Kambing Etawa Super Besar Terbaik Dan Siap Ikut Kontes

Kambing Etawa Super Besar

Biar lebih semangat lagi kali ini saya akan membagikan beberapa koleksi foto Kambing Etawa Super Besar Terbaik Dan Siap Ikut Kontes, Kambing Etawa yang akan saya posting disini adalah kambing-kambing pilihan yang memang memiliki ukuran besar dan bahkan sangat layak untuk di ikutkan kontes. Pada tahun ini Kambing Etawa masih saja menjadi kambing unggulan mulai dari harganya hingga manfaatnya karena Kambing Etawa tidak hanya di ambil dagingnya saja tapi dapat di ambil kulit dan susunya. Selain beberapa hal tersebut Kambing Etawa juga dapat dijadikan sebagai kambing kontes yang ditargetkan mendapat nomor juara sehingga akan menjadikan harga kambing tersebut naik 2 kali lipat bahkan 10 kali lipat dari harga biasa.
 
Kambing Etawa Jantan Kontes Super Besar
Kambing Etawa terkenal kambing yang memiliki tubuh tinggi dan besar karena Kambing Etawa jantan dewasa ukuran tubuhnya mampu mencapai 85-130cm untuk tingginya. Sedangkan untuk Kambing Etawa betina dewasa tingginya mencapai 75-95cm. Untuk bobot Kambing Etawa jantan dewasa dapat mencapai 100kg dan bahkan lebih karena banyak dijumpai saat kontes bobotnya lebih dari 100kg. Sedangkan bobot untuk Kambing Etawa betina dewasa hanya sekitar 65kg saja. Kambing ini sangat mudah dibedakan dengan jenis kambing lainnya karena banyak ciri-ciri yang mudah dilihat dengan kasat mata seperti tubuh tinggi dan besar, telinga panjang dan besar kebawah, bentuk muka yang cembung dan tanduknya yang pendek. Ciri-ciri seperti yang saya sebutkan ini dapat ditemukan pada Kambing Etawa baik berjenis kelamin jantan atau betina. Kambing Etawa juga merupakan kambing penghasil susu dan bahkan kuota susunya dapat menghasilkan 2-5 liter perhari. Hasil susu maksimal tentunya tergantung bagaimana perawatan dan juga pakan yang kaya akan nutrisi yang menjadi pakan sehari-harinya.

Dengan semakin berkembangnya zaman Kambing Etawa ini semakin banyak populasinya di Indonesia karena memang banyak para peternak dan penghobi yang membudidayan kambing yang tinggi besar ini. Dengan banyaknya Kambing Etawa yang berkembangbiak di Indonesia maka Kambing Etawa juga banyak di kawinkan dengan beberapa jenis kambing seperti kambing lokal dan beberapa jenis kambing lainnya. Keturunan dari Kambing Etawa yang di kawinkan dengan kambing lokal/jawa sering disebut dengan kambing PE (peranakan Etawa). Kambing PE juga memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah tubuhnya yang juga tinggi besar namun tidak dapat menghasilkan susu. Kambing PE juga sangat bagus dalam hal penyesuain lingkungan, termasuk penyesuain suhu dan pakan karena kambing ini masih keturunan kambing lokal.
 
Kambing Etawa Bobot 140kg Panjang 139cm
Sebenarnya tidaklah mudah untuk mendapatkan kambing PE yang berkualitas melainkan dari beberapa persilangan diantaranya adalah anak antara etawa dan lokal pertama ini akan di kawinkan lagi dengan ras asli etawa sehingga dengan hal tersebut dapat hasil maksimal dan selanjutnya persilangan antara etawa dan lokal ini sudah dapat dibudiayakan di Negara Kita. Dengan hal tersebut maka sangat mudah untuk memelihara kambing PE yang notabennya adalah tampang dari Kambing Etawa, fakta tersebut membuat para peternak kambing berbondong-bondong untuk membudidayakannya sehingga populasinya semakin banyak dan mudah kita jumpai mulai dari pasar pedesaan hingga perkotaan. Selain dijadikan kambing pedaging atau kambing susu kambing ini juga dijadikan sebagai kambing Pet, atau bisa dibilang kambing kesayangan sebagai hobi yang ditujukan untuk diikut konteskan pada suatu saat nanti. Untuk kambing kontes ini membutuhkan proses yang selit karena kambing harus benar benar dari keturunan yang baik dan juga dengan perawatan yang baik juga. Jika sudah demikian maka dapat dibilang ras Kambing Etawa tersebut adalah Kambing Etawa super.
 
