Pakan Ternak Kambing Buatan Tanpa Ngarit Efektif Dan Cepat Gemuk


Pakan Ternak Kambing Buatan

Sangatlah penting akan penyediaan pakan ternak kambing jika sobat merupakan seorang peternak kambing karena pakan yang akan membuat kambing cepat tumbuh dan berkembang biak. Di Negara kita usaha ternak kambing sangat banyak kita temukan diberbagai penjuru mulai dari perkotaan pinggiran hingga pedesaan bahkan pelosok. Ternak kambing ini beraneka ragam, mulai dari peternak kecil hingga peternak yang sudah berkembang dan besar. Pada umumnya masyarakat dipedasaan beternak kambing hanya skala kecil saja, dengan pakan hijauan dan menjual kambing jika sudah berkembang biak. Mereka akan melanjutkan membudidaya anak kambing dan menjual induknya atau sebaliknya yang pada intinya usaha ternak kambing meraka hanya skala segitu saja. Hal ini terus terjadi dikarenakan beratnya pakan yang dibutuhkan setiap harinya karena mereka harus mencari pakan hijuan/rumput di perkebunan. Untuk itu sobat mitra tani disini akan saya share sedikit yang saya tahu tenang pakan ternak kambing buatan dengan inovasi modern yang kaya akan gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan kambing.
 
Ternak Kambing Dengan Pakan Fermentasi
Mungkin seperti hal diatas yang saya ungkapkanlah sebagai gambaran mengapa usaha ternak kambing dipedesaan tidak kunjung tumbuh dan berkembang menjadi sebuah usaha yang terus maju dan berkembang. Mereka hanya menganggap memelihara kambing hanya untuk tabungan saja dan akan menjualnya jika suatu saat membutuhkan uang yang sifatnya mendadak. Disetiap tahunnya para peternak seperti ini hanya akan mendapatkan hasil yang sama karena tidak adak target untuk berkembang sama sekali. Paling mentok hanya mendapatkan hasil dari menjual anak kambing atau menjual kambing pejantan pada saat harga naik seperti saat mendekati waktu Hari Raya Idul Adha. Menurut saya hal seperti ini sagat disayangkan karena area pedesaanlah yang sangat mudah untuk menumbuh kembangkan usaha ternak kambing karena area sekitar yang sangat cocok untuk keberadaan usaha ternak kambing dengan jumlah banyak karena jauh dari kerumunan rumah penduduk dan ramainya pengguna jalan seperti di pusat perkotaan. Selain itu bahan pakan yang akan kita jadikan pakan buatan juga mudah didapatkan karena sekitarnya banyak perkebunan.
 
Stok Pakan Fermentasi Kambing Penggemukan
Masalah yang umum pada peternak masyarakat pedesaan adalah seperti yang saya bilang, susahnya penyediaan pakan yang layak untuk ternak kambing. Mereka akan sibuk mencari pakan di perkebunan setiap harinya dan hanya dapat digunakan untuk sehari saja, keesokan harinya juga demikian dan terus menerus. Untuk itu peternakan kambing seperti ini susah berkembang dan bahkan tidak akan berkembang sama sekali karena mereka menganggap ternak kambing adalah usaha sepele yang notabennya hanya cukup untuk membeli baju baru saat hari raya nanti.
Penggemukan Kambing Dengan Pakan Fermentasi

Untuk itu saya akan memberikan tips agar ternak kambing seperti ini segera ditinggalkan dan belajar untuk ternak kambing secara modern yang hanya menggunakan pakan buatan hasil dari fermentasi jerami/bahan organik yang tidak terpakai. Pakan buatan hasil fermentasi memiliki banyak sekali keuntungan dan diantaranya dalah sebagai berikut :

·        Menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli pakan
Dengan menggunakan pakan hasil fermentasi jerami tentunya peternak tidak perlu lagi mencari rumput setiap harinya, selain itu biaya untuk membeli pakan tambahan seperti bekatul dan konsentrat akan lebih hemat lagi karena pakan fermentasi ini sangat kaya akan kandungan gizi yang diperlukan kambing. Jadi pakan ini sangat membantu para peternak agar tidak sibuk untuk mencari rumput dikebu karena pekerjaan ini dapat disingkat dengan seminggu sekali mencari jerami kering dan memperoses menjadi pakan fermentasi. Dengan pakan buatan ini para peternak juga dapat membuat lebih banyak agar dapat digunakan untuk 2-3. Jadi akan lebih efisien dalam waktu dan tenaga serta tentunya biaya.

·        Dapat menjadi terobosan ilmu baru dalam dunia peternakan kambing

Ilmu peternakan seperti ini sangatlah bermanfaat karena dapat membuat para peternak kambing skala kecil segera berkembang dan tentunya dapat menjadi sebuah usaha yang unggul dan maju. Jika demikian tetunya kebutuhan daging di Indonesia segera terpenuhi dan pemerintah tak perlu lagi melakukan import daging dari Negri sebrang.

·        Resiko kerja yang sangat minimalis

Dalam perkejaan apapun tentunya memiliki resiko tertentu, seperti juga para peternak kambing yang mencari pakan kambingnya dengan cara ngarit/mencari pakan diperkebunan. Mencari rumput diperkebunan tentunya juga membahayan keselamatan karena banyak sekali hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya terkena gigitan ular, sengatan kalajengking, atau hal lainnya yang sifatnya merugikan.

