. Bahan yang digunakan untuk membuat pakan Kambing buatan ini harus dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti : bungkil kelapa, ampas tahu, ampas singkong, gedebog pisang, jerami, tebon, daun tebu dan bahan organik lainnya yang mudah didapatkan disekitar rumah sobat.

Pakan Kambing Buatan Murah

Bahan bahan organik seperti yang saya sebutkan diatas tidaklah langsung diberikan untuk makanan kambing, namun harus diolah terlebih dahulu agar senyawa pada bahan organik tersebut dapat teruraikan menjadi senyawa yang bergizi dan mudah dicerna oleh kambing agar pembentukan daging lebih cepat.
Pakan Kambing Buatan Bergizi, Murah, Dan Berkualitas Untuk Penggemukan
Dalam pembuatan pakan kambing buatan ini juga sangat mudah dan tidak menyita banyak waktu namun hasilnya akan sangat berguna untuk stok pakan kelanjutan yang dapat diberikan suatu saat, tinggal mengambil pakan secukupnya dan dengan menutup kembali tutup wadah pakan tersebut. Jika semua peternak kambing dapa demikian maka akan sangat mudah dalam usaha penggemukan kambing dimanapun, dikota atau didesa maka semuanya sama. Beberapa keuntungan dari pakan buatan dengan fermentasi adalah seperti dibawah ini :

·         Pakan yang dihasilkan sangat mudah dicerna, maka hal ini akan mudah untuk membantu penyerapan kandungan gizi yang ada didalam pakan buatan tersebut.
·         Jika diberikan pada kambing jenis Etawa maka akan sangat bagus untuk meningkatkan produktifitas susu yang dihasilkan.
·         Pakan buatan ini sangat mudah untuk manunjang pembentukan daging
·         Pakan buatan akan membantu untuk meningkatkan nafsu makan pada semua jenis kambing
·          Daging kambing pemakan pakan buatan akan lebih rendal kolesterol
·         Pakan buatan akan meningkatkan sistim kekebalan tubuh kambing dan akan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan penyakit.
·         Faces kambing pemakan pakan buatan akan lebih tidak berbau seperti kambing pemakan dedaunan
·         Hasil pupuk kandang dari kambing pemakan pakan buatan akan sangat bagus untuk pupuk daripada kambing pemakan dedaunan.

Seperti diatas  adalah bagaimana efek samping dari penggunaan pakan buatan, sangat banyak sekali keuntungan yang didapatkan, jadi hal seperti ini tentunya adalah kunci untama untuk sukses pada usaha penggemukan kambing. Dengan pembuatan pakan yang sangat mudah hanyak dengan bahan organik yang mudah didapat yang disatukan dengan bakteri dan senyawa pengurai. Bakteri dan senyawa ini dapat didapatkan dengan mudah dengan membelinya ditoko pakan ternak terdekat, bakteri dan senyawa tersebut sering disebut dengan Biostarter, sangat banyak merek dan namanya, namun pada intinya adalah sama sebagai senyawa dan bkteri baik untuk menguraikan bahan organik menjadi pakan yang berkualitas untuk ternak. Jika sobat bingung saat membelinya maka tinggal mengaakan kepada penjual bahwa sobat ingin membeli Biostarter untuk membuat pakan buatan fermentasi.
Pakan Kambing Buatan Bergizi, Murah, Dan Berkualitas
Sebenarnya Biostarter ini bisa dibuat sendiri dengan tanpa membelinya namun tentunya akan merepotkan dan menyita banyak waktu, jadi saya sarankan untuk membelinya saja karena harganya sangat murah namun sangat berguna untuk minciptakan pakan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Di era 2017 ini sudah banyak inovasi dan cara dalam membuat pakan buatan yang memiliki kandungan nilai gizi tinggi untuk kambing dan binatang ternak lainnya. Namun pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan tentang 3 inovasi dalam membuat pakan dan minuman buatan bergizi tinggi yang paling mudah dan sederhana, dibawah ini adalah beberapa inovasi membuat pakan dan minuman kambing buatan dengan Biostarter :

1.      Inovasi membuat Biostarter agar lebih banyak supaya hemat dalam pemakainnya.

Jika bahan-bahan organik ini sudah dicampurkan dengan Biostarter maka akan berubah menjadi pakan yang memiliki kualitas gizi yang tinggi, selain itu pakan yang dihasilkan akan sangat mudah dicerna oleh sistim pencernaan kambing, keuntungan lainnya adalah proses pembuatannya sangatlah mudah dan tidak banyak memakan waktu dan biaya. Baiklah dibawah ini adalah langkah-langkah membuat pakan bautan dengan fermentasi agar menjadi pakan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Bahan :

·         Biostarter dengan takaran 5 cc
·         Molasses dengan takaran 5 cc
·         Air bersih dengan takaran 1 liter

Cara pembuatannya :

·         Campurkan bahan utama diatas kedalam sebuah wadah yang sekiranya dapat ditutup dengan rapat, bisa menggunakan drum/bak tembok.
·         Goyang-goyangkan/aduk wadah tersebut sehingga bahan-bahan tersebut dapat merata kemudian tutup wadah dengan rapat.
·         Diamkan selama 3 hari, setelah 3 hari maka hasil perbanyakan Biostarter sudah dapat digunakan untuk proses fermentasi pakan kambing.

