Cara Beternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan Paling Praktis Terbaru 2018


Cara Beternak Kambing Modern

Untuk pertemuan ke-17 ini akan saya bagikan tentang cara beternak Kambing berbasis modern yang sangat mudah dan sederhana namun unggul dalam segalanya daripada cara beternak kambing yang masih menggunakan konsep konvensional. Daging kambing memang salah satu daging yang paling diminati dipasaran, mulai yang diolah menjadi suatu makanan hingga pedagang sate dan gule dipinggir jalan yang semuanya laris manis. Khusus di Indonesia daging kambing memang memiliki banyak cara untuk dimasak, bahkan untuk daerah tertentu memiliki resep lain untuk menyajikannya. Dengan fakta yang sedemikian rupa tentunya jika sobat dapat membaca peluang usaha untuk menjual daging kambing adalah sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan.
Cara Beternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan Paling Praktis Terbaru 2018
Memang pada tahun 2018 ini sudah banyak sekali para peternak kambing yang menjalankan usaha peternakan kambing baik dengan konsep pengembangan, penggemukan, dan juga peternak kambing susu yang keberadaanya sudah banyak disegala penjuru Negara Kita. Tapi semua ini belum dapat memenuhi kebutuhan konsumen untuk masyarakat kita dan sehingga harga daging pun semakin melambung tinggi, apalagi disaat menjelang bulan puasa sampai dengan lebaran.Demikian juga peternak kambing susu yang masih kualahan untuk memenuhi permintaan pasar, jadi pemerintah mengambil solusi beberapa tahun ini adalah dengan cara mengimpor daging dan susu dari Negara lain untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Untuk cara beternak kambing yang akan kita pelajari bersama disini adalah dengan konsep yang modern yang tidak memberatkan untuk pemeliharaanya. Mulai dari tenaga, waktu dan tentunya juga biaya untuk semua operasional dan pembelian pakan setiap harinya. Pakan untuk kambing adalah hal terpenting dalam usaha peternakan kambing, untuk itu disini saya akan mengupas bagaimana caranya untuk pakan yang modern, tidak perlu ngarit datau ngramban dengan mancari hijauan dikebun. Cara ternak kambing dengan konsep konvensional ini tentunya akan susah untuk berkembang karena stok pakan yang selalu terbatas karena hanya mengandalkan rumput/daun hijau untuk pakan pokok disetiap hariya.
Beternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan Paling Praktis Terbaru 2018
Keuntungan lainnya adalah hematnya waktu karena tidak harus mencari pakan rumput hijau di kebun, jadi waktu untuk mencari rumput bisa digunakan untuk hal bermanfaat lainnya seperti perawatan untuk kambing guna meingkatkan hasil produksi dan mungkin kepentingan lainnya. Pakan yang kita gunakan disini adalah pakan modern yang dihasilkan dari fermentasi bahan-bahan organik yang tidak terpakai seperti jerami kering, tebon kering, kulit kopi, gedebog pisang, pelepah pisang, rumput kering, bungkil kelapa, kedelai, dan bahan organik murah yang mudah didapat lainnya juga bisa digunakan untuk membuat pakan modern (fermentasi).

Sebelum bergerak lebih lanjut di dunia peternakan kambing maka harus ditentukan atau fokus untuk menentukan kambing jenis apa dan tujuannya seperti apa, karena dalam usaha ternak kambing ini banyak pilihan yaitu budidaya kambing sebagai pedaging, sebagai penghasil susu, pengembangan, penggemukan, atau bahkan sebagai kambing kontes untuk sekedar hobi. Jika misalnya sobat ingin budidaya kambing untuk penghasil susu maka sebaiknya menggunakan jenis kambing Etawa sebagai bibitnya, dan apabila sobat ingin merawat kambing untuk kontes juga demikian yaitu memilih bibit kambing Etawa yang karena memang memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan besar. Saat ini kambing etawa banyak sekali acara kontes yang diselenggarakan khususnya dipulau jawa. Nah jika tujuannya sudah sobat tentukan maka perlu juga disiapkan untuk pembuatan kandang, pemilihan bibit, perawatan, pakan dan cara pemasarannya. Pakan adalah hal nomor satu yang harus ada dalam cara beternak kambing, untuk itu akan saya berikan tips tentang cara beternak kambing dengan pakan buatan.
Pakan Kambing Buatan Paling Praktis Terbaru 2018


