Kambing Etawa Dan Tips Berternak Pasti Sukses

Kambing Etawa Dan Tips Berternak

Kambing Jamnapari adalah nama yang dipakai Kambing Etawa di India, kambing yang berukuran besar ini memang berasal dari Negara India yang sekarang sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Semenjak di Indonesia Kambing Jamnapari diberi nama Kambing Etawa, saya sendiri kurang tahu asal usulnya, yang saya tahu budidaya kambing Etawa sangat berpeluang untuk dijadikan bisnis (penghasilan). Kambing Etawa memiliki multifungsi karena kambing ini dapat dijadikan kambing pedaging, kambing susu, dan bahkan sebagai kambing kontes. Memang kambing ini memiliki tingkat produksi yang sangat tinggi, pertumbuhan yang sangat cepat dan kerakusan yang baik saat menyantap makanan apapun.
Kambing Etawa Dan Tips Berternak
Untuk tingkat perkembangbiakan, kambing ini juga termasuk dengan kategori kambing yang mampu berkembangbiak dengan tingkat tinggi karena Kambing Etawa mampu beranak 3-4 kali dalam kurun waktu 2 tahun. Kambing Etawa juga mampu melahirkan 1 sampai 4 ekor anak dalam satu kandungan, dengan demikian tentunya jika sobat ingin membudidayakan kambing etawa tentunya beberapa keunggulan ini merupakan pondasi kuat untuk memilih kambing etawa sebagai kambing yang dibudidayakan. Di negara kita saja kebutuhan daging belum bisa terpenuhi, harga daging kambing yang mahal dan banyaknya permintaan pelanggan tentunya dapat membuat usaha budidaya kambing etawa sangat menjanjikan, jadi tidak ada salahnya jika sobat akan menjalankan usaha budidaya Kambing Etawa.
Bibit Kambing Etawa Super
Usaha budidaya kambing etawa dapat dilakukan oleh siapa saja, usaha ini dapat dijalankan baik petani, karyawan, atau bahkan seorang Boss atau pengusaha karena budidaya kambing etawa sangat mudah dijalankan dan tidak ribet. Usaha seperti ini sangat cocok dijadikan untuk usaha sampingan, apalagi saat ini ternak kambing dimudahkan dengan aneka makanan buatan dari bahan-bahan organik yang telah difermentasi. Bagi sobat yang ingin membuat pakan buatan fermentasi bahan-bahan organik dapat mempelajari pada pembahsan “Fermentasi Pakan Kambing Hemat Dan Berkualitas Untuk Penggemukan Kambing”. Sebelum sobat menjalankan usaha budidaya kambing etawa sebaiknya harus mempelajari poin-poin penting sebelum memulainya seperti dibawah ini :

1.      Tentukan konsep budidaya kambing etawa terlebih dahulu, dimana apakah kambing akan dibudiayakan berkonsep breeding, penggemukan, susu, atau kontes. Hal ini perlu diterapkan karena kambing etawa adalah kambing yang multivungsi menfaatnya.
2.      Menambah pengetahuan tentang kambing Etawa sebanyak mungkin, hal ini sangat bagus untuk modal awal usaha budidaya kambing Etawa yang akan sobat jalankan. Pengetahuan dapat diperoleh dari buku, internet, atau main dan bertanya langsung kepada peternak kambing Etawa yang sudah berpengalaman.
3.      Saat membeli bibit kambing etawa sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan tahap awal membeli secukupnya dan kemudian setelah usaha budidaya berjalan maka sobat akan mendapatkan pengelaman-pengalaman penting yang nantinya siap untuk digunakan untuk merawat kambing Etawa sebaik-baiknya.
4.      Mencari lokasi yang ideal untuk membangun sebuah kandang kambing etawa, mencari cara untuk mengobati penyakit-penyakit yang umum yang menyerang kambing etawa. Hal ini dapat didapat dengan bertanya kepada para peternak yang sudah berpengalaman.
5.      Menyediakan beberapa obat-obatan untuk mengobati penyakit yang umum yang biasa menyerang kambing Etawa, pada poin ini akan lebih baik jika menduskusikannya dengan dokter hewan setempat atau kepada Dinas Peternakan Kota Anda.
6.      Mendatangi seminar-seminar yang membahas peternakan terutama tentang kambing Etawa.
7.      Rajin dan gigih dalam melakukan perawatan, dan tentunya juga dikuatkan dengan doa kepada Allah SWT.

