Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaik Pasti Untung 100%


Cara Budidaya Cacing Tanah

Untuk artikel kali ini akan saya kupas tentang bagaimana cara budidaya cacing tanah yang baik dan benar agar masa panen maksimal sehingga mendatangkan pundi-pundi rupiah yang dapat mencapai puluhan juta rupiah. Bisnis budidaya cacing tanah saat ini sudah tidak menjadi sebuah hal yang tabu lagi karena sudah banyak yang menjalankan usaha ini mulai dari masyarakat yang tinggal di perkotaan hingga pedesaan. Bagi sobat yang belum memahami untuk apa cacing tanah dibudidaya dan bahkan dikembangbiakkan sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa cacing tanah bisa digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan nilai gizi makanan, untuk pakan binatang ternak seperti ikan hias, kura-kura, untuk umpan pancing, untuk obat (cacing merah) dan bahkan diluar Negri sudah memperkenalkan keripik cacing dan makanan lainnya yang sudah dicampur dengan cacing. Cacing tanah memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi didalam tubuhnya sehingga cacing dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang salah satunya saya sebutkan diatas.
Cara Budidaya Cacing Tanah
Cacing tanah merupakan binatang tanah yang memang terlihat menjijikkan, hidup di lumpur, pembuangan sampah, dan tempat kotor yang lembab lainnya. Cacing tanah termasuk binatang yang tidak mempunyai tulang belakang dalam tubuhnya, binatang seperti ini sering disebut dengan Invertebrata, jika dikelompokkan cacing tanah ini termasuk binatang dengan keluarga Oligochaeta. Bagi sobat yang mungkin tinggal dipedesaan dan apalagi dekat dengan area peternakan tentunya sudah tidak asing dengan cacing tanah yang akan keluar dipermukaan tanah atau dijalan-jalan pada saat hujan deras turun.

Cacing tanah merupakan binatang yang memiliki potensi tinggi untuk kesejahteraan kehidupan di Negara Kita karena binatang ini memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi didalam tubuhnya dan sangat bermanfaat sebagai pakan untuk sentra perikanan seperti di pulau jawa bagian barat tepatnya Sumedang, bandung dan sekitarnya yang memang banyak masyarakat yang menjadikan budidaya ikan sebagai profesi. Jika berbicara tentang jenis cacing tanah maka cacing ini terdiri dari beberapa jenis.
Budidaya Cacing Tanah Sukses
Berbicara tentang jenis cacing tanah yang ada didunia ini sangatlah banyak dan tidak bisa saya sebutkan kesemuanya, namun akan saya sebutkan beberapa jenis cacing tanah yang populer dibudidayakan dan diambil manfaatnya seperti jenis cacing tanah Eiseinia, Pheretima, Perionyx, Diplocardi, Lidrillus, Megascolicidae, Lumbricidae, Genus Lumbricus cacing tanah tersebut adalah jenis cacing yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena memang tipe cacing ini sangat mudah dibudidayakan pada media hidup sisa bahan-bahan organik. Jika lebih spesifik lagi jenis-jenis cacing tanah yang banyak dibudidayakan adalah dari jenis Pheretima, Periony dan Lumbricus karena jenis cacing ini dapat hidup dan berkembangbiak pada media yang mudah dibuat seperti campuran kotoran tenak dan tanah lumpur.

Saat ini budidaya cacing tanah yang paling populer dan diminati dipasaran adalah budidaya cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus, cacing jenis ini memiliki tingkat produktifitas yang tinggi dan sangat pandai beradaptasi dengan media hidupnya sehingga menjadi pilihan terbaik untuk dibudidayakan. Cacing Lumbricus Rubellus juga mudah gemuk karena karakter cacing ini pendiam serta nafsu makan yang tinggi, cacing Lumbricus Rubellus juga dapat menghasilkan kascing yang lebih banyak daripada jenis cacing lainnya. Yang mana kascing ini akan sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah sehingga membuat tanaman menjadi subur dan cepat dalam pertumbuhannya.