Cara Beternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan 2018


Dalam cara beternak kambing dengan menggunakan pakan buatan ini sebenarnya tidak ada hal yang rumit, semuanya sangat mudah dan bahkan sangatlah gampang karena pembuatan pakan buatan ini bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut akan saya bahas bagaimana cara membuat pakan buatan untuk pakan kambing dengan cara terbaru ditahun 2018. Pada dasarnya cara membuatnya adalah sama seperti yang pernah saya bahas, yaitu dengan bahan-bahan organik yang mudah didapat dan tentunya murah harganya. Sebelum saya jelaskan lebih lanjut tentang cara pembuatan pakan buatan maka sebelumnya akan kita pelajari bersama tentang bagaimana cara membuat kandang kambing yang baik agar lebih maksimal jika ditunjang dengan pakan buatan.

Cara Pembuatan Kandang Kambing Yang Baik Untuk Ternak Kambing Modern

Kandang merupakan hal pertama yang harus ada keberadaanya didalam ternak kambing, dalam pembuatannya, kandang kambing ini tidaklah serumit membangun rumah atau gedung, sangat sederhana sekali karena kandang kambing bisa dibuat menggunakan material yang mudah didapat dan tentunya djuga dengan harga yang sangat murah. Kandang kambing bisa dibangun dengan menggunakan kayu ataupun bambu, untuk bagian atap bisa menggunakan esbes ataupun genteng yang sudah berkondisi bekas, bisa memakai genteng yang tidak terpakai yang sudah tidak digunakan lagi. Dalam pembuatannya sobat bisa menggunakan jasa tukang kayu agar pembuatan lebih rapi dan juga kokoh.

Kandang yang rapi tentunya juga akan membuat kambing menjadi nyaman berada didalamnya, untuk owner sendiri tentunya juga menginginkan kandang yang rapi dan enak dipandang. Sedangkan kandang kokoh tentunya untuk menyesuaikan aktivitas kambing yang tidak di inginkan seperti pertarungan antar penjantan atau kambing jantan yang mengejar kambing betina, dalam masalah seperti ini jika terjadi didalam kandang yang tidak kokoh maka bisa saja kambing akan roboh dan rusak, jadi perlu dicatat pembuatan kandang kambing harus kokoh. Didalam kandang, kambing-kambing ini juga harus di ikat satu persatu dengan jarak yang teratur agar meminimalisir terjadinya hal seperti diatas, lebih bagus lagi jika antar kambing diberi penyekat agar tidak terjadi pertempuran.
Pakan Kambing Buatan 2018
Membangun kandang kambing harus diperkirakan sedemikian rupa agar kemudahan dalam perawatan, kenyamanan kandang, dan juga pengawasan agar lebih mudah dilakukan. Model kandang kambing yang paling bagus adalah dengan model kandang panggung, jadi seperti halnya panggung untuk pertunjukan yang berposisi diatas dengan bagian dasar menggunakan kayu atau bambu yang ditata sejajar dan beraturan dengan tujuan faces kambing mudah untuk jatuh kebawah dan tidak menggangu kambing saat didalam kandang. Dengan demikian maka presentasi faces yang terkena kambing akan semakin berkurang dan tentunya serangan penyakit dari bakteri kotoran kandang akan semakin terminimalisir. Untuk pembuatan ukuran ini tergantung banyaknya kambing yang akan dipelihara, namun dengan catatan bahwa kambing akan nyaman jika berjarak 1 meter dengan kambing lainnya dengan posisi diikat atau diberikan penyekat. Bentuk kandang kambing sebaiknya berjajar dan memanjang, agar lebih menghemat tempat dan juga menghemat bahan serta juga mudah dalam perawatannya. Untuk lebih jelasnya sobat dapat mempelajari dengan secara jelas pada pembahasan tentang “Kandang Kambing Terbaik Untuk Menunjang Proses Penggemukan”.

