Cara Pemasaran Belut Sukses 100% Untung Melimpah


Cara Pemasaran Belut Sukses 100% 

Cara pemasaran Belut, membahas tentang pemasaran pastinya adalah terdengar sangat umum, pemasaran sebuah produk merupakan hal terpenting setiap usaha atau bisnis apapun. Pemasaran inilah yang akan membuat berhasil atau tidaknya sebuah usaha yang Sobat jalankan. Untuk itu akan saya bahas bagaimana cara pemasaran Belut yang baik agar mendapatkan untung maksimal.
 
Cara Pemasaran Belut Sukses 100% Untung Melimpah
Belut merupakan binatang air sejenis ikan yang sangat banyak dijumpai di area berlumpur seperti sawah, danau, atau saluran pembuangan air sawah. Belut memiliki tubuh yang panjang menyerupai ular, namun sangat berbeda jika Sobat sudah terbiasa melihat Belut secara langsung. Belut memiliki cairan pada kulit tubuhnya yang sangat licin, ini adalah senjata untuk melindungi tubuhnya dari para pemangsa. Belut sangat sulit ditangkap dengan tangan kosong karena tubuhnya yang sangat licin, jadi untuk menangkapnya Sobat perlu menggunakan alat bantuan seperti seser/jaring.

Dalam era yang serba canggih ini, Belut adalah salah satu jenis ikan yang sudah tidak asing lagi untuk dikonsumsi sehari-hari, bahkan Belut banyak menjadi olahan makanan kering yang spesial. Belut bisa di olah menjadi lauk dibakar atau digoreng dan disajikan dengan sambal pedas, menu ini menjadi yang paling favorit dan banyak Sobat temukan di restoran atau warung-warung pinggir jalan. Banyak juga yang sudah di olah menjadi keripik, yang bisa di konsumsi sewaktu-waktu. Dengan fakta ini semua tentunya akan membuat para pembudidaya Belut semakin kualahan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi Masyarakat. Jadi pada intinya kebutuhan konsumsi Belut yang terus naik di Indonesia masih belum bisa di penuhi oleh para pembudidaya Belut.

Dengan fakta diatas tentunya jika sobat memiliki mental pengusaha maka akan tertarik untuk mencoba peruntungan untuk membudidayakan Belut. Usaha budidaya Belut masih belum menjamur seperti budidaya Ikan Lele atau ikan lainnya, jadi pesaing masih sangat sedikit dan konsumen masih belum bisa terpenuhi kebutuhannya. Budidaya Belut bisa dikerjakan oleh siapa saja karena perawatannya yang sangat mudah dan bisa dikerjakan satu atau dua kali sehari. Jadi usaha budidaya Belut sangat cocok menjadi usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Untuk memulai usaha budidaya Belut Sobat tidak perlu memerlukan modal yang banyak, jadi tentunya akan sangat mudah untuk dilaksanakan, mungkin pada pembahasan selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana cara budidaya Belut yang baik dan benar, karena saat ini akan saya jelaskan bagaimana cara pemasaran Belut dan bagaimana Belut ini dimanfaatkan. Hal ini saya tulis karena mungkin di atara Sobat masih belum tahu bagaimana Belut ini menjadi salah satu ikan yang sangat tinggi tingkat kebutuhannya. Jika Sobat sudah berhasil membudidayakan Belut dan memasuki waktu panen maka jangan bingung karena Belut ini sangat banyak diminati di pasaran, Sobat bisa menjualnya ke tengkulak Belut terdekat, atau bisa langsung dijual ke warung makan atau restoran terdekat, pedagang ikan ecer, dan bahkan di ekspor jika Belut yang sobat budidaya berkualitas super. Jadi jangan takut untuk memulai budidaya Belut karena bingung mau dijual kemana. Pada era seperti sekarang jangankan Belut, kotoran ternak aja laku di jual.....jadi untuk menjual Belut hasil panen pasti sangat mudah.

Dalam satu Kota seperti Jakarta, kebutuhan konsumsi Belut saja telah mencapai 20 ton setiap harinya, jadi jumlah ini bukan jumlah yang kecil, namun sangat besar. Ini baru saja 1 kota seperti jakarta. Untuk Kota Yogyakarta justru lebih besar lagi, Yogyakarta membutuhkan setidaknya 30 ton setiap harinya, dengan beberapa data seperti ini tentunya sangat berpeluang besar jika Sobat menjalankan usaha budidaya Belut. Dengan rata-rata setiap kota di Indonesia minimal menghabiskan 10 ton Belut, jadi para pembudidaya Belut di Negara kita masih kualahan untuk memenuhi kebutuhan Belut tersebut.