Manfaat Cacing Tanah

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari cacing tanah, seperti dilingkungan kita sendiri cacing akan sangat berpengaruh dengan tingkat kesuburan tanah, jika cobat cermat terhadap lingkungan sekitar bahwa area tanah yang terdapat cacing pastinya tanah tersebut subur dan sangat baik untuk tumbuh-tumbuhan yang hidup diarea tersebut.
Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaik Pasti Untung 100%
Memang cacing tanah ini dapat bermanfaat dalam dunia pertanian karena cacing tanah dapat menguraikan bahan-bahan organik yang nantinya menjadi aerasi dan struktur tanah menjadi lebih baik agar penyerapan makanan tumbuhan disekitarnya akan maksimal yang akhirnya tumbuhan tersebut menjadi bagus dan berkualitas. Pupulasi cacing tanah juga dapat memperbanyak mikroba yang baik untuk menyuburkan tanah dan masih banyak lagi manfaat cacing tanah untuk kesejahteraan kehidupan manusia diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Untuk Pakan Binatang Ternak
Kandungan nutrisi pada tubuh cacing tanah sangatlah baik untuk pertumbuhan binatang ternak seperti ikan, unggas, atau binatang ternak lainnya yang dapat memakan cacing tanah.
2.      Untuk bahan baku obat
Cacing tanah juga banyak digunakan sebagai bahan baku obat-obatan dan juga sebagai obat langsung seperti digunakan untuk mengobati penyakit : demam, menurunkan tekanan darah, sakit gigi, tipus, menyembuhkan bronchitis, dan reumatik sendi.
3.      Untuk bahan utama kosmetik
Bagi wanita jangan heran jika beberapa lipstik dan pelembab kulit yang kalian pakai juga terbuat dari bahan utama cacing tanah. Namun jangan takut karena sebelumnya cacing akan diproses dan sudah steril agar aman digunakan.
4.      Untuk menambah nilai gizi makanan manusia
Cacing memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dibanding dengan binatang lainnya, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa Negara maju untuk bahan penguat nilai gizi yang tentunya juga diproses dan olah dengan benar.
Jika beberapa manfaat cacing seperti yang saya sebutkan diatas maka selanjutnya adalah segera bergerak untuk memanfaatkan peluang usaha budidaya cacing tanah. Namun sebelumnya akan saya sebutkan poin-poin penting yang harus sobat ketahui sebelum melaksanakan budidaya cacing tanah, adapun poin-poin penting adalah sebagai berikut :
1.      Cacing tanah dapat tumbuh dengan normal jika media hidup mengandung bahan-bahan organik yang banyak. Bahan organik yang dimaksud adalah seperti kotoran ternak yang sudah matang, sisa limbah dapur, dedaunan kering yang sudah membusuk, dan bahan organik lainnya.
2.      Agar cacing tanah baik dalam pertumbuhannya maka tanah harus mengandung sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2, dengan hal tersebut maka cacing akan dapat membusukkan makanannya dengan cara memfermentasi makanan didalam tubuhnya. Cacing juga memerlukan tingkat kelembaban tanah 15%-30% agar dapat hidup dan tumbuh optimal.
3.      Telur cacing akan menetas jika suhu tanah antara 15–25 derajat C, dan jika suhu lebih dari 25 derajat celcius maka telur cacing masih dapat menetas namun dengan catatan kelembaban media tetap terjaga.
4.      Lokasi kandang untuk budidaya cacing tanah harus terhindar dari sinar matahari langsung dan bahan wadh media tidak terbuat dari benda yang dapat memantulkan sinar matahari. Penempatan media sebaiknya dibawah pohon yang rindang atau dipinggir rumah, dan lebih bagus jika dibuatkan rumah/gubuk khusus.

