Ternak Kambing Gibas Modern 2018 Efektif Cepat Gemuk Dengan Pakan Buatan

Ternak Kambing Gibas

Saat ini ternak Kambing Gibas masih sangat menjanjikan karena konsumsi daging Kambing Gibas di Indonesia masih sangat tinggi daripada permintaan daging kambing lainnya karena rasanya yang tidak terlalu prengus/bau dan juga rasanya seperti rasa daging kambing lokal. Dengan adanya fakta tersebut maka tentunya menjadi peluang usaha buat sobat Mitra Tani disini karena dalam perawatan Kambing Gibas ini sangatlah mudah tanpa harus ngarit dan hanya menggunakan pakan buatan saja. Kambing Gibas merupakan jenis kambing yang sangat mudah untuk dibudidaya, kambing jenis ini memiliki produktifitas tingggi yang mana mampu melahirkan 2-6 ekor anak setiap tahunnya. Kambing Gibas sangat mudah dibedakan dengan jenis kambing lainnya karena perbedaanya yang sangat mudah dilihat dengan kasat mata. Kambing Gibas memiliki ciri-ciri ekor besar dan bulu gimbal, kambing ini pada umumnya juga memiliki warna yang hanya cenderung putih polos. Kambing jenis ini juga sangat baik dalam hal penyesuaian lingkungan, baik penyesuaian suhu maupun pakan.
Ternak Kambing Gibas Modern 2018 Efektif Dengan Pakan Buatan
Dengan semua kelebihan yang dimiliki Kambing Gibas maka tentunya akan menjadi modal utama untuk memulai usaha ternak Kambing Gibas, hal ini tentunya akan menjadi hal yang sangat bagus dalam hal peluang usaha. Memang diera yang serba modern ini para peternak kambing semakin banyak dan terus bertambah namun hal ini tidak menjadi alasan untuk menghambat sobat yang ingin menjalankan usaha Ternak Kambing Gibas karena daging kambing harganya stabil dan bahkan terus naik disetiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging di Indonesia saja para peternak lokal sudah tidak mampu mencukupinya dan hal ini telah di tanggulangi pemerintah dengan cara impor daging. Untuk itu disini Saya mengajak sobat Mitra Tani agar semangat dalam mengembangkan usaha tenak Kambing Gibas yang notabennya menjadi kambing pedaging. Dengan semakin berkembangnya para peternak Kambing di negara kita tentunya upaya pemerintah dalam melakukan impor daging sudah tidak dilakukan lagi karena kebutuhan konsumsi daging kambing di Indonesia telah terpenuhi.
Ternak Kambing Gibas Modern 2018
Saat ini jika Sobat Mitra Tani ingin memulai usaha ternak Kambing Gibas akan lebih mudah karena banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang agrokomplek, dan kebanyakan dari mereka telah mendukung para peternak Kambing Gibas dengan memberikan pelatihan-pelatihan perawatan Kambing Gibas dan juga pembuatan pakan fermentasi modern. Misalnya saja pelatihan Ternak Kambing Gibas yang telah dijalankan oleh PT. Natural Nusantara ini sudah masuk mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Selain memberikan pelatihan perusahaan ini juga memproduksi nutrisi, obat-obatan, suplemen dan apapun yang dapat digunakan untuk menunjak peternakan masyarakat di Negara Kita.

Kunci keberhasilan dalam usaha ternak Kambing Gibas hanyalah mencakup3 hal yakni : penyediaan bibit unggul, Perawatan dan pemberian pakan dan minuman yang baik, dan penyediaan kandang yang baik. Jika ketiga hal tersebut sudah dipenuhi maka dapat dikatakan keberhasilan ternak Kambing Gibas akan menjadi nyata atau bahkan pasti jika tidak ada hal lain yang tidak diinginkan. Di Indonesia memang sudah sangat banyak sekali populasi Kambing Gibas hal ini dapat kita lihat dengan kasat mata yang mana banyaknya segerombolan Kambing Gibas di jalan-jalan pedesaan atau yang dijual dipasar. Kambing ini dapat dilepas di pekarangan rumah, lapangan, ladang karena sifat kambing ini yang memang memiliki kelebihan dapat mengenali kandangnya sehingga Kambing Gibas dapat pulang saat menjelang magrib.
Ternak Kambing Gibas Modern 2018 Efektif Cepat Gemuk Dengan Pakan Buatan
Bagi sobat Mitra Tani yang memiliki ladang atau pekarangan yang luas dan berumput maka tentunya dengan ternak Kambing Gibas tidaklah perlu ngarit/memberi pakan karena kambing ini dapat dilepas dan mencari makanan berupa rerumputan sesukanya. Namun hal seperti ini tidaklah dapat dilakukan oleh semua orang karena tidak semua orang memiliki area/lahan untuk melepas Kambing Gibas. Untuk itu disini akan saya berikan tips bagaimana cara terak Kambing Gibas yang baik dan benar dengan tanpa ngarit di era yang serba modern ini. Dibawah ini adalah 3 langkah ternak Kambing Gibas yag baik dan benar !!