Daging Belut adalah daging ikan yang paling gurih, mungkin karena Belut ini memiliki darah merah yang banyak dan segar. Belut juga dipercayai mampu menjadi obat, ada yang memakan Belut kondisi mentah, ada yang meminum darah Belut, dan ada juga yang menjadikan Belut sebagai penguat binatang ternak seperti ayam aduan, anjing, dan kucing. Ini adalah hal kecil tentang fakta bagaimana Belut sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, jadi Sobat tidak perlu untuk takut bagaimana caranya menjual Belut. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa hal penting yang membuat Belut sangat diminati dipasaran :

Ekspor Belut Besar Besaran Dari Indonesia

Jangan salah, Belut merupakan jenis ikan yang sangat diminati di Negara sebrang, dan Indonesia merupakan salah satu pengekspor Belut terbesar yang bisa di andalkan oleh Negara lain seperti : China, Hongkong, Jepang, Singapura, Taiwan, Korea, Thailand. Kebutuhan Negara-Negara tersebut sangat besar, jadi Indonesia ini kualahan untuk memenuhinya sehingga membuat kebutuhan Belut ini terus melambung tinggi karena Indonesia juga harus memenuhi kebutuhan dalam Negara. Dan dalam perdagangan Internasional, Belut mempunyai kode yang sama dengan Sidat (ikan sejenis Belut yang lebih besar) yaitu dengan kode HS (Harmonized System). Didalam HS sendiri terbagi 3 kelompok antara lain; kode 0302660000 untuk Belut segar; dan 0303760000 untuk Belut beku.
 
Cara Pemasaran Belut Sukses 100%
Belut yang di ekspor merupakan Belut budidaya ataupun Belut hasil tangkapan para nelayan, jadi sekali lagi saya ingatkan bahwa peluang untuk budidaya Belut sangat bagus. Pada 2008 saja jumlah ekspor Belut kita mencapai 2.676 ton, dan Negara seperti China merupakan konsumen Belut terbesar sedangkan Negara seperti Indonesia, Amerika, Kanada dan Thailand adalah Negara yang sebagai penghasil Belut dan Sidat terbanyak di Dunia.

Diatas baru bicara tentang pasar Belut ekspor, belum lagi membahas tentang kebutuhan Belut dalam Negri yang juga sangat tinggi seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Yogyakarta membutuhkan 30 ton Belut setiap harinya, kota lain seperti jakarta membutuhkan Belut tidak kurang dari 20 ton/hari. Jadi tunggu apa lagi segera jalankan usaha budidaya Belut yang sangat berpospek ini.

Nilai Gizi Yang Sangat Tinggi

Jangan anggap remeh, kandungan gizi Belut ini sangatlah tinggi jika dibanding dengan jenis ikan apapun, perlu diketahui bahwa Belut ini memiliki kandungan energi yang sangat kuat, saking kuatnya daging Belut mengalahkan kandungan energi dari daging sapi dan telur. kandungan energi pada daging Belut mencapai nilai 303 kkal/ 100 gr. Sedangkan kandungan nilai energi dari telur dan daging sapi adalah sekitar 162 kkal/100 gr dan 207 kkal/100gr. Belut juga memiliki kandungan nilai protein yang tinggi, jadi hal ini mungkin membuat Negara maju seperti China sangat menyukai menyantap Belut atau Sidat.
 
Menu Pecel Belut Dengan Sambal Pedas
Untuk perhitungan protein, Belut juga lebih tinggi daripada kandungan yang terdapat pada daging atau telur, tingkat kandungan protein Belut adalah mencapai nilai 18,4 g/100 gr tentunya lebih dari telur ayam yang hanya 12,8 gr/100 gr. Jadi dapat disimpulkan jika Belut ini memiliki kandungan energi dan protein yang sangat besar, jadi wajar saja jika konsumsi daging Belut terus meningkat karena fakta tersebut. Bicara soal rasa, tentunya Belut ada pada bagian tabel teratas karena rasanya yang sangat enak dan gurih, jadi ini juga merupakan nilai tambah untuk menjadikan Belut semakin di gemari untuk di santap.

Jika sobat pernah melihat para Pria dewasa mengkonsumsi Belut dengan porsi banyak jangan heran, merek pasti para pria yang sedang menjaga tubuhnya agar memiliki otot yang kuat dan kekar. Perlu sobat tahu bahwa Belut memiliki kandungan asa amino yang besar yang terdiri dari Leusin dan isoleusin keduanya adalah merupakan asam amino esensial. Tentunya kita tahu bahwa asam amino esensial sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak, selain itu asam amino esensial juga sangat bagus untuk menjaga nitrogen bagi orang dewasa.