Kambing Etawa Super Besar Terbaik Dan Siap Ikut Kontes
Untuk memiliki Kambing Etawa super tentunya tidaklah semudah yang kita kira, mungkin sobat berfikiri jika memiliki uang dapat membelinya, hal ini salah karena faktanya para pemenang kontes Kambing Etawa tidak menjual kambingnya dengan harga berarapun. Alasan mereka sangat beraneka ragam ada yang ingin di ternak kembali ada juga yang hanya ingin di ikutkan kontes setiap ada momen kontes Kambing Etawa. Untuk mendapatkannya sobat sebaiknya membeli anakan/bakalan yang berprospek tentuny dari para peternak yang sudah memiliki nama, pemilihan bibit unggul adalah langkah awalnya yang selanjutnya adalah tentang cara perawatan yang baik agar kambing dapat tumbuh optimal sehingga memiliki ukuran tubuh yang diatas rata-rata. Jika kita cermati rata-rata warna Kambing Etawa yang diikutkan kontes adalah antar hitam-putih, rata-rata antara kepala sampai bagian leher berwarna hitam dan sisanya putih. Apabila sobat menyaksikan langsung pagelaran kontes Kambing Etawa maka akan merasa senang akan keramain orang-orang yang sedang menemani Kambing Etawa kesayangannya. Kontes sangat banyak diselenggarakan di area jawa tengah dan jawa timur, dengan banyaknya kontes maka akan menunjang kualitas ras Kambing Etawa yang baik dan unggul.

Para pemenang kontes Kambing Etawa menjelaskan beberapa hal penting mengenai rahasia perawatan kambingnya yang menjadi pemenang kontes dibawah ini :

1.      Pemilihan Bibit Yang Unggul Dan Prospek

Langkahawal yang wajib dilewati dalam memelihara binatang apapun adalah penyediaan bibit, jadi seperti tahap awal memelihara Kambing Etawa super juga demikian dan bahkan sangat wajib memilih bibit yang unggul jika memang nantinya diproyeksikan sebagai Kambing Etawa kontes. Pemilihan bibit ini bisa didapatkan dengan membeli langsung dari kandang peternak Kambing Etawa super yang sudah terlihat jelas track recodrnya, karena bibit Kambing Etawa super tidak sembarangan dijual dipasar hewan.
Kambing Etawa Anakan Super Unggul
Cara ini tentunya memiliki kelemahan yang tentunya akan menghabiskan uang yang tidak sedikit karena pastinya para pemilik hanya akan menjualnya jika mendapatkan harga tertinggi dari pembeli. Jika mau lebih bersabar lagi Kita dapat memiliki bibit Kambing Etawa yang unggul dengan cara membudidaya sendiri, dengan cara membeli indukan yang berkualitas dan diambil keturunannya sampai dengan melewati beberapa perkawinan silang agar melahirkan bibit-bibit unggul Kambing Etawa super. Jadi untuk cara pemilihan bibit sobat bisa pilih salah satu cara yang disebutkan oleh para pemenang kontes Kambing Etawa seperti diatas.

2.      Perawatan Dan Pemberian Pakan Khusus

Selain bakalan/bibit yang akan kita setting menjadi Kambing Etawa super maka hal penting lainnya dengan perawatan yang khusus. Perawatan ini tentunya masih menjadi misteri untuk di ulas, masih menjadi rahasia para peternak Kambing Etawa super untuk di konteskan. Namun tentunya perawatan ini adalah dengan penanganan dari awal pembuatan kandang, penyediaan bibit, pakan, minum, perawatan lainnya adalah kunci sukses menjadi Kambing Etawa juara saat kontes.