1.      Pembangunan Kandang Yang Baik

Kandang merupakan hal utama yang harus dibuat terlebh dahulu sebelum memulai usaha ternak Kambing Gibas, bukan untuk ternak Kambing Gibas tapi ternak apapun pasti memerlukan Kandang sebagai tempat pemeliharaan binatang ternak nantinya. Kandang yang baik akan menunjang proses pertumbuhan kambing dan tentunya baik untuk kesehatan Kambing. Untuk pembangunan kandang Kambing Gibas ini sebetulnya sangat mudah dan sederhana karena Kambing Gibas tidak memerlukan banyak ruang untuk tempat kelangsungan hidupnya. Kambing Gibas merupakan jenis kambing yang hidup secara berkoloni dan suka bergerombol dengan berdesak-desakan sehingga kambing ini cukup dibuatkan kandang minimalis dengan ukuran 3 x 1,5 untuk menampung 10 ekor Kambing Gibas.
 
Ternak Kambing Gibas Cepat Gemuk Dengan Pakan Buatan
Desain kandang Kambing Gibas yang baik adalah dengan berbentuk panggung, kandang panggung sangat baik untuk kandang kambing karena posisi kambing tidak akan bersentuhan langsung dengan kotoran dan sisa pakan karena kambing berada diatas dan kotoran akan turun kebawah. Dengan kandang bermodel panggung maka kebersihan kandang akan lebih mudah dikendalikan, sobat hanya perlu membuang kotoran dan sisa pakan dibawahnya dan membuangnya pada tempat khusus yang telah disediakan agar nantinya kotoran-kotoran yang mengumpul mudah ditangani ketika dibutuhkan untuk pupuk tanaman. Jadi dalam tahap ini memang disarankan dan bahkan diwajibkan agar membangun kandang Kambing Gibas dengan desain model panggung karena banyaknya nilai positif yang ada pada model kandang tersebut.

2.      Seleksi Bibit Kambing Gibas Yang Unggul

Seperti tahap awal pemilihan bibit juga sangat penting dan akan sangat berpengaruh terhadap dengan hasil akhir sebuah ternak, bukan hanya ternak Kambing Gibas saja namun bibit sangatlah berpengaruh terhadap hasil ternak binatang apapun. Bibit yang unggul merupakan poin penting yang harus dikejar, dengan segala kecermatan dan ketelitian sobat tentunya berperan penting dalam pemilihan bibit Kambing Gibas. Untuk memilih bibit Kambing Gibas yang baik dan unggul sangatlah mudah dan tidak seperti memilih bibit unggul pada jenis kambing lainnya karena Kambing Gibas mudah dipilih hanya dengan melihat ciri dan tanda pada ekornya saja. Dibawah ini merupakan kriteria bibit Kambing Gibas yang unggul dengan melihat dari ekornya !!

·         Bentuk ekor berdaging/gemuk dan cenderung berbentuk cambuk, Kambing Gibas seperti jika dipelihara dan dirawat dengan maksimal maka hasilnya akan susah dalam penggemukannya atau pembuatan daging. Kambing seperti ini akan sulit untuk gemuk. Hal ini sudah banyak yang melakukan percobaan baik mereka yang masih belajar ataupun peternak Kambing Gibas yang sudah berpegalaman.
·         Bentuk ekor yang gemuk/berdaging, sebaliknya dari yang berbentuk menyambuk maka Kambing Gibas berekor gemuk akan mudah dalam pembuatan daging dan mudah digemukkan jika dirawat dengan baik dan benar. Banyak yang mencoba bahkan kurang dari waktu 3 bulan kambing berekor demikian akan mudah digemukkan.

Untuk jenis Kambing Gibas ini paling bagus untuk di jadikan bibit adalah saat berumur sekitar 6 bulan karena setelah menginjak usia 6 bulan, Kambing Gibas sudah bisa untuk memulai mengembangkan daging dalam tubuhnya sehingga akan mudah untuk di gemukkan. Apabila Kambing Gibas berusia masih dibawah 6 bulan maka saat masa tersebut adalah masih dalam masa perkembangan dan pertumbuhan tulang sehingga akan memakan waktu yang lebih lama apabila ingin di gemukkan. Jangka waktu (lamanya untuk penggemukan) harus di perhitungkan karena hal ini akan menambah biaya perawatan.