Jika semua aspekdiatas sudah kita lakukan dengan benar maka selanjutnya adalah melakukan pekerjaan bagaimana cara membudidayakan kambing etawa dengan benar, agar nantinya hasil produksi dapat dicapai dengan secara maksimal. Karena kambing etawa ini sangatlah menguntungkan karena umur kambing jenis ini juga panjang, selain itu usaha seperti ini dapat menciptakan lapangan kerja bagi penduduk sekitar. Dalam pemilihan pekerja tidak perlu orang yang sudah ahli tentang merawat kambing, namun orang awam yang diberi sedikit pengarahan tentunya akan mampu melakukannya dengan benar karena budidaya Kambing Etawa ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.
Kambing Etawa Jantan Super
Dalam membudidayakan kambing etawa sangatlah mudah dalam pelaksanaanya, mulai dari persiapam kandang, bibit, pakan, dan juga perawatannya. Perawatan kambing Etawa tidak sesulit dengan perawatan burung, ayam, atau itik karena binatang mamalia ini sangat mudah dipelihara oleh siapapun. Perawatan yang tidak rumit sehingga dengan budidaya kambing etawa sobat juga masih dapat melakukan usaha lainnya. Hanya saja sobat perlu mengantisipasi dengan meneydiakan obat-obatan agar pada suatu saat ada salah satu kambing yang terkena penyakit dapat segera diobati. Jika semua hal ini telah dilakukan tentunya usaha budidaya kambing etawa yang sobat jalankan akan berjalan dengan baik dan menuai hasil yang maksimal. Beberapa poin penting yang harus dikuasai saat akan menjalankan usaha budidaya kambing etawa adalah sebagai berikut :

Menyiapkan Bibit Unggul Untuk Budidaya Kambing Etawa

Dalam poin pertama ini juga sangat penting dimana seorang peternak kambing etawa harus mampu mempersiapkan bibit yang unggul untuk budidaya Kambing Etawa yang akan dijalankan. Bibit unggul ini sangat penting keberadaanya untuk sebuah usaha ternak kambing etawa agar keturunan yang dihasilkan berkualitas dan tentunya harganyapun akan bernilai tinggi.
Mengawinkan Kambing Etawa - Kambing Etawa Dan Tips Berternak Pasti Sukses
Bibit kambing etawa unggul bisa didapat dengan membeli langsung dari kandang para peternak kambing etawa yang telah berpengalan dan sudah terbukti hasil ternaknya telah menghasilkan bibit-bibit unggul yang berkualitas. Memang dengan begitu harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan membeli di pasar kambing, jika sobat ingin membeli bibit kambing dipasaran sebaiknya memperhatikan hal-hal penting seperti dibawah ini :

1.     Untuk bakalan pejantan sebaiknya dipilih yang berusia diantara 1,5 tahun dengan kriteria kambing yang memiliki tubuh tinggi besar, punggung lurus, tidak memiliki cacat fisik, galak dan bernafsu kawin yang tinggi.
2.     Untuk calon indukan betina sebaiknya yang telah berusia 1 tahun, dengan kriteria yang jinak, tubuhnya tinggi besar dengan keempat kaki yang kokoh serta kambing tidak memiliki cacat dan juga penyakit.

Pemberian Pakan Bergizi Dalam Ternak Kambing Etawa

Untuk cara pemberian pakan pada kambing etawa ini harus dilakukan dengan secara benar, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan gizi dari masing masing kambing etawa itu sendiri karena kambing etawa mebutuhkan gizi yang berbeda-beda. Selain pakan yang mengandung gizi yang baik pakan juga harus diperhatikan harganya, pakan yang baik adalah pakan yang memiliki kandungan protein, vitamin, dan karbohidrat karena semua kandungan seperti ini sangatlah dibutuhkan disetiap harinya. Pakan kambing juga harus pakan yang berkarakter mudah untuk dicerna, para peternak kambing yang tinggal dipedesaan biasanya memberi makan kambing Etawa mereka dengan rumput dan dedaunan. Mereka juga memberi asupan pakan tambahan yang mengandung vitamin dan mineral dengan memberinya kacang-kacangan atau sayuran..
Cara seperti ini saya kira sangatlah tidak maksimal untuk pertumbuhan dan pembentukan daging pada Kambing Etawa karena saat ini sudah eranya pakan buatan yang sangat ampuh dan efektif dalam pertumbuhan dan pembentukan daging Kambing Etawa ataupun jenis kambing lainnya. Untuk pembuatan pakan buatan dari bahan-bahan organik dapat sobat pelajari pada artikel sebelumya Fermentasi Pakan Kambing Hemat Dan Berkualitas Untuk Penggemukan Kambing”.
Kambing Etawa Induk Super
Membuat pakan buatan Kambing Etawa sangatlah mudah, tidak ada rumus atau hal yang rumit tertentu untuk memulainya. Pembuatan bisa menggunakan bekatul dan konsentrat dengan perbandingan 3:1. Cara ini biasa dilakukan oleh para peternak Kambing Etawa seniar dan sudah terbukti sangatlah manjur untuk mempercepat pertumbuhan dan penggemukan Kambing Etawa.
Jika bahan diatas dirasa terlalu mahal maka sobat dapat membuat inovasi pembuatan pakan buatan Kambing Etawa dengan menggunakan campuran bahan-bahan seperti bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah dan kapur dengan takaran perbandingan 50% (bekatul) : 25% (bungkil kepala) : 25% (campuran bungkil kacang tanah dan kapur). Bahan organik ini sudah dapat digunakan untuk pakan sehari-hari karena bahan-bahan ini sangat bagus untuk menunjang perkembangan Kambing Etawa, namun jangan lupa untuk tetap memberi selingan pakan hijauan agar Kambing Etawa tidak bosan dan tetap memiliki nafsu makan yang tinggi.
Pemberian hijauan/rumput juga sebaiknya dilakukan dengan secara benar, karena rumput sifatnya hanya selingan, untuk itu sebaiknya pemberian dilakukan dengan takaran 15% berat rumput dari berat badan Kambing Etawa setiap harinya. Jika pemberian rumput berlebihan maka dapat mengakibatkan obesitas pada kambing karena pakan buatan dengan campuran bahan-bahan organik diatas sudah sangat baik untuk perkembangan pada Kambing Etawa.
Selain pakan yang baik dalam ternak Kambing Etawa sobat juga harus memperhatikan pemberian vitamin dan premix agar kambing etawa tetap dalam kondisi prima agar memiliki nafsu makan dan juga tingkat produksi yang tinggi. Pemberian vitamin dapat dilakukan setiap hari dalam waktu pagi dan sore. Selain vitamin dan premix sobat juga harus memberi air bersih setiap harinya untuk minum Kambing Etawa. Kambing Etawa setidaknya membutuhkan 2 liter air bersih untuk minum setiap harinya. Pemberian air bersih lebih baik dicampur dengan garam beryodium agar kebutuhan nutrisi kambing terpenuhi.