2.      Inovasi dengan membuat pakan kambing menggunakan Biostarter turunan (Biostarter hasil perbanyakan)

Jika Biostarter sudah diperbanyak(turunan) maka tentunya akan sangat bermanfaat untuk membuat pakan fermentasi dikemudian hari. Hasil Biostarter turunan ini tentunya juga akan berkualitas seperti halnya Biostarter yang baru dibuka dari botol yang tentunya akan sangat berguna untuk membuat pakan fermentasi bergizi tinggi. Dibawah ini adalah cara membuat pakan buatan fermentasi dengan Biostarter turunan :

Bahan-bahan yang dibutuhkan

·         Biostarter turunan (hasil inovasi no 1 diatas) dengan takaran 1 liter.
·         Bahan organik kering yang sudah dipotong-potong/digiling seperti : jerami, gedebog pisang, daun tebu, tebon jagung, bungkil kelapa, kedelai, singkong dsb.
·         Tetes tebu secukupnya, jika tidak ada dapat diganti dengan gula pasir yang telah dilarutkan.
·         Buah Nanas matang yang sudah dihaluskan (diparut) dengan takaran 1 buah saja.
·          Air putih bersih yang tidak tercampur apapun.
·         Wadah (drum bekas yang ada penutupnya/bak tembok yang dapat ditutup rapat).

Cara Pembuatannya dalah sebagai berikut :

·         Masukkan bahan organik yang sudah digiling/dipotong kedalam wadah
·         Masukkan nanas matang yang sudah dihaluskan
·         Masukkan Biostarter turunan dengan takaran 1 liter kedalam wadah
·         Isi dengan 10 liter air bersih drum tersebut
·         Aduk hingga merata dan tutup drum tersebut dengan rapat
·         Tempatkan drum ditempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan (teduh)
·         Setelah 3 hari maka pakan buatan ini sudah siap digunakan, ambil secukupnya untuk pakan kambing setiap harinya, setelah selesai mengambil tutup rapat kembali wadah tersebut.

Dalam pembuatan pakan buatan fermentasi dengan Biostarter turunan ini tentunya sangatlah mudah dan tidak memakan waktu dan juga biaya, setelah proses ini maka pakan bisa menjadi stok untuk pakan kelanjutan dengan konsep jika sudah mau habis maka segera membuatnya kembali. Namun jangan lupa menutup wadah jika selesai mengambil pakan.

3.      Inovasi membuat minuman dengan Biostarter Turunan

Pakan Kambing buatan yang berkualitas maka tentunya akan sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan dan pembetukan daging pada Kambing. Namun sebenarnya makanan saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kambing, untuk itu kambing juga perlu diberikan minuman pada setiap harinya. Alangkah baiknya jika minuman yang diberikan ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi yang tentunya akan membuat kambing lebih cepat gemuk dan selalu memiliki produktifitas yang tinggi. Air saja tidak cukup untuk memenuhinya, perlu diproses terlebih dahulu dengan dicampurkan Biostarter turunan agar kandungan gizi pada minuman kambing ini dapat meningkat. Dibawah ini adalah bahan dan cara membuat minuman bergizi tinggi untuk kambing :

Bahan :

·         Biostarter turunan 1 liter
·         Molasses 400cc
·         Air bersih 1000 liter
·         Drum dengan penutunya

Cara pembuatannya :

·         Campurkan semua bahan diatas kedalam drum yang ada penutupnya
·          Aduk dan goyangkan drum hingga semuanya merata, kemudian tutup rapat
·         Diamkan selama 1 hari, setelah itu minuman baru bisa digunakan untuk minuman kambing setiap harinya.

Ulasan tentang Pakan Kambing Buatan Bergizi, Murah, Dan Berkualitas Untuk Penggemukan mencakup ruang lingkup tentang : Cara Membuat Biostarter Turunan, Cara Membuat Pakan Kambing, Pakan Kambing Penggemukan, Pakan Kambing 2018, Pakan Kambing Murah Berkualitas


Diatas adalah bagaimana tentang cara membuat pakan dan minuman kambing buatan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai gizi yang ditujukan agar perkembangan penggemukan kambing lebih cepat. Pembuatan pakan ini tentunya sangatlah berguna karena dapat mengganti pakan hijauan yang sangat terbatas stoknya karena pada saat musim kemarau maka rerumputan akan kering dan mati, maka solusinya dalah dengan membuat pakan seperti yang sudah kita bahas diatas. Pakan fermentasi ini merupakan jawaban dari peranyaan para peternak yang bimbang karena masalah pakan pokok untuk kambing. Jadi sobat mitra Tani sudah tidak perlu lagi bimbang dan ragu jika ingin memulai mendirikan usaha penggemukan kambing karena pakan dan minuman berkualitas dengan gizi tinggi dapat dibuat sendiri dengan biaya yang sangat murah. Cukup sekian dari saya, Salam Sukses Mitra Tani!!