Jika sobat ingin memiliki tubuh yang kekar dan memiliki anak-anak yang pesat dalam pertumbuhan maka sangat baik jika mengkonsumsi Belut untuk menu makan keseharian.

Aneka Olahan Masakan Daging Belut Yang Beragam

Belut sangat banyak dimanfaatkan untuk olahan masakan tertentu karena mungkin kandungan gizinya yang sangat bagus untuk manusia. Belut menjadi jenis ikan yang sangat diminati, mungkin karena rasanya dan kandungan gizinya yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan itu semua tentunya Belut sangat unggul dibandingkan dengan jenis ikan tawar atau ikan laut.
 
Daging Belut Siap Olah Menjadi Makanan Super Enak
Jika Sobat masih penasaran, bisa melihat langsung aneka olahan daging Belut, banyak yang diolah menjadi bakso dan sosis, sobat bisa membelinya di Minimarket atau Supermaket terdekat.  Namun jangan salah, harga olahan daging Belut ini lebih tinggi daripada olahan daging sapi.

Belut juga banyak yang di olah menjadi makanan kering/keripik, sebagai kerupuk atau camilan, perlu juga diketahui tentunya akan memiliki harga yang tinggi dibanding dengan camilan/keripik lainnya.

Berbagai olahan masakan pinggir jalan seperti warung lesehan yang menyajikan dengan sambal pedas merupakan menu favorit bagi para pria ataupun siapa saja. Sangat ramai jika melihat para penjaja warung lesehan disekitar Jalan Magelang, Yogyakarta. Warung lesehan sangat ramai dan tidak jarang yang memesan Belut goreng atau bakar dengan sambal pedas.

Keripik Belut saat ini juga menjadi primadona di kelasnya, saya melihat sendiri pada toko-toko pusat oleh-oleh yang ada di Yogyakarta yang banyak menyediakan Belut dalam kondisi yang sudah menjadi keripik dan siap konsumsi. Harganya juga cukup mahal dibanding dengan aneka keripik ikan lainnya. 

Memang fakta inilah yang menjadikan Yogyakarta menjadi kota yang sangat tinggi dalam tingkat konsumsi Belut, bagi sobat yang masih penasaran dengan rasa keripik Belut ini bisa langsung membelinya langsung. Harga untuk keripik Belut adalah bervarian, ukuran ¼ kg dengan harga Rp. 14.000,-;  ukuran ½ kg dengan harga Rp. 25.000,-; dan kemasan 1 kg dengan harga Rp. 50.000,-. Kita juga bisa membelinya langsung seperti dirumah usaha kripik Belut Bu Warty yang rumahnya di daerah Sleman – Yogyakarta, usaha keripik Belut Bu Warty memang lumayan lama sudah ditekuni dari sekitar tahun 2001 sampai dengan saat ini, dan kebutuhan Belut mentah setiap minggu-nya mencapai 800-100 kilo Belut. Di Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya masih banyak lagi pengusaha keripik Belut yang tentunya hal tersebut adalah peluang pasar yang sangat bagus.


Seperti itulah kiranya pemasaran Belut, jika sobat sudah tahu bagaimana pemasarannya tentunya sudah tidak ragu lagi untuk segera memulai usaha budidaya Belut. Jangan kuatir, berapapun Belut hasil panen yang sobat hasilkan akan sangat mudah untuk dijual, para tengkulak ikan pasti akan langsung memborong Belut hasil panen Sobat. Jika memungkinkan untuk ekspor maka akan lebih baik lagi, namun untuk ekspor harus memiliki kualitas yang unggul serta pengalaman yang lebih banyak. Untuk memulai Sobat bisa membudidayakan beberapa kolam disekitar rumah, pada pembahasan kedepannya akan saya jelaskan tentang bagaimana cara budidaya Belut air bersih ataupun air berlumpur.

Download artikel tentang Cara Pemasaran Belut Sukses 100% Untung Melimpah PDF. Klik Disini.


Ulasan tentang Cara Pemasaran Belut Sukses 100% Untung Melimpah mencakup ruang lingkup tentang : Cara Pemasaran Belut, Budidaya Belut, Ternak Belut, Belut, Belut Air Bersih.

Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan Belut Raksasa:


Cukup sekian tulisan saya kali ini, semoga terus semangat untuk sukses berwirausaha, Salam Sukses Mitra Tani!!!