Langkah-Langkah Budidaya Cacing Merah

1.      Pembuatan Kandang Untuk Tempat Penyimpanan Media Cacing Tanah
Untuk membuat kandang kandang tempat menyimpan media hidup cacing tanah usahakan gubuk terbuat dari bahan-bahan yang murah dan mudah didapat. Gubuk ini bisa terbuat dari bahan kayu atau bambu, gubung sebaiknya dibuat memanjang dengan ukuran lebar 2 meter dan panjang sesuai keinginan, namun jika akan digunakan untuk usaha kandang sebaiknya berukuran lebar 2m panjang 15 m dan tinggi 1,5 m. Dengan model kandang yang memanjang sobat juga dapat menempatkan media hidup model petakan atau rak berbaki.
Gubuk Tempat Penyimpanan Media Hidup Cacing Tanah
Gubuk Tempat Penyimpanan Media Hidup Cacing Tanah
2.      Penyediaan Bibit Cacing Tanah
Untuk mendapatkan bibit cacing tanah yang akan dibudidayakan sobat tidaklah perlu pusing karena cacing tanah bisa didapat ditempat-tempat pembuangan sampah organik atau tanah berlumpur. Jika tidak memungkinkan untuk mencari sendiri dialam maka sobat juga dapat membelinya ditoko alat pancing atau ditoko pakan burung terdekat. Jika ingin mendapatkan bibit cacing tanah yang bagus sebaiknya langsung membelinya dikandang para peternak cacing tanah terdekat jika usaha budidaya cacing tanah yang akan sobat jalankan berskala besar.
Jika bibit sudah didapatkan jangan langsung memasukkan bibit cacing tanah kedalam media kesemuanya, tes dengan memasukkan beberapa cacing tanah kedalam media tumbuh yang disiapkan diatas dan tunggu setidaknya dalam waktu 30 menit, pastikan cacing yang dimasukkan tersebut tidak berhamburan keluar karena jika berhamburan keluar berarti cacing tidak menyukai media hidup yang sobat buat. Pastikan dalam waktu 30 menit setelah memasukkan bibit cacing tanah kedalam media hidup tidak keluar berhamburan, dan jika keluar maka segera perbaiki media hidup dengan cara memeras tanah dengan menyiram air agar kandungan zat jahat hilang.
Jumlah bibit sebaiknya disesuaikan dengan ukuran media hidupnya, dan pada umumnya media hidup dengan tinggi 0,3 m, panjang 2,5 m, dan lebar 1 m bisa di isi dengan 10.000 ekor cacing tanah.
3.      Perawatan dan Pengendalian Hama dan Penyakit
Dalam perawatan cacing tanah ini sangatlah mudah hanya saja tentang bagaimana menjaga kelembaban media hidup dan juga pemberian pakan. Jika media hidup dirasa kurang lembab dapat di semprot dengan air bersih sehingga media hidup menjadi lembab. Untuk pemberian pakan juga sangatlah mudah karena cacing tanah menyukai makanan dari bahan organik yang telah matang/membusuk. Cacing tanah dapat diberi makan dengan kotoran binatang ternak yang sudah matang atau limbah dapur yang sudah membusuk.
Untuk menjaga dari hama dan penyakit juga sangat mudah karena cacing ini tidak akan mati atau terserang penyakit jika media hidupnya bagus, media memiliki kelembaban yang baik dan mengganti media hidup 2 minggu sekali jika diperlukan. Dan memastikan lokasi penyimpanan media hidup aman dari hama seperti ayam, angsa, bebek, tikus, semut dan binatang lainnya yang dapat memangsa cacing tanah yang dibudidayakan.
4.      Pemanenan dan Penjualan Cacing Tanah
Apabila 3 langkah diatas sudah dilakukan dengan benar maka seharusnya budidaya cacing tanah yang sobat jalankan sudah berhasil dan waktu yang dinanti yaitu panen telah datang. Pada saat tahap inilah yang memang dinantikan masanya karena pada masa ini hasil jerih payah sobat akan dibayarkan, binatang yang menjijikkan ini sudah menjadi rupiah yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Untuk cara memanen cacing tanah sobat dapat memberikan lampu pada permukaan media hidup, dengan demikian cacing akan mengumpul keluar dan dapat langsung dipisahkan dengan media hidupnya dengan memindahkan cacing-caing tersebut kedalam wadah khusus.
Cacing tanah sangat sensitif terhadap cahaya jadi jika diberikan cahaya diatas media hidupnya mereka akan berhamburan keluar.
Hasil Pemanenan Budidaya Cacing Tanah
Untuk pemasaran cacing tanah juga sangatlah mudah, sobat dapat langsung menjualnya pada konsumen yang membutuhkan seperti konsumen yang memerlukan cacing tanah untuk umpan memancing, untuk pakan ikan atau menjualnya dengan para pengepul cacing tanah terdekat, Jika tidak memiliki kenalan pengepul cacing tanah dapat saya bantu berikan kontak beliau seperti pada foto dibawah ini :
 
Kontak Pembeli Hasil Panen Cacing Tanah
Kontak Pengepul Hasil Panen Cacing Tanah

Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan budidaya cacing tanah:


Cukup sekian pembahasan bisnis budidaya cacing tanah kali ini jumpa lagi dengan saya pada pembahasan usaha/bisnis lainnya, Salam Sukses Mitra Tani!!