3.      Perawatan Dan Pemberian Pakan Dan Minuman Yang Baik

Pada poin ke-tiga ini adalah poin yang sangat penting dan yang saya tulis pada judul pembahasan kali ini, ya!! Pakan merupakan hal yang sangat penting dalam usaha ternak binatang apapun, tidak hanya ternak Kambing Gibas aja karena pakan merupakan kunci utama keberhasilan dalam ternak. Kambing yang bernutrisi cukuplah yang akan mudah menghasilkan keuntungan baik karena dagingnya yang banyak maupun tingkat reprosuksinya yang tinggi. Pada tahap ke-tiga ini akan saya bahas bagaimana membuat pakan buatan yang bergizi tinggi untuk Kambing Gibas agar para peternak Kambing Gibas tidak perlu ngarit atau mengumbar Kambing Gibas dipekarangan atau di lapangan. Pakan buatan yang saya maksud adalah pakan hasil fermantasi bahan-bahan organik yang sudah tidak terpakai lagi. Sangat mudah untuk mendapatkan bahan organik yang sudah tidak terpakai ini, misalnya saja jika sobat tinggal didekat area persawahan maka tentunya akan banyak dijumpai jerami-jerami kering yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan pencampuran Bio Organisme maka jerami-jerami kering ini bisa berubah menjadi makanan yang kaya akan kandungan gizi dan sangat baik untuk pertumbuhan Kambing Gibas. Selain jerami kering bahan-bahan organik lainnya yang dapat dipakai untuk membuat pakan fermentasi buatan adalah sebagai berikut :

Limbah perkebunan seperti : jerami padi, jagung, kangkung, kacang-kacangan, umbi-umbian, tebu, kedelai, dan bahan lainnya yang tentunya bisa kita dapat dengan murah atau bahkan gratis.
Bahan limbah kulit organik seperti : kulit kacang, jagung, kopi, kedalai, ketela, singkong, ampas pabrik seperti : ampas kedelai, ampas singkong, ampas kelapa dll. Sampah pasar seperti : sayur-sayuran layu dll.

Bahan-bahan yang tidak terpakai seperti diatas tidak langsung diberikan untuk pakan kambing melainkan terlebih dahulu diproses agar menjadi pakan bergizi tinggi melalui proses fermentasi dengan mencampurkan cairan mikro organisme bernama Tangguh Probiotik Pakan Ternak  yang diproduksi oleh Natural Nusantara (NASA). Dengan produk inilah yang saya maksud agar dapat merubah bahan-bahan organik yang tidak terpakai menjadi pakan berkualitas untuk ternak Kambing Gibas. Tangguh Probiotik Pakan Ternak ini mampu membuat nilai gizi pakan menjadi tinggi, rasa yang disukai kambing, dan tentunya ternak akan memakannya dengan lahap.
 
Ternak Kambing Gibas Modern 2018 Cepat Gemuk Dengan Pakan Buatan
Tangguh Probiotik Pakan Ternak oleh NASA ini memiliki banyak keunggulan karena diantaranya adalah waktu yang singkat untuk roses fermentasinya. Cukup hanya waktu 3 jam saja fermentasi seperti sayuran atau umbi-umbian dapat langsung diberikan untuk pakan kambing. Sedangkan untuk bahan organik kering seperti daun kering, jerami, dll hanya memerlukan waktu 24 jam saja, tentunya sangat efektif untuk mempersingkat waktu perawatan pada ternak Kambing Gibas.

Dalam merawat Kambing Gibas sangatlah mudah tidak seperti merawat ternak pada jenis kambing lainnya, hanya saja hal wajib yang perlu dilakukan adalah membersihkan sisa pakan dan kotoran dibawah kandang jika sudah mulai mengumpul. Selain itu perawatan yang di maksud adalah termasuk mengobati kambing yang sedang sakit, penyakit pada kambing tentunya bermacam-macam dan jangan khawatir karena semua penyakit kambing ada obatnya, sobat hanya perlu membeli obatnya ditoko pakan ternak terdekat menyesuaikan penyakit apa yang sedang menyerang kambing. Jadi seperti itulah perawatan untuk kambing yang sedang terserang penyakit untuk itu agar menjaga kesehatan kambing tetap prima maka saya sarankan untuk memberi pakan berkualitas dari hasil fermentasi dan dengan memberi minuman hasil inovasi.

Minuman inovasi yang saya maksud adalah dengan memberi air minum untuk kambing berupa air bersih yang sudah di tetesi dengan Viterna dan POC NASA. Produk ini sangat bagus untuk semua ternak, dan sangat cocok jika di berikan pada Kambing Gibas., dengan meminum tetesan cairan ini kebutuhan vitamin dan gizi kambing akan terpenuhi dengan ini maka kambing akan mudah dalam membentuk daging dan akhirnya akan gemuk. Selain itu kambing juga akan menjadi ceat berkembang biak karena cairan ini dapat meningkatkan tingkat roduktifitas.

Ulasan tentang Ternak Kambing Gibas Modern 2018 Efektif Cepat Gemuk Dengan Pakan Buatan mencakup ruang lingkup tentang :Beternak Kambing, Beternak Kambing Modern, Ternak Kambing Gibas, Ternak Kambing, Cara Membuat Pakan Kambing.


Saya kira hanya seperti 3 tahap diatas yang sobat perlu lakukan agar usaha ternak Kambing Gibas sobat lebih maju dan sukses. Jika ada pertanyaan maka sobat dapat meninggalkan komentar bawah pembahasan ini dan saya akan mencoba segera memberikan jawaban terbaik. Salam Sukses Mitra Tani!!