Budidaya Cacing Rambut Mudah Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Bulan


Budidaya Cacing Rambut

Seperti yang saya bahas pada postingan sebelumnya masih seputar budidaya cacing rambut, cacing rambut saat ini sangat dibutuhkan oleh agen-agen, atau peternak ikan hias sebagai pakan utama agar ikan dapat hidup dengan normal layaknya hidup dialam bebas. Cacing seperti rambut ini termasuk jenis cacing Nemathelminthes yang kaya akan kandungan gizi didalam tubuhnya, Untuk itu cacing rambut sangat dicari keberadaannya sehingga akan memunculkan sebuah peluang usaha yang sangat bagus. Kenapa harus bisnis budidaya cacing rambut?
Bisnis Budidaya Cacing Rambut 2018
Cacing rambut merupakan hewan yang seringkali dianggap menjijikkan bagi sebagian orang namun jangan dipandang sebelah mata karena cacing rambut sangat dibutuhkan oneh para peternak dan penangkar ikan dan bahkan peghobi ikan hias. Jangan salah jika saat ini harga cacing rambut bahkan melebihi harga pelet ikan pabrikan karena fungsinya yang memang diatas pelet ikan pabrikan. Ikan hias jenis apapun akan sangat menyukai menyantab cacing rambut karena memang inilah pakan utama ikan. Selain itu kandungan protein dan gizi lain yang ada pada cacing rambut akan membuat ikan hidup dengan pertumbuhan optimal serta akan selalu menjaga kondisi prima daya tahan tubuh. Baiklah kali ini akan saya bahas seputar cara budidaya cacing rambut yang benar agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai usaha sampingan rumahan.

Budidaya cacing rambut dan bahkan menjualnya merupakan hal yang masih tabu dikalangan beberapa orang karena mungkin mereka merasa jijik dan kotor, namun jangan salah kalau memang manfaat cacing rambut ini sangat banyak seperti yang saya sebutkan diatas.

Saya jelaskan lagi bahwa cacing rambut sangatlah dicari oleh para pemilik ikan hias, baik mulai para peternak hingga penghobi yang hanya memiliki 1 ekor ikan pun membutuhkan keberadaan cacing rambut untuk menjadi pakan binatang air peliharaan mereka. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang membutuhkan cacing rambut sebagai makanannya, lopster, kura-kura, dan binatang air lainnya juga memerlukan cacing rambut sebagai makanan untuk meningkatkan nilai gizi mereka. Didalam tubuh cacing rambut sangat banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh binatang air sehingga para pembudidaya ikan hias bahkan rela untuk memberi upa kepada para pekerja mereka untuk mencari keberadaan cacing rambut di sungai-sungai kotor dan di selokan-selokan dipedesaan maupun diperkotaan. Untuk mengatasi masalah ini maka budidaya cacing rambut adalah sebuah usaha yang sangat menjanjikan karena peminat cacing rambut sangat banyak.
Budidaya Cacing Rambut Mudah Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Bulan
Jika sebelumnya sobat merasa jijik dan takut melihat cacing maka segera hilangkan dan ubah rasa negatif tersebut menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Mulai berinteraksi dengan cacing rambut dan segera cari tahu bagaimana cara budidaya dan juga cara pemasaran cacing rambut. Jika sudah demikian maka Anda termasuk menjadi seorang yang pandai dalam melihat terobosan peluang usaha baru yang saat ini masih sedikit persaingan dan peminatpun semakin banyak.

Usaha seperti ini sangatlah mudah dilakukan karena hanya melalui beberapa tahap saja usaha budidaya cacing rambut akan segera memasuki waktu pemanenan. Jika dipersingkat maka usaha budidaya cacing rambut hanyalah mencakup tentang membuat media hidup yang disukai cacing rambut, penyediaan bibit cacing rambut, pemberian pakan dan perawatan, dan terakhir adalah pemanenan cacing rambut serta penjualannya. Dibawah ini akan saya jelaskan satu-persatu tentang langkah-langkah budidaya cacing rambut yang benar :

Membuat Media Hidup Cacing Rambut

Membuat media hidup cacing rambut sangatlah mudah dan tidak akan memakan biaya yang banyak seperti membuat kandang binatang ternak lain karena media hidup cacing rambut dapat dibuat dimanapun dan bahkan dilahan yang sempit sekalipun. Jadi budidaya cacing rambut ini hanyalah memrlukan sebuah kolam, baik kolam dari terpal ataupun tembok dan bahkan dari tong bekas atau ember plastik sekalipu cacing rambut sudah dapat dibudidayakan. Jika lahan terlalu amat sempit dapat juga membuat media hidup dengan model rak bertingkat seperti budidaya jenis cacing merah atau lainnya namun memerlukan wadah yang tidak bocor karena nantinya untuk menampung air tempat cacing rambut hidup.
Kolam Budidaya Cacing Rambut
Untuk membuat media hidup ini hanya cukup memerlukan kolam/wadah dengan ukuran sekitar 1x2 meter saja dan buatlah petakan menjadi masing-masing 20cm persegi dengan tinggi kolam minimal 10cm. Jangan lupa memberikan lubang di masing-masing petakan tersebut karena berfungsi untuk sirkulasi keluar masuknya air agar media hidup cacing rambut tetap stabil dan sehat. Untuk sirkulasi air tidaklah perlu membutuhkan arus yang besar, hanya saja cukup percikan yang mampu menggerakkan air saja (arus air yang kecil).