Cara Pemilihan Bibit Kambing Untuk Peternakan Kambing Modern Dengan Pakan Buatan

Untuk cara pemilihan bibit untuk ternak kambing ini harus benar benar diperhatikan agar mendapatkan bibit yang unggul sehingga keturunan atau hasil produksinya bagus dan tidak terjadi kerugian ditahap yang akan datang. Jadi sebelum memulai semuanya perlu disiapkan terlebih dahulu bibit-bibit kambing yang unggul dan memiliki kriteria yang baik untuk dipelihara.
Kambing Gemuk Dan Besar Makan Pakan Kambing Buatan 2018
Sebenarnya sangatlah mudah untuk mendapatkan bibit unggul, Sobat bisa saja membelinya langsung dari kandang para peternak kambing yang sudah berjalan dan juga sudah berpengalaman. Namun tentunya cara seperti memiliki banyak kelemahan yang pastinya akan memerlukan biaya yang lebih tinggi dibanding dengan membelinya dipasar kambing daerah Sobat. Untuk itu agar modal awal pembelian bibit lebih terminimalisir maka pembelian bibit dapat dibeli dipasar, namun dengan catatan calon bibit kambing ini harus memiliki ciri atau kriteria seperti dibawah ini :

1.      Bentuk tubuh tinggi, besar, gemuk dan sehat
2.      Bulu terlihat halus dan mengkilat
3.      Memiliki mata yang cerah/sehat
4.      Kambing betina harus memiliki 2 puting susu dan untuk jantan memiliki 2 testis
5.      Memiliki tulang punggung yang lurus dan tidak bengkok atau terdapat kecacatan fisik
6.      Kambing jantan akan sedikit lebih galak, sedangkan betina lebih jinak
7.      Jika jantan memiliki nafsu kawin yang tinggi dan sering bersuara “mbhook...mbhookk..”
8.      Memiliki 4 kaki yang kokoh
9.      Gairah nafsu makan yang tinggi dan stabil
10.  Usia kambing ideal adalah 8-12 bulan dimana pada masa ini kambing akan siap untuk berproduksi.

Dengan sudah ditemukannya kriteria kambing yang seperti diatas maka saya sarankan untuk membelinya dan sebelumnya tawarlah dengan harga yang wajar, jika sudah berhasil mendapatkannya dengan harga yang Sobat tawarkan maka setelah sampai dirumah, masukkan kambing kedalam kandang dan ikat, kemudian istirahatkan kira-kira 10 menit lalu berikanlah minum agar kambing lebih rileks dan mampu beradaptasi dengan mudah dikandangnya yang baru. Kambing yang baru dibeli memang sebaiknya diberi minum setelah beberapa menit di istirahatkan karena pada kondisi ini kambing akan haus karena perjalanan yang ditempuh, baik dengan kendaraan pengangku atau berjalan kaki tentunya kambing akan capek dan haus. Jika sudah diberi air minum biarkan sekitar 1 jam, lalu berikanlah makan, pakan bisa menggunakan pakan buatan yang sebelumnya sobat buat. Baiklah dibawah ini adalah cara membuat pakan buatan untuk peternakan kambing moderen 2018!

Cara Membuat Pakan Buatan Untuk Peternakan Kambing Modern

Memang saat ini masih banyak para peternak kambing yang masih menggunakan pakan hijau sebagai pakan utama dalam beternak kambing, banyak dari para peternak juga mendapatkan pakan hijau tersebut dengan membelinya ataupun mencarinya sendiri. Dengan menggunakan pakan hijau seperti ini akan mengalami banyak kelemahan, pakan hijau tidak seberkualitas pakan buatan jika dihitung nilai gizinya dan juga biaya/waktu. Pakan buatan akan lebih hemat untuk pengeluaran biaya pakan dan lebih unggul dibandingkan gizi yang dihasilkan, baiklah dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana untuk cara pembuatan pakan bauatan yang baik untuk menunjang peternakan kambing moderen :

Persedian Alat dan Bahan Untuk Membuat Pakan Buatan Peternakan Kambing Moderen
  1. Bahan-bahan organik yang sudah dipotong-potong atau di giling dengan takaran 100kg, bisa menggunakan jerami, kulit kopi, daun slamper (daun tebu), daun jagung, pelepah pisang/gedebog pisang, kangkung, bungkil kelapa, ampas kedelai, ampas singkong atau bahan organik lainnya yang bisa dijadikan bahan untuk difermentasi.
  2. Bahan pemberi rasa manis menggunakan tetes tebu/molase dengan takaran 20-25 Liter.
  3. Probiotik Viterna dan Tangguh 1 botol, bisa didapatkan ditoko peternakan.
  4. Air bersih dengan takaran 250-300 Liter.
  5. Wadah untuk membuat fermentasi, bisa menggunakan drum bekas dengan penutup atau wadah lain yang dapat ditutup rapat.
  6. Perlengkapan wadah seperti ember dll, jika diperlukan.
Langkah dan Cara Untuk Membuat Pakan Buatan Pada Peternakan Kambing Moderen