Jika telah melewati langkah pertama yaitu memiliki bibit Kambing Etawa yang unggul maka tentunya akan diperlukan perawatan dan pemberian pakan yang unggul pula. Dalam perawatan Kambing Etawa untuk kontes ini sebenarnya masih misteri untuk dibahas sedetail-detailnya karena dalam merawat binatang kesayangan tentunya sang tuannyalah yang harus mengetahui mulai dari karakter binatang, pakan yang disukai, hingga kebiasaan sang binatang. Yang akan kita bahas disini merupakan perawatan yang sederhana saja yang mencakup tentang :

1.      Pembuatan kandang yang baik, kandang hasru terkena sinar matahari saat pagi hari dan tidak terkena panas langsung saat disiang hari.
2.      Penyediaan pakan yang bergizi, bisa menggunakan pakan tambahan konsentrat dan juga pakan fermentasi
3.      Pemberian minum yang bernutrisi, bisa diberi minum air bersih atau yang sudah dicampur dengan suplemen untuk ternak
4.      Kebersihan kandang, jagalah kebersihan kandang agar kambing tetap sehat dan tidak terserang penyakit.

Apabila keempat langkah diatas sudah dilakukan maka seiring dengan berjalannya waktu bibit Kambing Etawa yang semula masih kecil akan menjadi dewasa dan siap di daftarkan menjadi kambing kontes. Kriteria Kambing Etawa yang dapat diikut sertakan kontes adalah dengan memiliki tinggi minimal 105cm dan panjang minimal 125cm. Untuk panjang telinga minimal 38cm dan usia sebaiknya pada saat memasuki 18-19 bulan karena pada usia ini Kambing Etawa telah membentuk organ tubuh yang optimal dan Kambing Etawa akan membentuk kepala yang nonong dengan mulut mungil. Dengan kelebihan yang saya sebutkan diatas maka kambing akan layak menjadi kambing kontes dan owner tentunya menaruh besar harapan untuk memenangkannya sehingga harga kambing akan naik menjadi 2 kali lipat atau bahkan 10 kali lipat tergantung minat pembeli. Dibawah ini merupakan koleksi foto Kambing Etawa super siap kontes yang bisa sobat lihat dan setidaknya memberi gambaran untuk kedepannya!!
 
Kambing Etawa Super Pemenang Kontes Jawa Tengah

Kambing Etawa Super Pemenang Kontes

Kambing Etawa Super Usia Muda

Kambing Etawa Tinggi 98cm panjang 137cm Bobot 129kg

Kontes Kambing Etawa

Kontes Kambing Etawa 2018 Jawa Tengah

Kambing Etawa Jantan Kontes Super Besar


Anakan Kambing Etawa Unggul Untuk Kontes
Induk Betina Kambing Etawa Super Pranakan Pemenang Kontes
Kambing Etawa Anakan Super Unggul
Kambing Etawa Bibit Unggul Untuk Kontes
Kambing Etawa Kontes 2018
Kambing Etawa Super Pemenang Kontes 2018
Kambing Etawa Kontes Warna Hitam Putih
Kambing Etawa Pemenang Kontes



Masih banyak lagi foto-foto Kambing Etawa super yang belum saya upload, cukup hanya beberapa saja karena ini sifatnya hanya untuk gambaran rupa kriteria kambing yang layak ikut kontes saja. Jika sobat melihat langsung kambing-kambing ini tentunya akan merasa senang karena memiliki kambing seperti ini akan menjadikan hobi untuk sang owner. Bagi sobat yang ingin memiliki kambing seperti ini maka harus banyak terus belajar untuk berkembang, ketekunan dan konsistensi menjadi kunci utama dalam memiliki ras Kambing Etawa super. Salam Sukses Mitra Tani!!