·        Sangat efektif untuk penggemukan

Pakan fermentasi sangat bagus digunakan untuk menggemukkan kambing karena seperti pada poin pertama tentang kandungan nilai gizi yang bagus. Jadi dengan pakan ini maka sobat juga dapat membangun usaha penggemukan kambing. Untuk ulasan tentang penggemukan kambing baca pada artikel ini “Ternak Kambing Jawa Lokal Untuk Penggemukan Pasti Untung

Pembuatan Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing
Baiklah tidak perlu panjang lebar dibawah ini adalah cara membuat pakan ternak kambing dengan melalui proses fermentasi dari bahan organik (jerami) karena kali ini saya akan membahas sedetail mungkin jika membuat pakan fermentasi dengan menggunakan jerami kering.

·        100 kg jerami kering yang usdah dipotong-potong, pemotongan dapat menggunakan mesin penggiling rumput atau manual dengan dicacah kira-kira menjadi 5cm menggunakan sabit/pisau.

·        20-25 Liter tetes tebu/molase, bisa dibeli toko pakan ternak atau bisa diganti dengan gula yang telah dilarutkan. Dapat memakai gula pasir atau gula jawa.

·         1 botol, Probiotik,  seperti probiotik Viterna dan Tangguh atau merk lain karena saat ini banyak produk baru yang lebih murah dan tidak kalah akan kualitasnya. Cairan prebiotik ini dapat dibeli ditoko pakan ternak terdekat.

·        250-300 Liter air bersih karena nanti kita akan gunakan sebagai pelarut dari Prebiotik dan tetes tebu/molase diatas.

·        Gentong/drum sebagai wadah untuk membuat fermentasi. Bisa juga menggunakan kolam tembok atau kolam terpal asal tidak bocor.

·        Mesin penggiling jerami, atau manual dengan memotongnya menggunaka sabit/pisau tapi hal ini tentunya sangat memakan waktu dan tenaga.

·        Perlengkapan wadah lainnya seperti ember dan plastik untuk penutup drum nantinya.


Jika bahan dan alat diatas sudah disediakan selanjutnya adalah mengeksekusinya, langsung saja dibawah ini adalah cara dan langkah untuk membuat pakan fermentasi menggunakan jerami kering :
Pakan Fermentasi Ternak Kambing

·         Drum bekas/wadah yang akan digunakan harus bersih dan ditempatkan dilokasi yang tidak terkena panas matahari langsung atau air hujan.

·         Potong jerami kering menjadi 5cm

·         Larutkan cairan prebiotik dengan air bersih pada ember, jangan langsung di drum.

·         Campurkan jerami dengan tetes tebu pada terpal atau plastik secara merata.

·         Masukkan jerami yang sudah dicampur dengan tetes tebu kedalam drum/wadah dan masukkan juga cairan prebiotik yang sudah dilarutkan dengan air bersih kedalam drum/wadah dengan pangadukan yang merata agar semuanya tercampur.

·         Tutup drum/wadah tersebut dengan menggunakan plastik/terpal dan diamkam selama 7 hari. Hanya dengan waktu 7 hari pakan fermentasi sudah siap digunakan untuk pakan sehari-hari, cara pemakaiannya adalah ambil secukupnya untuk pakan dan tutup rapat kembali drum/wadahnya agar awet dan dapat digunakan sebagai stok pakan.


Cara pemberian pakan fermentasi jerami adalah sebagai berikut :

·        Pemberian dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu wakru pagi dan sore dengan dosis berat badan kambing x 3% pakan fermentasi

·        Pemberian pakan penguat/tambahan, bisa diberikan saat malam hari atau siang hari tergantung nafsu makan kambingnya. Pakan penguat dapat menggunakan bekatul kualitas A dengan takaran ½ kg setiap harinya.


Panduan menggunakan pakan fermentasi jerami :

·        Pada umumnya kambing tidak mau makan jika baru pertama kali disuguhkan pakan fermentasi, dan hal ini perlu dilatih dengan diberikan secara bertahap.

·        Jika untuk usaha penggemukan kambing maka membutuhkan pakan tambahan seperti bekatul yang dicampur dengan konsentrat secukupnya.

·        Jika ingin agar kambing cepat berreproduksi maka membutuhkan pakan tambahan seperti hijauan yang kaya akan gizi seperti : daun kaliandra, kleresede, kolonjono

·        Apabila susah untuk menemukan jerami maka dapat diganti dengan bahan-bahan seperti gedebok pisang, rumput ilalang, daun tebu atau bahan organik lainnya yang mudah didapat.

·        Untuk meningkatkan nafsu makan kambing dan stamina tetap tinggi maka perlu diberikan suplemen makanan seperti Viterna Plus Organik Serbuk, berbahan serbuk yang dapat diberikan langsung pakan pakan kambing. Dapat dicampur dengan pakan fermentasi ataupun bekatul/konsentrat. Viterna Plus Organik Serbuk merupakan produk terbaru pengembangan dari Viterna Cair.


Ulasan tentang Pakan Ternak Kambing Buatan Tanpa Ngarit Efektif Dan Cepat Gemuk mencakup ruang lingkup tentang : BeternakKambing, Beternak Kambing 2018, Beternak Kambing Modern, Pakan KambingPenggemukan, Ternak Kambing Penggemukan.

Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan Pakan Ternak Kambing Buatan Tanpa NgaritEfektif Dan Cepat Gemuk :



Apabila semua tahap diatas mulai dari cara pembuatan pakan ternak Kambing fermentasi hingga pemberian pakan tambahan dan suplemen makanan sudah terpenuhi Insyaallah usaha ternak kambing sobat akan terus berkembang dan sukses. Untuk itu Sobat Mitra Tani disini jangan diam saja ayo gerakkan tangan kita untuk segera menjalankan usaha ternak kambing yang seperti ini, sangat mudah, hemat, efisien dan juga efektik. Terus semangat dan berjuang, Salam Sukses Mitra Tani!!