1.      Bersihkan wadah untuk proses fermentasi, dan tempatkan wadah pada tempat yang tidak terkena hujan dan panas matahari
2.      Potong/giling dan keringkan bahan organik yang akan difermentasi
3.      Campurkan Probiotik Viterna, tetes tebu, dan air bersih sesuai dengan takaran yang saya sebutkan pada persiapan bahan diatas kedalam wadah dan jangan lupa untuk mengaduk agar merata.
4.      Masukkan bahan organik kedalam wadah dan pastikan sudah di aduk secara merata, setelah merata maka injak2 agar semua bahan lebih padat.
5.      Tutup wadah menggunakan plastik atau terpal dengan rapat.
6.      Biarkan fermentasi hingga 7 hari lamanya, perhatikan jangan sampai dibuka sebelum waktunya dan jangan sampai terkena panas matahari atau tetesan air hujan.
7.      Setelah 7 hari berjalan, pakan ini dapat diberikan langsung untuk pakan kambing, ambil pakan buatan tersebut secukupnya dan kemudian tutup kembali agar kondisi fermentasi tetap sehat.
8.      Pemberian pakan buatan paling bagus diberikan 2 kali sehari antara pagi dan sore dengan takaran untuk 1 ekor kambingnya adalah dengan cara menghitung/perkiraan berat badan kambing x 3% pakan.
9.      Agar lebih maksimal jika ternak kambing yang sobat jalankan berkonsep penggemukan maka bisa diberikan pakan tambahan bekatul kualitas 1 dengan takaran 0,5 kg setiap harinya (untuk kambing dewasa) pada siang hari.


Cara Perawatan Peternakan Kambing Moderen Dengan Pakan Buatan

Perawatan peternakan kambing moderen yang menggunakan konsep pakan buatan sebagai pakan utama ini lebih mudah daripada peternakan kambing yang masih menggunakan pakan hijau sebagai pakan utamanya. Kambing pemakan pakan buatan ini akan lebih sehat, gemuk, dan tentunya memiliki daya tahan tubuh yang selalu prima karena pakan yang bergizi adalah makanan sehari-harinya. Jadi perkejaan tambahan pada peternakan kambing seperti ini akan lebih berkurang.
 
Kambing Gemuk Pemakan Pakan Kambing Buatan 2018
Hanya saja perawatan wajib seperti memberi pakan dan minum seperti peternakan kambing pada umumnya juga tetap dilakukan. Sobat juga harus merawat kambing yang sakit apabila ada salah satu kambing yang penyakita, kambing yang sakit diberi obat sesuai dengan penyakit yang menyerangnya. Obat-obatan untuk penyakit kambing sangat banyak dijual ditoko-toko pakan ternak diseluruh penjuru Negri ini, jadi sobat tidak perlu hawatir untuk mengatasi penyakit kambing.

Ulasan tentang Kandang Kambing Terbaik Untuk Menunjang Proses Penggemukan mencakup ruang lingkup tentang : Cara Beternak Kambing Modern, Ternak Kambing Modern, Pakan Kambing Modern, Ternak Kambing 2018, Pakan Kambing 2018


Pemberian pakan sebaiknya minimal dilakukan adalah dengan 2 kali sehari, antara pagi dan sore, jika peternakan mengarah kepada penggemukan bisa ditambah dengan pakan buatan menggunakan bekatul kualitas 1 atau konsentrat pada siang hari. Untuk pemberian minum bisa dilakukan 1 kali dalam sehari, bisa siang atau sore, karena pagi/malam cuaca akan lebih dingin dan tentunya kambing akan tidak selera minum. Lakukan perawatan ini secara berkelanjutan setiap harinya, dan dengan cara seperti ini presentase kesuksesan dalam beternak kambing akan lebih tinggi. Namun jangan lupa berdoa setelah berusaha sedemikian, cukup sekian, semoga bermanfaat!! Salam Sukses Mitra Tani!!