Menyiapkan Bibit cacing Rambut

Menyiapkan bibit cacing rambut sangatlah mudah dan pastinya tidak akan memakan banyak biaya karena bibit cacing rambut bisa di ambil dari alam, sobat dapat mencainya di genangan-genangan air atau parit sekitar rumah sobat lalu mengambilnya dan memindahkannya dimedia hidup yang telah disiapkan diatas. Apabila tidak mau repot dengan mencari dialam sobat dapat membelinya ditoko pancing atau ditoko pakan burung terdekat, dan untuk lebih bagus lagi kualitasnya tentunya membelinya dari para pembudidaya cacing rambut terdekat.
Cara Budidaya Cacing Rambut
Apabila sobat sudah mendapatkan bibit maka tahap selanjutnya sebaiknya tidak langsung memasukkan bibit tersebut kedalam media hidup. Terlebih dahulu bibit cacing merah dikarantina didalam ember dengan air bersih karena untuk mengantisipasi agar media terhindar dari bakteri patogen yang dibawa oleh cacing rambut tersebut. Karantina bisa dilakukan selama 24 jam setelah itu masukkan semua bibit cacing rambut kedalam media yang telah disiapkan.

Pemeliharaan Dan Perawatan Cacing Rambut

Tahap ini adalah tahap yang paling penting dan akan memberi faktor besar untuk keberhasilan sebuah usaha budidaya cacing rambut yang sobat kerjakan. Pemeliharaan cacing rambut sangat membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena memang sedikit lebih sulit daripada pemeliharaan cacing merah. Sebelum memasukkan bibit kedalam kolam media hidup, maka kolam harus bersih dari rumput dan juga binatang air apapun. Kolam di isi lumpur terlebih dahulu dan jemur hingga lumpur mengering selanjutnya isi kolam dengan air bersih, bisa menggunakan air sumur, sungai, hujan asal tidak mengandung zat jahat yang dapat membunuh cacing rambut.
Perawatan Cacing Rambut
Jika kolam dan lumpur sudah bersih dan kering maka pastikan kondisi lumpur didalam kolam rata dan tidak terdapat benda keras seperti batu, bata, kaya dan benda lain yang keras. Selain itu perhatikan juga sirkulasi keluar masuknya air agar pH air tetap terjaga. Lubang saluran sirkulasi tidaklah harus besar namun harus selalu mengalir, lubang ini dapat menggunakan pipa berukuran 2 inch. Selanjutnya adalah mengisi kolam dengan bahan-bahan organik seperti limbah dapur, buah busuk, bangkai binatang, kotoran ternak campurkan kedalam media karena cacing rambut sangat menyukai bahan-bahan organik tersebut. Jika sudah demikian maka kelangsungan hidup cacing rambut didalam media kolam akan normal dan pastinya akan tumbuh dan berkembangbiak dengan optimal. Jangan lupa tutup juga bagian atas kolam setinggi diatas kepala manusia agar menghambat tumbuhnya rumput didalam kolam.

Pemanenan Dan Pemasaran Cacing Rambut

Tahap inilah yang ditunggu-tunggu dan diharapkan keberhasilan meyertainya dan akan mendatangkan pundi-pundi rupiah. Dalam pemanenan cacing rambut sangatlah mudah cukup hanya membuang air dengan menyaringnya atau mengambil cacing dengan menggunakan jaring halus. Apabila semua cacing sudah dipisahkan dengan air selanjutnya adalah menjualnya agar menjadi uang yang nantinya apabila ada keuntungan lebih dapat digunakan sebagai tambahan modal untuk mengembangkan usaha budidaya cacing rambut yang sobat jalankan.

Dalam penjualannya sangatlah mudah, jika di area DKI jakarta banyak tengkulak atau para peternak ikan hias yang langsung memborongnya. Untuk area sobat tentunya segeralah hubungi tengkulak terdekat atau bisa langsung menjualnya ditoko-toko ikan hias atau toko pakan burung.



Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan budidaya cacing rambut:



Catatan dari saya pribadi kunci sukses untuk usaha budidaya cacing rambut adalah pH air yang stabil, hal ini bisa atasi dengan sirkulasi air yang selalu mengair. Selalu lakukan pengecekan setiap hari dan pastikan sirkulasi air lancar. Selain hal itu tentunya utuk sukses dalam sebuah usaha adalah ketekunan dan kesabaran, jangan lupa terus belajar dan berdoa kepada Allah SWT. Salam Sukses Mitra Tani!!