Tips Mudah Sukses Ternak Kambing Etawa

·       Persiapan dan pembutan kandang pada lokasi yang baik dengan kreiteria lokasi yang mendapatkan sorot sinar matahari yang cukup. Dengan kandang yang mendapatkan panas matahari maka kambing akan lebih sehat dan juga kotoran pada kandang akan cepat kering sehingga tidak menibulkan bau menyengan dan sumber penyakit.
·       Menfaatkan masa birahi atau masa kawin kambing dengan sebaik-baiknya, apabila kambing betina sudah terlihat birahi maka segera lakukan pengawinan dengan pejantan yang sudah dipilih. Kambing etawa pada umumnya dapat beranak sekitar 3 kali dalam 2 tahun. Dengan realitas ini maka tentunya adalah sebuah peluang besar jika kambing ini dikembangbiakkan yang pada ujungnya akan menjadi ladang udaha yang menjanjikan. Kambing etawa sudah bisa dikawinkan mulai berusia 12 bulan, namun tidak jarang yang sudah birahi setelah menginjak usia 8 bulan. Kambing etawa indukan betina yang unggul akan mengalami birahi jika bobot tubuhnya sudah menginjak sekitar 50 kg. Masa birahi kambing etawa betina tidak lama karena hanya berlangsung antara 1-2 hari saja, jadi jika tanda tanda birahi seperti sering berteriak embek embek, keluarnya cairan putih bening di kelamin, membengkak dan memerahnya kelamin, dan seringnya mengibas-ibaskan ekor maka segera lakukan pengawinan langsung dengan pejanyan super pilihan Anda. Jika lewat masa birahi (1-2 hari) maka kemungkinan pembuahan semakin kecil, untuk itu secepat mungkin mengawinkan jika Kambing betina sudah menunjukkan tanda-tanda yang telah saya sebutkan diatas.
·       Selalu memperhatikan pemberian pakan, pemberian pakan yang baik maka akan menunjang keberhasilan ternak kambing etawa, kambing etawa akan mengalami kehamilan dengan masa 5 bulan saja, setelah itu sang induk akan menyusui hingga 2 sampai 3 bulan, untuk itu pemberian pakan sebaiknya sangat diperhatikan agar kambing tetap stabil tidak kurus dan juga sehat. Jika kambing melewati masa kehamilan dan menyusui dengan kondisi gemuk maka kambing betina akan segera memasuki masa birahi dan bisa dikawinkan lagi, begitu seterusnya.
·       Yang terakhir adalah peternak harus terus melakukan pengembangan usaha ternak kambing etawa yang telah dijalankan untuk meningkatkan hasil produksi, dengan segala pengalaman sebelumnya maka tidak sulit jika kedepannya akan terus berkembang, baik dari segi pakan, perawatan dan juga penjualan. Seorang peternak seharusnya mampu memperluas kandang dan juga jumlah kambing setiap tahunnya agar usaha ternak kambing etawa terus berkembang sehingga menjadi ladang usaha yang menjanjikan.

Poin poin penting diatas jika dilakukan dengan benar maka tidak mustahil sobat akan sukses dalam usaha ternak kambing etawa. Belum lagi harga kambing akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Usaha seperti ini tentunya memerlukan kesabaran dan juga ketelatenan agar hasil yang didapatkan maksimal dan akan meningkan di setiap tahunnya. Semangat dan terus berjuang ya sobat. Salam Sukses Mitra Tani !!